BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 4 Menit 8 Detik 

Yuk, Pahami Fundamental SQL Skill Penting Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 17-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9624f0b15394a03e5cff716081b9d7f0_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist dan data science memiliki pengertian yang berbeda, dimana data science yang merupakan gabungan dari beberapa bidang keilmuan lain meliputi (sains, teknologi, teknik dan matematika). Kompetensi tersebut menjadi sebuah modal utama bagi seorang Data Scientist itu sendiri yaitu sebutan bagi orang yang memiliki kompetensi untuk mengolah, mengekstrak dan menganalisa data. Ruang lingkup pekerjaan tersebut dapat menghasilkan sebuah insight sebagai salah satu media pendukung untuk pengambilan keputusan yang dapat memajukan suatu organisasi ataupun perusahaan. 


Tak heran jika di tahun 2022 banyak orang yang mulai mempelajari skill data scientist. SQL merupakan salah satu skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang praktisi data karena setiap perusahaan pasti memiliki sistem penyimpanan data.


Oleh karena itu, penting mempelajari SQL agar data-data tersebut dapat diorganisir dan di manage. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa industri membutuhkan data yang telah diolah sehingga dapat dimanfaatkan untuk proses pengambilan keputusan yang dapat menunjang kemajuan bisnis. Untuk mengolah data tersebut tentunya membutuhkan skill khusus, salah satunya adalah menguasai SQL. Untuk lebih lanjut, mari simak artikel dibawah ini!


1. Kenalan dengan SQL, Yuk!

data scientist

Apa sih SQL itu? dan biasanya digunakan untuk apa sih? So, SQL itu singkatan dari Structured Query Language yang tidak lain dan tidak bukan adalah bahasa yang digunakan untuk berinteraksi dengan suatu sistem database (basis data) atau lebih tepatnya sistem manajemen database relasional. 


Nah, fungsinya buat menambahkan, mengubah, mengupdate, mencari serta menghapus data dari suatu sistem database. Untuk bisa berinteraksi dengan SQL itu dibagi menjadi dua jenis cara komunikasinya yaitu: DML (Data Manipulation Language) dan DDL (Data Definition Language). Dengan menggunakan SQL perusahaan bisa terbantu untuk melakukan manajemen terhadap data yang mereka punya sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Struktur Penyimpanan Database

Sistem database relasional memiliki struktur hirarki objek penyimpanan sebagai berikut 

data scientist

Jadi, berdasarkan gambar tersebut setiap database akan terdiri dari beberapa tabel dan setiap tabel bisa terdiri dari beberapa field. Tabel dan field inilah yang nantinya akan memiliki record atau row yang berisikan data-data. 


3. Penggunaan Perintah SELECT¦FROM

SELECT statement digunakan untuk dapat mengakses isi data dalam database. Dengan SELECT statement kamu dapat menampilkan kolom-kolom mana saja yang ingin kamu tampilkan dari suatu tabel di database. SELECT statement tidak berdiri sendiri, setelah menyatakan kolom ” kolom yang ingin ditampilkan, kita melanjutkan dengan FROM. Di FROM inilah kita menyatakan dari tabel mana data yang ingin kita tampilkan berada. SELECT¦ FROM¦ adalah statement paling sederhana di SQL, dan merupakan bagian utama dari query. Kita tidak bisa meng-query data tanpa menggunakan statement ini. 

data scientist


4. Pengenalan GROUP BY

Sebagai seorang data scientist kamu pasti akan berhadapan dengan banyak data. Lantas bagaimana agar kamu bisa mengelompokkan data-data yang telah tersedia tersebut menggunakan SQL? Jadi, untuk mengelompokkan data di SQL kita menggunakan GROUP BY Statement. GROUP BY statement akan mengelompokkan data yang bernilai sama ke dalam satu group, dan dengan menggunakan fungsi aggregate seperti (COUNT, MAX, MIN, SUM, AVG) kita bisa melakukan agregasi untuk setiap group atau kelompok yang terbentuk. Biar lebih jelas, coba pelajari penulisan syntax-nya berikut ini:


data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Kupas Tuntas Skillset untuk Berkarir Sebagai Data Scientist di DQLab

Untuk berkarir sebagai data scientist tidak perlu memiliki background STEM, karena bahkan semua bidang pasti akan sering bersinggungan dengan data. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar data analyst dan data scientist. 


Tetapi, tidak punya waktu untuk pergi ke lembaga kursus dan memilih untuk belajar otodidak? Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Sahabat DQ dapat mengatur waktu belaja agar lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :