GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 6 Jam 52 Menit 23 Detik 

3 Komponen Ilmu Profesi Data Engineer yang Dibutuhkan Sebelum Mulai Berkarir

Belajar Data Science di Rumah 28-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/47eb4d66c43f2820df1f761918610eb8_x_Thumbnail800.png

Data engineer merupakan sebuah profesi yang tidak jauh dari database dan arsitekturnya. Tugas utamanya adalah memulai implementasi dan pengembangan database dari step awal hingga terbentuk data yang siap diolah. Setelah arsitektur database terbentuk, data engineer perlu melakukan pengujian untuk mengidentifikasi bug atau masalah kinerja yang mungkin terjadi dan menghambat proses transfer data. Selain itu, seorang data engineer juga bertugas untuk memelihara database dan memastikan database tersebut berjalan lancar sehingga tidak mengganggu kinerja tim lain. Sebagian besar data engineer bekerja dengan big data sehingga arsitektur database yang digunakan pun lebih kompleks.


Arsitektur database terdiri dari beberapa pipeline yang terhubung dengan beberapa sumber berbeda. Sumber ini sebagian besar berisi data real time yang digunakan oleh perusahaan untuk membuat keputusan secara realtime dan akurat, misalnya mengidentifikasi penipuan, churn, dan lain sebagainya. Dalam menjalankan tugasnya. Seorang data engineer tidak bekerja sendiri, melainkan berada dalam satu tim dengan data analyst dan data scientist. Kolaborasi ketiga profesi ini akan menghasilkan output output yang insightful bagi perusahaan. Karena perannya yang cukup penting, maka ada beberapa kompetensi yang harus dikuasai jika seseorang ingin menjadi data engineer. Apa saja kompetensi tersebut? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Penguasaan SQL

SQL merupakan salah satu tools yang wajib dikuasai oleh seorang data engineer. Bahkan tools ini menjadi keterampilan dasar yang wajib ada pada syarat rekrutmen data engineer. Tanpa menguasai SQL, kita tidak akan bisa mengelola Relational Database Management System atau disingkat dengan RDBMS. Untuk menjalankan SQL, kita membutuhkan beberapa kueri khusus yang berisi satu atau lebih fungsi. Salah satu kelebihan dari SQL adalah manajemen database ini dapat menyimpan data dalam jumlah dan volume besar, bahkan bisa dihubungkan dengan cloud.


Baca juga : Jangan Salah! Ini dia Perbedaan Data Scientist, Data Analyst & Data Engineer


2. Penguasaan Data Warehouse 

Keterampilan yang tak kalah penting bagi seorang data engineer adalah pemahaman mengenai cara membangun dan belerja dengan warehouse. Data warehouse ini sangat berguna bagi data engineer untuk mengumpulkan data tidak terstruktur yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Pipeline pada arsitektur database yang dibangun oleh data engineer akan berakhir pada warehouse ini. Data-data tersebut kemudian akan dibersihkan, diolah, dibandingkan dan dinilai dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.


3. Penguasaan Bahasa Pemrograman

Agar database dan aplikasi seperti web, seluler, desktop, atau IoT saling terhubung, seorang data engineer harus memiliki basic pemrograman dan coding. Oleh karena itu, seorang data engineer setidaknya harus menguasai bahasa pemrograman seperti Java atau C#. kedua bahasa pemrograman ini dibutuhkan oleh data engineer untuk mengumpulkan dan merekayasa data pada sistem microsoft. Selain itu, seorang data engineer harus menguasai Python dan R untuk membantu pekerjaan lainnya.


4. Penguasaan Analisis Data

Salah satu platform open source yang banyak digunakan oleh data engineer untuk menghitung pemrosesan, penyimpanan, dan distribusi data adalah Apache Hadoop. Platform ini membantu dalam berbagai operasi seperti pemrosesan, pengaksesan, penyimpanan, tata kelola, keamanan dan pengoperasian data. Selain itu, seorang data engineer juga harus memiliki pemahaman mendasar mengenai analisis statistik dan pemodelan data agar memiliki pemahaman yang sama dengan data scientist dan data analyst ketika dihadapkan dengan suatu permasalahan.


Baca juga : 3 Perbedaan Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer


5. Belajar Tools Wajib bagi Data Engineer

Seperti yang telah dijelaskan di awal, tools wajib yang harus dikuasai oleh seorang data engineer adalah SQL. Mempelajari SQL memerlukan suatu guideline karena fungsi dan kueri yang digunakan sangat beragam. Yuk belajar SQL bersama DQLab! DQLab menawarkan berbagai modul SQL mulai dari pemula hingga profesional yang akan membantu kita untuk menguasai berbagai fungsi yang banyak digunakan di dunia kerja. Selain itu, contoh data yang digunakan merupakan data yang mencerminkan data real di dunia industri sehingga kita memiliki gambaran seberapa kompleks data di dunia nyata. Yuk klik button di bawah ini untuk mengakses modul-modul tersebut dan nikmati berbagai fasilitas pendukung belajar lainnya sehingga kegiatan belajar kita lebih menyenangkan!



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :