GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 34 Menit 10 Detik 

Yuk, Pahami Pengertian Analisis Data dan Fundamentalnya!

Belajar Data Science di Rumah 09-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4373a852fdb18b85d29bd86b50c0d28a_x_Thumbnail800.jpg

Di era serba digital seperti saat ini, memahami cara menganalisis dan mengekstrak data agar memiliki makna sebenarnya dari wawasan bisnis yang sedang dijalani sehingga dapat mendatangkan kesuksesan suatu bisnis. Untuk itu, kamu perlu memahami terlebih dahulu pengertian analisis data serta fundamentalnya. Dengan begitu kamu dapat mengetahui cara mengumpulkan, mengatur dan memahami semua informasi yang berpotensi meningkatkan bisnis yang sedang berjalan. 


Sebagai contoh sederhana analisis data adalah setiap kali kamu mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan apa yang telah terjadi atau apa yang akan terjadi dengan memilih keputusan tertentu. Dengan menganalisis masa lalu atau masa depan dan membuat keputusan berdasarkan itu. Untuk itu, kamu perlu mengumpulkan memori masa lalu kamu atau impian masa depanmu dengan cara melakukan analisis data. Kenali tentang pengertian analisis data lebih lanjut pada artikel di bawah ini, ya!


1. Apa sih Analisis Data?

Analisis data adalah proses pengumpulan, pemodelan, dan menganalisis data untuk mengekstraksi wawasan yang mendukung pengambilan keputusan. Ada beberapa metode dan teknik untuk melakukan analisis tergantung pada industri dan tujuan analisis. Semua metode analisis data ini sebagian besar didasarkan pada dua bidang inti yaitu, metode kuantitatif dan metode kualitatif  dalam penelitian. Mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai teknik untuk analisis data, dan metode dalam penelitian kuantitatif serta wawasan kualitatif akan memberikan upaya menganalisis informasi tentang arah yang lebih jelas, sehingga perlu meluangkan waktu untuk memungkinkan pengetahuan khusus ini untuk tenggelam. Selain itu, kamu akan dapat membuat laporan analitik yang komprehensif yang akan meroket proses analisis kamu.


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Mengapa Analisis Data Penting?

Sebelum kita, menjadi detail tentang kategori analisis data bersama dengan metode dan tekniknya, kamu harus memahami potensi bahwa menganalisis data dapat membawa ke organisasi kamu. Mari kita mulai dengan pelanggan, bisa dibilang elemen paling penting dalam bisnis apapun. Dengan menggunakan analisis data untuk mendapatkan visi 360 derajat dari semua aspek yang terkait dengan pelanggan kamu, kamu dapat memahami saluran mana yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dengan kamu, demografi, minat, kebiasaan, perilaku pembelian dan banyak lagi. Dalam jangka panjang , itu akan mendorong kesuksesan untuk strategi pemasaran kamu, memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi pelanggan potensial baru, dan menghindari membuang-buang sumber daya untuk menargetkan orang yang salah atau mengirim pesan yang salah. Kamu juga dapat melacak kepuasan pelanggan dengan menganalisis ulasan klien kamu atau departemen layanan pelanggan kamu. 


3. Bagaimana Cara Menganalisis Data?

Setelah kamu menjawab pertanyaan “apa itu analisis data” mengapa penting, dan mencakup berbagai jenis metode analisis data, saatnya menggali lebih dalam cara melakukan analisis kamu dengan menggunakan beberapa metode berikut, berkolaborasi dengan kebutuhan kamu, menetapkan pertanyaan kamu, data demokratisasi adalah proses yang bertujuan untuk menghubungkan data dari berbagai sumber secara efisien, membersihkan data, atur KPI kamu, menghilangkan data yang tidak berguna, bangun peta jalan manajemen data, mengintegrasikan teknologi, jawab pertanyaan kamu, memvisualisasikan data kamu, interpretasi data, membangun narasi, pertimbangkan teknologi otonom, bagikan beban, dan alat analisis data. 


4. Metode Analisis Data

Kamu bisa menggunakan beberapa metode analisis data seperti text analysis yang merupakan metode analisis untuk menemukan pola dalam dataset yang besar menggunakan database atau tools data mining. Kemudian ada analisis statistik yang mencakup pengumpulan, analisis, interpretasi, presentasi dan pemodelan data. Selanjutnya ada analisis deskriptif yang menunjukan rata-rata dan penyimpanan untuk data kontinu sedangkan persentase dan frekuensi untuk data kategorikal. Selain itu juga ada metode analisis data dengan prediktif dan preskriptif analisis.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Pelajari Tentang Fundamental Statistik Bersama DQLab, Yuk!

Belajar metode statistik merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang data scientist. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar dasar statistik dengan pemrograman python atau R tetapi bingung harus mulai belajar dari mana. Sudah coba belajar otodidak, malah overdosis informasi?Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!