MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 33 Menit : 35 Detik

Ini 3 Manfaat Big Data Yang Dapat Kamu Rasakan Langsung Untuk Industri Bisnismu

Belajar Data Science di Rumah 23-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/30bd0a69dc19b591db40c57da95435ef_x_Thumbnail800.jpg

Big Data dapat dikatakan sebagai suatu upaya pengolahan data mentah yang dilakukan dengan teknik tertentu sampai hasilnya dapat dipakai sebagai bahan dalam perbaikan bisnis. Manfaat big data yang sangat terasa membuat banyak sekali perusahaan seperti retail, perbankan, hingga keuangan menjadi kecanduan untuk memanfaatkannya. Hal ini tentu saja membuat sejumlah perusahaan yang menggunakan big data menjadi perusahaan berbasis data dalam melakukan pengambilan keputusan, mulai dari peramalan revenue, optimasi, hingga perilaku pelanggan.


Beberapa manfaat big data sangat terasa jika kamu langsung mempraktekkannya untuk industri bisnismu. Sehingga bisnis yang kamu kelola dapat dengan tepat berkembang dan pesat. Hal ini tentu saja membuat kamu harus memahami, bagaimana manfaat yang langsung terasa ketika memanfaatkan big data. Yuk bersama DQLab pahami beberapa manfaat big data secara sederhana dan  ringkas namun tetap memiliki esensi. Sebelum memahaminya, yuk perhatikan mind mapping artikel berikut. 


Mind Mapping Artikel


1. Yuk, Tingkatkan Revenue Bisnis dengan Implementasi Big Data

Pernahkah kamu melakukan perhitungan pendapatan bisnismu? Atau pernahkah kamu melakukan perkiraan terhadap jumlah pelanggan bisnis dalam jangka waktu satu bulan kedepan? Ternyata, jika kamu pernah melakukannya kamu sudah pernah melakukan implementasi big data terhadap bisnismu. Implementasi model ini dapat kamu gunakan untuk meningkatkan revenue bisnis. 


Biasanya metode peramalan atau forecasting dapat dilakukan dengan menggunakan data yang cukup besar untuk meramalkan bagaimana proses penjualan atau angka penjualan yang akan terjadi. Hal ini tentu dapat mempengaruhi revenue atau pendapatan bagi kalangan industri bisnis. Selain itu, dengan melakukan forecasting kamu juga bisa melakukan perhitungan biaya atau cost yang akan dihabiskan untuk jangka waktu tertentu kedepan. 


Baca Juga : Big Data : Yuk, Kenali Konsep Big Data dan Hadapi Revolusi Industri 4.0 Bersama DQLab!


2. Kenali Perilaku Pelanggan, Pahami Keinginan Consumer

Salah satu cara untuk mengetahui bagaimana tindakan atau perilaku pelanggan adalah dengan melakukan analisis data transaksi pelanggan. Hal ini ditujukan karena data akan menggambarkan bagaimana segmentasi pelanggan yang tepat, bagaimana proses pembelian atau transaksi pelanggan, hingga mengetahui bagaimana cara mengatasi stok barang yang masih tersedia di gudang dan memiliki status item slow moving. Sehingga kamu bisa menghabiskan stok persediaan di gudang melalui analisis dengan big data. 


3. Optimasi Kanal Iklan : Yuk Kenali Segmen Pasarmu 

Apakah kamu pernah mendapatkan pesan singkat melalui email atau SMS ? Tentu saja hal ini merupakan hasil kerja big data dalam hal customer segmentation. Biasanya antara pengguna satu dengan yang lainnya akan mendapatkan promosi yang berbeda beda. Hal ini bisa saja disebabkan karena kontribusimu melalui penjualan atau pembelian yang telah dilakukan. 


Optimasi iklan untuk seluruh pelanggan ini, didapatkan dari hasil pengolahan dan perhitungan yang tepat dan pas. Misalnya pembagian sales contribution value terhadap suatu toko retail akan dianalisis karena toko akan memberikan iklan promosi kepada customer berdasarkan contribution value kepada toko tersebut sehingga peran big data akan menimbulkan manfaat pada tahapan ini. 


Baca Juga : Belajar Data Science, Kupas Tuntas Teknologi Big Data di Era Industri 4.0


4. Kuasai Ketiganya dan Awali Persiapan dirimu dengan Belajar Big Data #DirumahAja, bersama DQLab!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Penulis : Tantut Wahyu

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!