PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 23 Menit 11 Detik

3 Contoh Penerapan Data Science Dengan Teknik Pengolahan Data Statistik

Belajar Data Science 13-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7c68ad17b7bc4becee9cd25836845898_x_Thumbnail800.jpg

Contoh penerapan data science di masa sekarang dapat dengan mudah kita temukan. Di era digitalisasi ini data menjadi sesuatu yang berharga. Statistik untuk data science banyak diperbincangkan di berbagai media. Seperti yang kita ketahui bahwa data science merupakan bidang ilmu yang terbentuk dari berbagai bidang ilmu yaitu statistik, matematika, dan komputer. Kombinasi ilmu ini memudahkan dalam proses pengolahan data.


Data science sudah banyak diterapkan di berbagai bidang. Jika dulu data science baru digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang bisnis, kini hampir semua bidang mulai mencoba menerapkannya misalnya di bidang ekonomi, bidang kesehatan, dan bidang pemerintahan. Secara umum tujuannya adalah untuk meningkatkan performa pelayanan, meminimalkan resiko, dan lainnya di bidang-bidang tersebut. Yuk, kita bahas beberapa contohnya dibawah ini.


1. Bidang Ekonomi

Pada bidang ekonomi ada beberapa contoh penerapan data science. Ahli ekonomi dapat menggunakan metode statistik dalam melakukan prediksi kondisi ekonomi di masa mendatang. Pada bidang akuntansi metode yang sering digunakan adalah pengambilan sampel saat melakukan audit terhadap klien. Dalam bidang keuangan (finance) sering menggunakan fraud detection untuk mendeteksi aktivitas yang tidak normal yang terjadi pada suatu transaksi sehingga mengurangi resiko yang mungkin terjadi yang menyebabkan kerugian. 

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Bidang Pemerintahan

Statistik untuk data science juga dapat diterapkan di bidang pemerintahan. Contohnya sensus penduduk. Pengumpulan data dilakukan dengan survei yaitu mengumpulkan data penduduk secara rinci yaitu profil penduduk, perumahan dan lingkungannya, dan karakteristik lainnya yang berkaitan dengan kependudukan. Contohnya seperti jenis kelamin, umur, status perkawinan, pendidikan, jumlah anggota dalam rumah tangga dan sebagainya yang didapatkan dari hasil pencacahan pada rumah tangga yang terpilih.


3. Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, statistik untuk data science juga dapat diterapkan. Misalnya untuk melihat gambaran persebaran penyakit tertentu pada suatu wilayah, mengetahui jumlah kematian oleh penyakit tertentu di sebuah rumah sakit, dan lainnya. Bisa juga untuk dijadikan pedoman dalam penarikan kesimpulan dari hasil penelitian untuk mengetahui seberapa efektif dan efisiensi obat yang digunakan untuk penyembuhan penyakit dan meningkatkan pelayanan kesehatan. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login