SUPER SEPTEMBER! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN HANYA RP.99.900!
Kode Promo: SUPER99 . Berakhir 2 Days 3 Jam : 58 Menit : 18 Detik Claim Now

Yuk, Pahami 3 Tips Penting untuk Kamu yang Ingin Memulai Karir di Bidang Data

Yuk, Pahami 3 Tips Penting untuk Kamu yang Ingin Memulai Karir di Bidang Data

Belajar Data Science 06-Maret-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/514aa351c8f23a80ac02e9ee329b4a7a_100_persen.jpg

Untuk memulai karir di bidang data memang membutuhkan beberapa persiapan, tidak hanya hard skill saja namun kompetensi soft skill juga menjadi pertimbangan yang harus dipersiapkan untuk kamu mulai bergelut di dunia data.

Kamu perlu tahu, mempelajari pengolahan data merupakan salah satu langkah awal yang bisa membawa kamu menjadi seorang praktisi data. Namun tidak hanya itu, pemahaman bisnis juga penting, lho! DQLab berkolaborasi dengan Wahyu Herlambang, Senior Data Analyst Traveloka untuk membocorkan tips sederhana untuk kamu yang ingin meningkatkan skill set data!

1. Pahami Apa yang Ingin Dicapai

Menurut Wahyu, untuk memulai karir di bidang data, kita tidak serta merta harus menguasai semua semua tools yang tersedia. Hal utama yang harus diperhatikan adalah, memahami bisnis dari suatu permasalahan di perusahaan. 

“Yang paling utama adalah business understanding, paham dulu apa yang sebenarnya ingin dicapai. Ini melatih kita untuk membuat problem statement yang baik dan benar seperti apa. Dengan begitu, kita bisa belajar lebih terarah, efektif dan efisien.” Ujarnya Wahyu.  

Jika kamu sudah memahami permasalahan bisnis, kamu bisa memilah milih tools apa yang tepat untuk digunakan. “Sebagai contoh, kita sudah susah payah belajar advance programming untuk menyelesaikan suatu permasalahan, ternyata dapat diselesaikan hanya dengan menggunakan excel pivot.” Tambahnya. 

Baca juga : Yuk, Mulai Belajar Data Science dengan Bahasa Pemrograman Python

2. Gunakan Tools yang Tepat 

Banyaknya pilihan bahasa pemrograman yang tersedia memberi kesempatan kepada mereka yang ingin mempelajari dasar pengolahan data. Dari masing-masing bahasa pemrograman pun memiliki perannya masing-masing dalam mengolah data dan bisa di sesuaikan dengan kebutuhan masalah dari suatu industri. 

“Dari problem statement yang benar ini, kita diarahkan untuk menggunakan tools yang tepat guna. Apakah objektifnya adalah untuk memvisualisasikan data? Jika iya, maka belajar tools seperti R, Python atau Tableaum, tools tersebut akan sangat bermanfaat untuk menghasilkan Insight.” Ujar Wahyu.

“Yang harus dipahami adalah metode statistika dan analytical tools nya, misal R studio. Saya pribadi lebih memilih menggunakan R studio apabila ingin menyelesaikan masalah melalui statistical approach Kemudian kita menggunakan tools yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan secara efektif dan efisien.” Tambahnya.

Baca juga : Bahasa Pemrograman R : Langkah Awal Memulai Belajar Data Science

3. Hasilkan Insight dengan Mengasah Skillset 

Ketekunan dalam berlatih data pun memberikan dampak untuk kamu yang ingin memulai karir di bidang data. Mengapa demikian? Semakin banyak kamu berlatih, semakin terasah pula harskill kamu menguasai tools data yang menunjang insight dalam memecahkan suatu permasalahan.

“Namun apapun metode yang kita gunakan, kita harus mampu mentransformasi hasil analisis kita menjadi sebuah insight yang impactful dan dapat menunjang keputusan bisnis. Percuma kita mencoba berbagai analytics tools ataupun metode yang rumit nan canggih jika kita tidak bisa men-generate insight dari analisis yang telah kita lakukan.” Tutup Wahyu

Berawal dari ketertarikannya sebagai seorang Senior Data Analyst, Wahyu mengaku tidak ingin berhenti belajar untuk terus mengembangkan ilmu yang selama ini dia pelajari. Wahyu memiliki niat mulia untuk berbagi ilmu dengan bercita-cita menjadi Dosen, lho! Simak kisah inspiratif Wahyu Herlambang dengan Klik disini!

Kamu juga bisa lho, menerapkan tips sederhana ini untuk mempersiapkan dirimu berkarir di bidang data. Yuk, pelajari Ilmu data science secara praktis dan aplikatif bersama DQLab.id sekarang!


4. Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Semangat belajar sahabat Data DQLab!


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!