Raih Beasiswa & Jadi Data Analyst untuk Petinggi Perusahaan di Indonesia

Yuk Terapkan Data Science pada Bisnis, Dijamin Cuan!

Belajar Data Science di Rumah 25-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3b47ce3792235c3d917240b73d030798_x_Thumbnail800.jpeg

Data science adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang data, mulai dari cara pengumpulan data, memilih teknik analisis data, langkah menganalisis data, dan lainnya. Data science kini sudah sering diterapkan pada berbagai keperluan seperti bidang kesehatan, pendidikan, dan bisnis. Mungkin sebagian besar dari kita masih bingung terkait bagaimana data science dapat membantu bisnis? Apakah hubungan diantara keduanya? 


Penerapan data science sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Namun sebagian besar dari kita  belum menyadarinya. Dalam bidang bisnis, data science ini sangat diperlukan, terutama saat ini kita berada dalam zaman kemajuan teknologi kini perkembangan data semakin pesat sehingga membutuhkan tindak lanjut berupa pengolahan data yang dalam prakteknya menggunakan pengetahuan data science. Pada artikel kali ini kita akan mencoba mengenali manfaat data science dalam dunia bisnis.


1. Memudahkan Pembuatan Strategi Bisnis

Saat ini seringkali kita jumpai berbagai macam bisnis sudah semakin melebar di pasaran. Masing-masing perusahaan berkompetisi untuk meningkatkan profit perusahaan. Untuk mencapai tujuan perusahaan, tentunya mereka memiliki kebijakan serta strategi bisnis masing-masing. Dalam menyusun dan menetapkan strategi bisnis, seseorang perlu melakukan riset terlebih dahulu agar strategi yang dibuat tepat sasaran. Pada proses riset akan diperlukan data sebagai bahan untuk proses analisis data dengan menggunakan data science yang nantinya akan menghasilkan informasi sebagai bahan pertimbangan dalam membuat keputusan. 

Data Science


Baca juga : Kenapa Data Science Penting? Ini Dia Manfaatnya di Era Digital


2. Meningkatkan Penjualan

Setiap perusahaan yang berfokus dalam bidang bisnis memiliki strategi yang tujuannya untuk memaksimalkan profit, salah satunya adalah dengan meningkatkan penjualan. Dalam meningkatkan penjualan diperlukan strategi bisnis yang sesuai dengan keadaan pasar. Dalam hal ini diperlukan bidang ilmu data science yang dapat mempelajari data dengan lebih rinci, detail dan sesuai tujuan. Data science tersebut nantinya akan dapat menjawab berbagai permasalahan perusahaan dengan memanfaatkan data perusahaan yang ada.

Data Science


3. Meminimalisir Penipuan

Pada kecanggihan teknologi saat ini sering terdapat berbagai kejahatan media sosial. Mungkin beberapa dari kita sering menjumpai atau mendengar cerita terkait penipuan saat melakukan transaksi online. Kejadian penipuan secara online ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja dan pengguna pun harus mencari solusinya. Nah, data science memiliki algoritma yang dapat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, sehingga bisa mengantisipasi pengguna terkait hal-hal yang sekiranya tidak wajar. 

Data Science


4. Memudahkan Administrasi

Saat ini segala sesuatu mayoritas sudah dilaksanakan secara digital. Walaupun masih ada orang yang belum mengerti cara menggunakan media digital, namun cara ini dianggap memudahkan segala sesuatu dan dapat dikerjakan secara efisien dari segi waktu, tempat maupun sistem. Perlu kalian ketahui bahwa dibalik semua itu terdapat penerapan data science. Sistem yang dibuat sedemikian rupa perlu benar-benar dibuat berdasarkan keperluan dan data yang ada sehingga hasilnya benar-benar maksimal.

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Dunia bisnis tentunya sudah tidak asing lagi dengan data science. Penerapan data science memang sudah dirasakan oleh semua bidang. Jadi, jangan sampai kamu ketinggalan dengan update belajar data science. Kamu bisa langsung coba belajar di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :