PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 56 Menit 9 Detik 

Yuk Pahami Fungsi Microsoft Excel yang Wajib Kalian Tahu

Belajar Data Science di Rumah 03-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9cab735070b908d9a8388f7decd1fe02_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah data yang sering ditemui dalam profesi yang berkaitan dengan data, contohnya Data Scientist, Data Analyst, serta Data Engineer. Aplikasi ini berbentuk spreadsheet yang diciptakan untuk menjadi bagian dari sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. 


Aplikasi ciptaan Microsoft ini biasa dikenal sebagai Microsoft Office Excel, MS. Excel, atau bahkan Excel saja. Kalian bisa menemukan Excel dalam komputer atau handphone kalian jika di dalamnya sudah memiliki Office Word atau PowerPoint, maka sangat memungkinkan apabila aplikasi ini sudah tersedia dalam gadget kalian.


Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, langkah yang tepat bagi kalian yang bekerja dalam bidang data untuk menggunakan Excel. Mengapa? Hal ini dikarenakan Excel memiliki kelengkapan fitur dari segi formula dan fungsinya yang dapat kalian gunakan untuk mengerjakan proses perhitungan data secara cepat dan tepat. Simak dulu yuk artikel di bawah ini untuk lebih mengenal Excel!


1. Sejarah Microsoft Excel

Tahun 1985 merupakan peluncuran perdana aplikasi ini, namun Microsoft menerima tuntutan dari perusahaan lain yang bergerak di bidang finansial dikarenakan nama produk yang sama, yaitu Excel. Pada akhirnya, Microsoft memilih untuk mengalah dan mengganti nama Excel menjadi Microsoft Excel. Bahkan Microsoft memutuskan untuk membeli nama software dari perusahaan penuntut untuk menghindari adanya masalah serupa kedepannya.


Berlanjut ke tahun 1987, Microsoft kembali meluncurkan Excel yang dinamakan Excel versi 2.0. Saat itu, Excel berhasil menyalip kompetitor untuk aplikasi sejenis, yaitu lotus 1-2-3. Kemudian di tahun 1988, Excel secara total sukses mengalahkan kompetitor tersebut dan menjadi salah satu aplikasi spreadsheet yang menjadi top of mind masyarakat pada saat itu. Seiring berjalannya waktu dan masa yang semakin modern, Excel pun berkembang hingga kini menjadi versi 12.0 yang dianggap lebih baik dari versi-versi sebelumnya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Kegunaan Microsoft Excel

Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui Excel sebagai aplikasi pengolahan data yang bersifat numerik. Cara pengoperasiannya juga membutuhkan rumus-rumus yang berkaitan dengan perhitungan aritmatika dan statistika. Namun, Excel memiliki banyak potensi untuk membantu kalian dalam pengolahan data. Oleh karena itu, Excel masih memiliki kegunaan lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Pembuatan laporan keuangan, daftar nilai, daftar presensi, dan masih banyak lagi.

  • Mempermudah operasi hitung seperti kali, bagi, dan mencari nilai tengah atau rata-rata.

  • Pembuatan grafik, seperti diagram batang, lingkaran, dan garis.

  • Perhitungan hasil rumus dan logika yang dilakukan secara otomatis.

  • Penyajian data yang lebih tepat, akurat, dan apik.


3. Keunggulan Microsoft Excel

Terlepas dari kegunaannya, Excel juga memiliki keunggulan atau kelebihan yang membuat penggunanya semakin suka untuk menggunakan aplikasi ini. Keunggulannya adalah tampilan Excel yang mudah dikenali dan dioperasikan, terdapat fitur untuk membuat grafik sesuai kebutuhan, penyimpanan data yang cukup besar, dan pengoperasian rumus dan logika yang cukup mudah untuk digunakan.


Selain keunggulan yang telah disebutkan tadi juga, Excel memiliki manajemen data yang lebih teratur meskipun dalam jumlah besar. Selain itu juga lembar kerja Excel yang telah berisikan data bisa digabungkan secara mudah ke aplikasi Microsoft lainnya, seperti Word dan PowerPoint.


Untuk kalian para pemula yang baru mengenal Excel, aplikasi ini akan sangat membantu kalian dalam pekerjaan sehari-hari, seperti administrasi sekolah, administrasi kantor, tugas kuliah, dan masih banyak lagi. Karena Excel merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft yang user friendly, sehingga akan sangat mudah untuk dipelajari bagi tingkat pemula.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Kelemahan Microsoft Excel

Namun, setiap aplikasi tidaklah selalu sempurna, termasuk Excel yang masih memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan, yaitu apabila pengguna Excel belum terlalu paham mengenai fungsi, rumus, dan logika, maka mereka akan merasa kesulitan untuk mengoperasikan Excel. Kemudian, untuk memiliki aplikasi ini secara resmi, perlu mengeluarkan biaya yang tidak bisa terbilang murah. 


Kelemahan lainnya adalah jika salah memasukkan rumus, data yang dihasilkan bisa menjadi tidak tepat dan gagal terbaca. Oleh karena itu, membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk proses memasukkan data secara manual agar lebih teliti. Terlebih jika Excel digunakan untuk mengolah data yang berjumlah banyak, maka akan kurang efisien dikarenakan memakan waktu yang cukup lama.


5. Ingin Belajar Excel? Yuk, Mulai Bersama DQLab!

Dengan penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa pengoperasian Excel membutuhkan ketelitian dan pemahaman yang cukup. DQLab.id siap membantu kalian untuk semakin paham bagaimana cara pengoperasian Excel, dimulai dari dasar hingga tingkat yang lebih kompleks. Kalian dapat mencoba mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python or R’. Cara mengerjakannya mudah sekali,lho! Kalian hanya perlu sign up di DQLab.id lalu kalian menikmati module lainnya yang tidak hanya mengenai Excel saja. Ayo, belajar bersama DQLab!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!