Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

3 Rumus Dasar Excel yang Wajib Dikuasai Di Dunia Kerja

Belajar Data Science di Rumah 26-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e54703e89855c185b5ff9ed9c4057648_x_Thumbnail800.jpg

Excel atau Microsoft Excel adalah salah satu software berbasis spreadsheet untuk mengorganisasikan angka dan data dengan serangkaian rumus dan fungsi yang tersedia. Excel juga software spreadsheet yang sangat powerfull di kelasnya, Excel digunakan hampir untuk semua kepentingan di berbagai sektor bisnis dari segala ukuran untuk melakukan analisis keuangan ataupun analisis data. 


Microsoft Excel menyediakan banyak fungsi, rumus dasar Excel hingga advanced dan juga shortcuts yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Oleh karena itu, tak heran jika Microsoft Excel memiliki penggemar fanatik dari hampir semua sektor bisnis baik dari perusahaan kecil hingga besar.


Penggunaan utama Excel biasanya meliputi data entry, data management, accounting, analisis keuangan, pembuatan grafik dan chart, time dan task management. Excel mungkin sering dianggap ringan dan mudah sehingga tak sedikit orang yang juga mengabaikan untuk mempelajari lebih dalam Excel. Padahal seperti yang sudah disinggung di atas bahwa Excel memiliki banyak rumus dan juga fungsi yang powerfull dan sangat penting dan bermanfaat di dunia pekerjaan. 


Adapun 4 rumus dasar Excel yang wajib dikuasai sebelum melamar pekerjaan akan kami bahas pada artikel di bawah ini!


1. VLOOKUP

VLOOKUP (pencarian vertikal) merupakan fungsi Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam kolom yang disebut table array, setelah data yang dicari ditemukan, maka nilai akan dikembalikan di kolom yang berbeda dalam baris yang sama. Dalam VLOOKUP terdiri dari empat komponen yaitu, nilai yang ingin kita cari, range dimana nilai itu akan kita temukan dan nilai akan dikembalikan, jumlah kolom pada range yang telah ditentukan yang berisi nilai yang dikembalikan, dan nilai false (0) untuk kecocokan persis dengan nilai yang kita cari serta true (1) untuk perkiraan kecocokan.


Syntax :

=VLOOKUP(value, range ,nomor_kolom,[true or false])


Dimana value adalah nilai pencarian, range adalah rentang yang berisi pencarian, nomor_kolom adalah kolom yang berisi rentang nilai yang dikembalikan, serta true or false itu berisi perkiraan kecocokan (true) atau kecocokan sama persis (false). 

Contoh kasusnya sebagai berikut:

excel

Keterangan:

  • =VLOOKUP (nama fungsi VLOOKUP)

  • C2 (merupakan nilai yang dijadikan acuan untuk mencari nilai yang akan dicari pada data,dalam contoh ini adalah Nilai Ujian 90).

  • G2:I6 (range data untuk melakukan pencarian data) 

  • 2 (nomor kolom tempat data yang kita cari dalam hal ini, kolom Huruf terletak di kolom kedua)


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. HLOOKUP

HLOOKUP (pencarian horizontal) merupakan fungsi Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam baris untuk data yang cocok dan output dari kolom terkait. Ketika VLOOKUP mencari nilai dalam kolom, HLOOKUP mencari nilai dalam baris. 


Syntax :

=HLOOKUP(value, range, nomor_baris, [true or false])


Dimana value adalah nilai pencarian, range adalah rentang yang berisi pencarian, nomor_baris adalah baris yang berisi rentang nilai yang dikembalikan, serta true or false itu berisi perkiraan kecocokan (true) atau kecocokan sama persis (false). Untuk syntax sebenarnya tidak jauh berbeda dengan VLOOKUP, yang membedakan hanya pada nomor baris atau nomor kolom tempat nilai yang dikembalikan. 

Contoh kasusnya sebagai berikut:

excel

Keterangan:

  • =HLOOKUP (nama fungsi HLOOKUP)

  • C2 (merupakan nilai yang dijadikan acuan untuk mencari nilai yang akan dicari pada data,dalam contoh ini adalah Nilai Ujian).

  • B4:F6 (range data untuk melakukan pencarian data) 

  • 2 (nomor urut sel yang berisi nilai baris yang ingin dicari, dalam hal ini data Huruf ada di urutan ke 2)


3. IF

Secara harfiah, fungsi IF artinya "kondisi" yang biasa digunakan untuk mengetahui suatu kondisi dari data. Apabila suatu kondisi terpenuhi atau bernilai TRUE, maka fungsi IF akan memproses data tersebut. Tetapi, jika suatu kondisi tidak terpenuhi atau bernilai FALSE, maka fungsi IF tidak memproses data tersebut dan akan melanjutkan ke data selanjutnya. Selain itu, fungsi IF pada excel biasanya diikuti oleh operator logika seperti AND, OR, dan NOT atau operator pembanding seperti <,>,=, <>,<=,>=.


Syntax:

=IF(kondisi;"jika_kondisi_benar";"jika_kondisi_salah")


Dibawah ini adalah contoh penerapan fungsi IF untuk menentukan nilai rata-rata dari tiap mahasiswa apakah masuk ke dalam kategori lulus atau tidak.

excel


4. COUNT

Fungsi menggunakan COUNT sendiri dalam Excel yaitu menghitung jumlah data atau sel yang berisi nilai numerik dalam rentang yang diberikan. Dengan demikian kamu dapat menggunakan fungsi ini untuk mendapatkan jumlah entri atau banyaknya muncul data angka dari sebuah array. Perbedaannya dengan SUM dengan COUNT adalah kalau fungsi SUM sendiri untuk menghitung jumlah total nilai data dan sedangkan fungsi COUNT digunakan untuk menghitung banyaknya kemunculan data.


Syntax:

=COUNT(value 1; [value 2]; …)


Adapun contoh penggunaan rumus COUNT bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Siapkan data yang sudah kamu lengkapi, kemudian masukkan rumus syntax,

excel

Data yang terhitung memiliki nilai numerik menurut fungsi COUNT pada Excel yaitu,

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Mulai Bergabung bersama DQLab dan Terapkan Ilmunya Dalam Industri Kerja Nyata!

Mudah bukan pengerjaannya? Jangan khawatir Sahabat Data DQLab masih banyak pembelajaran Excel lainnya yang bisa kamu nikmati. Bingung mencari module atau medium yang bisa membantu pembelajaran kamu? Tenang saja DQLab solusinya! Dengan kamu memulai sign up di DQLab.id, tentunya kamu akan mendapatkan pembelajaran module yang seru dan juga implikatif di industri kerja nyata sesungguhnya.


Jika kamu sudah sign up, jangan lewatkan quiz GRATIS "Basic Excel" untuk langsung mengaplikasikan rumus-rumus di atas. Selamat mencoba Sahabat Data DQLab!


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!