SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 9 Jam 24 Menit 32 Detik

Yuk Mulai Coba Ragam Project Data Analyst di DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 06-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/57b4aabe64ca1bee8b105b102e6685dc_x_Thumbnail800.jpeg

Halo teman-teman! Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini keberadaan data memang sangat banyak dan mudah diakses. Data yang ada tersebut berasal dari berbagai tempat serta memiliki banyak tujuan. Seorang data analyst tentu membutuhkan data juga untuk menyelesaikan tanggung jawab mereka. Saat ini pun tersedia begitu banyak ragam project data analyst di berbagai bidang seperti bidang pemasaran, keuangan, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. 


Data analyst secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Data perusahaan sangat beragam dengan berbagai jenis serta masing-masing tujuan. Bagi para pemula yang tertarik dengan profesi ini kita bisa mencoba berbagai ragam project data analyst sebagai gambaran jika menganalisis data yang sebenarnya pada saat di dunia kerja nantinya. Kira-kira apa sajakah project data analyst yang bisa dicoba untuk para pemula? Yuk simak artikel berikut ini!


1. A Walk Into Sensory Science

Pada modul yang berjudul ‘A Walk Into Sensory Science’ ini kita akan mencoba salah satu project data analyst dengan pengenalan terhadap ilmu sensoris. Ilmu sensoris merupakan bidang yang mempelajari bagaimana penginderaan manusia merespon suatu produk serta bagaimana cara menggunakan penginderaan tersebut untuk melakukan kontrol kualitas dan pengembangan produk. Biasanya ilmu ini diterapkan dalam industri pangan. Pada modul ini kita akan mempelajari mengenali analisis data riset sensoris untuk mempelajari karakteristik produk cokelat komersial.


Data Analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Dimension Reduction

Project data analyst selanjutnya yang dapat dikerjakan di DQLab adalah modul yang berjudul ‘Data Science in Finance: Dimension Reduction’. Pada modul ini kita akan mempelajari algoritma decision tree C5.0 untuk dapat memprediksi credit scoring suatu nasabah menggunakan teknik statistika Principal Component Analysis agar dapat melakukan standarisasi variabel dengan menggunakan vektor eigen. Kita juga akan mempelajari teori penunjang yaitu aljabar linier yang khususnya akan membahas mengenai nilai eigen dan vektor eigen untuk membuat PCA.


Data Analyst



3. Market Basket Analysis

Project data analyst selanjutnya yang dapat kamu coba adalah dalam bidang ritel. Dalam project ini akan dijelaskan apa itu market basket analysis dan mengapa hal itu diterapkan dalam bisnis ritel untuk menemukan product packaging yang tepat dan mengurangi masalah inventory. Pada modul ini akan dikenalkan salah satu algoritma yang bisa digunakan yaitu algoritma apriori. Beberapa konsep dasar yang dipelajari antara lain seperti penggunaan item, item set, rules, transaction, dan lainnya.

Data Analyst



4. Customer Segmentation

Project data analyst lainnya yang dapat dicoba kali ini adalah dalam bidang marketing atau pemasaran. Pada modul ini peserta akan mempelajari apa itu customer segmentation, pentingnya customer segmentation, mempelajari cara mempersiapkan data untuk dianalisis. Selain itu peserta juga akan belajar menggunakan salah satu algoritma yang sesuai yaitu algoritma K-Means dengan menentukan jumlah cluster terbaik serta mengoperasionalkan model K-Means.


Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Seseorang yang berminat dalam profesi data analyst perlu mencoba beberapa project data analyst agar memiliki gambaran terkait cara kerja dalam perusahaan nantinya. Kamu bisa mencoba beberapa project data analyst di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login