Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Yuk, Mengenal Lebih Dalam Profesi Data Scientist!

Belajar Data Science di Rumah 16-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e55a7b5b2d071f7fcac416af4ba821ea_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist kini sudah menjadi profesi primadona di abad ke-21, karena pekerjaannya yang kini paling sering dicari oleh perusahaan maupun instansi di sektor mana saja. Profesi Data Scientist ini merupakan salah satu profesi yang unik karena praktisi harus mempunyai teknis analisis yang mendalam, selain itu juga memiliki ilmu pengetahuan matematika dan statistik berbasis komputer. Ilmu Data Science sendiri berkaitan dengan melakukan analisis yang nantinya akan membuat dan memberikan data-data yang unik, dari data-data unik tersebut perlunya praktisi yang mengolah data yang berkualitas sehingga bisa memanfaatkan data dengan baik.


Pasti kamu lagi ngebayangin dan ingin tahu sebenarnya apa sih tugas yang dilakukan Data Scientist. Pas banget nih, artikel DQLab kali ini akan kasih tahu kamu pekerjaan seperti apa yang dilakukan Data Scientist. Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Data Cleaning dan Mengorganisasikan Data

Ilmu Data Science memiliki cakupan yang luas, biasanya memiliki volume data yang besar untuk disimpan. Seorang Data Scientist terlebih dahulu harus memastikan bahwa data dengan format yang benar. Format yang tidak konsisten pada data, akan mengakibatkan masalah dan menjadi tantangan yang besar sebagai Data Scientist. Maka, praktisi data melakukan Data Cleaning. Pada Data Cleaning bisa mengidentifikasi data yang salah, tidak lengkap, tidak akurat atau tidak relevan.

Pentingnya kualitas data terjaga karena sudah banyak instansi dan perusahaan yang menggunakan data sebagai salah satu sumber dalam melaksanakan bisnisnya. Adapun beberapa manfaat melakukan data cleaning dan mengorganisasikan data diantaranya:

  • Menghindari kesalahan yang merugikan

  • Meningkatkan proses pengambilan keputusan

  • Meningkatkan produktivitas dalam bekerja


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis Data 

Tugas selanjutnya yang dilakukan oleh seorang Data Scientist adalah melakukan analisis serta mengolahnya menjadi data yang bermanfaat. Proses ini dilakukan untuk membuat sebuah model yang khusus dan memprediksi algoritma, jika diterapkan pada perusahaan atau instansi maka pada analisa data tersebut dapat digunakan untuk mencapai tujuan dan sasaran. Salah satunya seperti menggunakan bahasa pemrograman SQL, seorang Data Scientist akan mengeksplorasi serta merangkum kumpulan data untuk menjadi jawaban dari pertanyaan terkait produk.


3. Memecahkan Permasalahan Menggunakan Machine Learning

Data Scientist menggunakan data untuk meningkatkan bisnis mereka dalam menghadapi permasalahan pelanggan, para praktisi juga menggunakan machine learning agar dapat memahami kebutuhan dalam membuat strategi dari permasalahan yang dihadapi. Data yang yang dibutuhkan bagi tiap perusahaan tentunya berbeda-beda, sehingga tugas Data Scientist tidak hanya mengumpulkan data namun perlu dianalisa dan mengolah data yang sudah didapatkan. Dengan demikian, dapat mempermudah dalam mengambil keputusan hingga pembuatan strategi yang lebih efisien.


4. Menyajikan Hasil Analisis Data

Tidak hanya disitu saja selain mengumpulkan data, mengolah data, seorang Data Scientist juga perlu mempresentasikan hasil data tersebut. Tidak semua orang dapat mengetahui dan memahami Data Science. Dengan demikian, praktisi data juga perlu memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan memvisualisasikan data agar lebih mudah dipahami bagi orang awam sekalipun. Visualisasi Data menjadi salah satu tools yang dapat digunakan untuk menampilkan insights yang telah didapatkan dari kumpulan dataset. Tools yang digunakan diantaranya seperti Tableu, Google Data Studio. Power BI, dan lainnya.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Siapapun Bisa Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!

Di era yang serba digital ini dan perusahaan sudah melek data, sudah saatnya kamu untuk belajar Data Science hingga menjadi seorang Data Scientist yang handal! Jangan khawatir untuk kamu yang tidak memiliki background IT, karena pembelajaran Data Science sendiri sangatlah fleksibel. Jika kamu tertarik untuk bisa menjadi Data Scientist kamu bisa bergabung bersama dengan DQLab. DQLab memiliki berbagai fitur pembelajaran dan salah satunya mengakses gratis module "Introduction to Data Science with R" dan "Introduction to Data Science with Python". Jadi, tunggu apalagi? nikmati pengalaman menarik dan selamat mencoba sahabat DQLab!



Penulis: Agnes Nurlisa

Editor: Annissa WIdya





Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!