PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 4 Jam 44 Menit 46 Detik

Yuk, Tingkatkan Profit Bisnismu dengan Data Science

Belajar Data Science di Rumah 21-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-05-1-2023-07-22-230319_x_Thumbnail800.jpg

Sata ini data science memiliki banyak peranan penting dalam berbagai bidang baik itu bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, pembangunan, bahkan bisnis. Pada perkembangan teknologi saat ini perkembangan teknologi membuat kita perlu terus mengupdate ilmu dan kemampuan sesuai dengan zamannya. Berkaitan dengan bisnis, apakah kamu penasaran bagaimana data science bisa membantu bisnis?


Data science merupakan gabungan atau kombinasi dari berbagai bidang ilmu seperti matematika, statistika, bahasa pemrograman, manajemen bisnis, dan lainnya. Data science merupakan bagian penting yang perlu dipelajari terutama dalam era big data seperti ini. Saat ini berbagai perusahaan sama-sama bersaing untuk meningkatkan performa bisnis mereka dengan memanfaatkan keberadaan data yang ada. lalu bagaimanakah peranan data science dalam dunia bisnis? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Meminimalisir Penipuan

Pada saat melakukan transaksi offline seringkali ada kejadian penipuan atau hipnotis yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang tidak baik. Dalam hal online, penipuan juga tidak bisa dihindari. Walaupun kegiatan transaksi online juga bisa memudahkan penggunanya, namun risiko penipuan tidak dapat dihindari begitu saja. Namun hal ini juga bisa diminimalisir dan dicegah dengan menggunakan algoritma data science yang dapat mendeteksi apabila ada aktivitas yang mencurigakan atau tidak wajar.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Meningkatkan Penjualan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini sudah banyak perusahaan yang memiliki berbagai cabang bisnis. Dalam bidang perkembangan produk, salah satu tujuan perusahaan antara lain dengan meningkatkan penjualan yang nantinya akan berdampak terhadap peningkatan profit perusahaan. Dengan menggunakan data science, pihak perusahaan dapat melihat dan mengetahui perkembangan trend bisnis atau penjualan yang sedang terupdate dari waktu ke waktu.

Data Science


3. Memudahkan Administrasi

Saat ini hampir segala sesuatu dapat dilakukan secara digital atau online. Mulai dari proses pendaftaran peserta, sampai proses pemesanan dan update  stock juga bisa dilakukan dengan cara online. Dalam perusahaan, perihal administrasi bisnis kini juga seringkali dilakukan dengan cara online, Hal ini tentunya membutuhkan bantuan atau peranan data science dengan memanfaatkan database yang ada di perusahaan. Dengan menggunakan data science. proses administrasi akan lebih mudah dan lebih efisien baik dari segi waktu maupun biaya. 

Data Science

4. Mempermudah Membuat Strategi Bisnis

Saat ini banyak perusahaan yang bersaing untuk saling meningkatkan profit atau performa bisnis mereka. agar memiliki performa yang baik, salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah membuat strategi bisnis yang sesuai. Untuk membuat strategi bisnis yang tepat, perusahaan memerlukan peranan data science yang dapat menganalisis data perusahaan dan menyesuaikan dengan trend masa kini. Dengan memiliki strategi bisnis yang sesuai, tentunya akan memudahkan perusahaan untuk dapat menentukan langkah apa yang perlu dilakukan kedepannya.

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data science telah diketahui memiliki banyak peranan penting di berbagai bidang. Oleh karena itu mempelajari data science adalah salah satu kebutuhan terutama bagi calon praktisi data.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login