[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 55 Menit 25 Detik 

Yuk Simak, Manfaat Apa Saja yang Diberikan Oleh Big Data di Berbagai Aspek Industri!

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/710ddda9391450d5b38a5fd4644b9817_x_Thumbnail800.png

Dalam perkembangan dunia, teknologi menjadi aspek penting bahkan tolok ukur suatu negara. Hal ini ditandai dengan banyaknya para ahli teknologi yang berlomba untuk memunculkan suatu sistem. Sistem tersebut memiliki tujuan yang paling utama yaitu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sistem teknologi memiliki perkembangan semakin pesat. Bahkan di setiap aspek kehidupan, sistem tersebut mutlak untuk digunakan.


Melihat perkembangan tersebut, kemudian apa yang menjadi manfaat big data? Big data memiliki manfaat yang bisa digunakan di berbagai aspek kehidupan dan meliputi berbagai ranah tertentu. Berikut ini merupakan manfaat adanya big data.


1. Mencari Strategy yang Tepat

Dalam berbisnis tentunya keuntungan menjadi tujuan utama. Oleh karena itu, setiap pebisnis harus mampu memanfaatkan teknologi yang ada. Mulai dari big data yang memiliki banyak sekali keunggulan. Penggunaan big data dalam dunia bisnis, mampu memberikan arah dan strategi baru dalam berbisnis. Hal tersebut diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan oleh big data. Dengan demikian, perusahaan akan terhindar dari berbagai hal yang bisa menyebabkan rugi.


Manfaat big data memang sangat banyak. Oleh karena itu, akan sangat ganjil rasanya jika di era yang serba modern ini, masih banyak yang asing dengan big data. Terlebih lagi dalam dunia bisnis memiliki proses persaingan yang sangat tinggi dan tajam. Hal ini memerlukan strategi baru yang lebih inovatif. Tentunya penggunaan big data mampu memberikan keuntungan dalam bisnis.


Dalam big data terdapat dua cara yang sangat efektif untuk menentukan kebiaasaan masyarakat dan juga mengumpulkan data yaitu data mining  dan machine learning. Dalam bahasa Indonesia mining memiliki arti menambang. Data mining dapat diartikan sebagai suatu proses pengumpulan informasi dari data-data yang terdapat dalam big data. Di dalam big data, data-data yang tersimpan masih dalam bentuk yang beragam mulai dari yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur. Data Mining ini memiliki beberapa proses dalam menemukan data yang baru, tahapan-tahapan tersebut dimulai data yang masih raw hingga informasi yang telah diolah dan siap untuk digunakan.


Dengan memahami data mining, Kamu dapat memahami lebih jauh tentang data yang diamati. Jika Kamu mendalami skill ini nantinya Kamu bisa menemukan pola tertentu yang tersembunyi dalam sebuah data. Karna data mining  sendiri memiliki proses yang rumit mulai dari, tahap dimana data yang tidak terstruktur lalu disaring kembali hingga tahap visualisasi yang bertujuan memvisualisasikan dalam bentuk chart ataupun grafik membantu client  dalam memahami hasil data mining ini.


Machine Learning adalah mesin yang dikembangankan untuk bisa belajar dengan sendirinya tanpa bantuan dari pembuatnya. Machine learning ini meliputi disiplin ilmu lainya seperti statistik, matematika dan data mining. Machine learning merupakan salah satu cabang dari terbentuknya artificial intelligence (AI). Di dalam sebuah AI banyak machine learning dibutuhkan untuk memperoleh data yang ada dan mempelajari data tersebut agar dapat melakukan tugas tertentu.


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


2. Memaksimalkan Platform Media Sosial

Setiap perusahaan akan selalu melakukan inovasi untuk produk yang dikeluarkannya. Cara melakukan inovasi adalah dengan mengetahui tingkat kebutuhan dan penilaian dari masyarakat. Salah satu manfaat dari big data, mampu mengetahui berbagai penilaian pelanggan terhadap produknya.


Hal tersebut dengan cara mengoptimalkan fitur media sosial. Jadi, apabila terdapat pelanggan yang menyebutkan atau menuliskan nama produk, maka perusahaan akan dengan mudah melakukan identifikasi. Dengan begitu awareness akan perusahaan dapat dikembangkan dengan ads personalization yang merupakan salah satu implementasi Big Data. Data yang diambil disimpan di Big Data lalu di cocokan dengan kebutuhan targetnya. Biasanya Ads Personalization digunakan e-commerce sehingga penggunanya yang tertarik dengan sesuatu barang tidak usah mencari barang tersebut namun langsung dalam iklan saat kamu berselancar di internet. Dengan menggunakan ad personalization kamu bisa meningkatkan awareness brand kamu 


3. Menjaga Hubungan Perusahaan dengan Pelanggan

Setiap perusahaan pasti menginginkan suatu pembangunan yang penting dalam segala produk yang dikeluarkan. Salah satu kendalanya biasanya terletak pada konsumen atau pelanggan produk tersebut. Penggunaan big data memiliki manfaat yang besar dalam hal ini. Seperti, mengerti bagaimana respon pelanggan terhadap produk yang dikeluarkan. Mampu mengetahui minat pelanggan terhadap produk. Dengan hal tersebut, perusahaan akan selalu melakukan berbagai perkembangan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. 


Metode ini berguna bagi untuk perusahaan yang menggunakan data untuk membagi pelanggan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kebutuhan mereka. Sehingga kelompok yang bukan merupakan prioritas perusahaan mendapat produk dengan harga yang sesuai. Perubahan harga ini didasari dengan informasi yang telah didapatkan melalui Data Science dan berbagai faktor pendukung lainya.


Contoh dari dynamic pricing  itu sendiri umumnya digunakan pada aplikasi e-commerce. Mereka membedakan pengguna baru dengan pengguna lama. Sehingga pengguna baru mendapat diskon yang membuat pengguna baru merasa nyaman menggunakan aplikasi perusahaan.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis


4. Belajar Penggunaan Big Data Bersama DQLab!

Penguasaan materi Big Data yang benar dan baik dapat mendorong kalian agar semakin cepat memasuki industri data dengan kemampuan pemrograman yang memadai. Kalian dapat belajar bersama DQLab untuk mempercepat perkembangan skill kalian, dengan sign up di DQLab, kalian dapat mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai materi pemanasan sebelum belajar Big Data di DQLab. Ayo, gabung bersama DQLab.id dan dapatkan materi lengkap seputar Data Science!


Bergabung sekarang dan dapatkan module secara GRATIS dan masih banyak benefit lainnya jika belajar di DQLab. 




Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!