DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 16 Menit 12 Detik 

Yuk, Simak Keunggulan Python untuk Data Science

Belajar Data Science di Rumah 15-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/88b0fa549f44dbd39bccf5ac4cf0cf0a_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan ilmu yang mempelajari tentang data yang merupakan gabungan dari berbagai macam bidang ilmu, mulai dari ilmukomputer, matematika, statistik, dan strategi bisnis. Penerapan data science pada masa kini pun sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan peningkatan jumlah data yang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi di era transformasi digital. Data science diterapkan dengan membutuhkan bantuan beberapa aplikasi penunjang, salah satunya adalah Python. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja keunggulan Python untuk data science.


Sebelum mengenal lebih lanjut terkait keunggulan Python, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Python. Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer digunakan saat ini. Python dapat digunakan untuk berbagai hal mulai dari membuat website, data science, membuat aplikasi, dan masih banyak lainnya. Lalu, apakah kamu tahu mengapa Python menjadi salah satu bahasa pemrograman unggulan untuk data science? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Mudah Dipelajari

Bahasa Python merupakan bahasa pemrograman yang bahasanya cukup mudah dipahami dan mudah dipelajari terutama oleh pemula. Hal ini dikarenakan kode-kode yang ada di dalam Python mudah dibaca dan dapat menjalankan banyak fungsi dengan mudah serta tersedia library yang sangat banyak. Python juga memiliki struktur yang sederhana serta keyword yang sedikit dan penulisan sintaks yang sederhana sehingga cocok bagi pemula yang baru belajar Python.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Mendukung Internet of Things (IoT)

Internet of Things atau biasa disingkat dengan IoT merupakan sistem dimana beberapa benda dapat saling berkomunikasi dengan piranti internet. Bahasa Python ini dapat diterapkan dalam berbagai platform yang berkaitan dengan IoT, data science, machine learning dan masih banyak lainnya. Selain itu Python juga dapat digunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi, games, dll. Beberapa contoh aplikasi yang menggunakan bahasa Python antara lain Netflix, Google, Instagram, Spotify, YiuTube, dan beberapa aplikasi populer lainnya.


3. Open Source dan Cross Platform

Bahasa pemrograman Python merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source. Open source berarti kita bisa menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus membeli lisensi terlebih dahulu. Python pun dapat digunakan di berbagai macam sistem operasi mulai dari Linux, Windows, UNIX, Mac OS, dll. Selain itu, jika kita menggunakan Python dalam satu platform kemudian akan pindah ke platform lain kita tidak perlu mengubah programnya terlebih dahulu. Oleh karena itu hal ini lah yang menjadi salah satu kelebihan dari bahasa Python. 


4. Bahasa Pemrograman Populer

Bahasa Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer, terutama di kalangan para praktisi data. Kepopuleran bahasa Python ini disebabkan oleh beberapa hal, beberapa diantaranya adalah dikarenakan bahasanya mudah dipelajari, memiliki banyak library, bersifat open source dan cross platform, memiliki banyak fitur dan masih banyak keunggulan lainnya. Selain itu, bahasa pemrograman ini memiliki banyak komunitas sehingga membantu kita dalam forum diskusi ketika menemukan kesulitan dalam mengoperasikannya.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Tertarik Menjadi Data Scientist?

Data scientist kini menjadi profesi primadona dalam dunia data. Apakah kamu tertarik menjadi data scientist? Kini, kita dapat memulai karir data scientist dengan kursus online di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL! Yuk, mulai bangun portofolio datamu!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!