GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 20 Menit 15 Detik 

Yuk, Menambah Skill Di Masa Pandemi Dengan Belajar Excel Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 23-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4eb431bc15d0a87e0a0b85f85c9b9c96_x_Thumbnail800.jpeg

Belajar Excel merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menambah skill khususnya yang ingin terjun di bidang data. Sampai saat ini kita masih berjuang melawan pandemi Covid-19 yang membatasi kita dalam beraktivitas seperti bekerja, sekolah, dan lainnya. Namun dirumah saja bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa-apa. Semua mulai beradaptasi dengan kondisi saat ini seperti sekolah online, bekerja secara remote, dan sebagainya. Belajar hal baru untuk menambah skill juga menjadi kegiatan yang dapat mengisi waktu luang selama dirumah saja. 


Belajar Excel mulai banyak diminati karena hampir segala bidang profesi menggunakan Excel terutama yang berada di bidang data, finance, dan marketing yang setiap harinya berhadapan dengan data yang banyak untuk diolah. Nah, Excel merupakan software yang mendukung proses pengolahan data angka lebih efektif, efisien, dan akurat. Banyak software lain yang juga dapat digunakan dalam pengolahan data, tetapi Excel lebih familiar oleh pemula sehingga akan lebih mudah mempelajarinya. Artikel kali ini kita akan membahas beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan Excel. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini!

1. Mengolah Data Dengan Fungsi-Fungsi Yang Tersedia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Excel merupakan software pengolah data angka yang termasuk dalam package Microsoft Office. Excel menyediakan berbagai menu dan fungsi yang dapat digunakan untuk pekerjaan tersebut. Misalnya menu Data pada Excel menyediakan fungsi untuk menyambungkan berbagai sumber data dan memanipulasi data yang kita miliki seperti menghapus, filter data, validasi data, dan lainnya. Kita tidak hanya bisa melakukan perhitungan sederhana dalam Excel, namun juga perhitungan statistik. Fitur Data Analysis merupakan fungsi yang dapat digunakan untuk statistik. Cara menambahkan yaitu dengan instal Analysis Toolpak. Pada Data Analysis terdapat metode-metode statistik contohnya ANOVA, Descriptive Statistics, t-Test, f-Test, dan sebagainya. Kamu bisa mengeksplor fungsi-fungsi lainnya pada Excel dan berlatih dengan data mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks agar skillmu semakin terasah. 

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mengenal Operator Yang Digunakan

Rumus perhitungan pada Excel menggunakan operator yang umum digunakan dalam perhitungan matematika. Operator yang digunakan yaitu:

  • + untuk penjumlahan

  • - untuk pengurangan

  • / untuk pembagian

  • * untuk perkalian

  • ^ untuk perpangkatan

Penerapan rumus dituliskan pada kolom bertanda fx yang berada di atas worksheet. Jangan lupa menambahkan tanda sama dengan (=) sebelum menuliskan rumus yang akan kamu terapkan. Pastikan juga sudah memilih sel dimana kamu akan meletakkan hasil dari rumus tersebut.


3. Visualisasi Data Menarik Dengan Excel

Hasil dari data yang sudah diolah akan lebih baik jika dibuat visualisasinya. Hal ini dilakukan karena tidak semua orang mengerti atau bisa membaca data yang masih dalam bentuk tabel. Excel menyediakan pilihan grafik atau plot yang menarik di menu Insert. Berbagai macam grafiknya yaitu bar chart, pie chart, line chart, column chart, scatter, dan lainnya. Grafik ini bisa kamu sesuaikan dengan data yang kamu ingin buat visualisasinya. Kamu bisa memodifikasi grafik yang kamu pilih seperti warna, judul grafik, nama item, dan lainnya. Menggunakan grafik akan membuat orang lain lebih paham akan hasil analisis yang sudah kita lakukan. Selain grafik yang menarik dan penyajian yang tepat, kemampuan komunikasi dalam mempresentasikannya juga tidak kalah penting, loh! Pelajari juga bagaimana menyampaikan hasil pengolahan data dengan baik dan atraktif.  

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!              

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!