PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 24 Menit 12 Detik 

4 Alasan Kenapa Data Science Penting Dipelajari

Belajar Data Science di Rumah 26-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6946a7e4dccb0c4b27d8be06f988d541_x_Thumbnail800.jpg

Data science berhasil merevolusi pertumbuhan bisnis selama dekade terakhir. Hebatnya, sekarang sangat mungkin untuk menyusun data prediksi spesifik untuk mengekstraksi wawasan agar lebih bermanfaat untuk bisnis kamu. Kamu dapat menggunakan wawasan ini di berbagai bidang terutama bidang penjualan dan pemasaran yang dapat meningkatkan profit bisnis kamu. 


Salah satu cara paling efektif dan tepat untuk mengekstrak kumpulan data-data yang kamu miliki menjadi sebuah wawasan yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan profit bisnis kamu adalah dengan menerapkan algoritma data science. 


Penggunaan algoritma data science membuat komputer dapat memecahkan masalah, dengan membuat rumusan langkah-langkah penyelesaian tersebut dalam suatu rangkaian instruksi agar dapat memperoleh output yang diinginkan dari suatu inputan dalam waktu yang terbatas. 


Penggunaan data science di ranah bisnis juga dapat memberikan dampak positif. Artikel ini akan membahas tentang manfaat lain dari penerapan algoritma data science di sektor bisnis. Jadi, jangan beranjak dan baca artikel ini sampai selesai ya!


1. Tools Pendukung Keputusan Bisnis

Data Science

Dalam data science terdapat algoritma machine learning dan metode data mining yang digunakan untuk pengambilan informasi dari pola data sebuah himpunan data yang sebelumnya tidak diketahui. Kemudian data tersebut diolah menggunakan proses sedemikian rupa dengan algoritma machine learning yang nantinya akan menghasilkan model yang dapat diaplikasikan dengan data testing dalam upaya pendukung keputusan bisnis


Baca juga: Tujuan dan Penerapan Algoritma Data Science Naive Bayes


2. Meningkatkatkan Strategi Pemasaran dan Penjualan

Penerapan algoritma data science akan sangat berpengaruh di bisnis kamu terutama di sisi pemasaran dan penjualan. Sebagai contoh di bidang food and beverage, penerapan algoritma data science bisa digunakan untuk membuat menu baru berdasarkan data selera pelanggan yang bisa kamu amati, atau untuk menentukan daftar menu apa saja yang harus dipertimbangkan untuk promosi dan diskon. 


Contoh kasus ini bisa disebut dengan customer segmentation, dimana kamu memetakan karakteristik pelanggan kamu berdasarkan usia, profesi, tempat tinggal dan lainnya, untuk menentukan bagaimana cara menangani kelompok tertentu. Nah, disinilah seorang algoritma data science dibutuhkan untuk melihat kelompok mana yang lebih menguntungkan sehingga kau bisa memfokuskan bisnis kamu pada kelompok tersebut. 


Dengan menggunakan Natural Language Processing, organisasi dapat menganalisis apa yang orang-orang pasang di media sosial untuk menemukan pola dan tren yang mengungkapkan makanan dan minuman paling populer musim ini. Ini memungkinkan merek, restoran, dan organisasi lain untuk mengetahui tentang resep terbaru yang populer, dan menyesuaikannya. Wawasan akan membantu organisasi menjadi lebih responsif terhadap permintaan konsumen.


3. Tingkatkan Profit Bisnis Retail

Data Science

Suatu bisnis dapat berkembang pesat dikarenakan inovasi, baik inovasi yang berasal dari produk atau berasal dari proses bisnis itu sendiri. Misalnya inovasi bisnis di bidang retail seperti mencari hubungan antar produk dari suatu transaksi penjualan. Yang memiliki tujuan untuk memposisikan produk yang memiliki kecenderungan akan dibeli secara bersamaan, memberi rekomendasi produk terhadap konsumen, menyusun rak display produk, serta menyusun halaman produk di platform e-commerce. 


Dengan begitu penjualan dapat meningkat, dan barang yang tidak laku jika di letakkan dengan tepat akan lebih menarik dan memiliki peluang untuk dibeli  atau sering disebut dengan istilah "Market Basket Analysis". Dengan menggunakan Market Basket Analysis kamu dapat mencari rekomendasi paket produk - berdasarkan pola unik dari data transaksi pelanggan - yang dapat meningkatkan penjualan.


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


4. Memprediksi Trend Pasar

Mengumpulkan dan menganalisis data dengan skala yang lebih besar dapat memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi tren pasar yang akan muncul di masa depan. Misalnya mendeteksi data pembelian, selebritas, dan influencer dan permintaan mesin pencari dapat mengungkapkan produk apa yang sering diminati orang-orang. Jadi, kamu tetap bisa melihat perilaku target pasar secara mutakhir sehingga, kamu dapat membuat keputusan bisnis yang memungkinkan kamu untuk maju. 


Algoritma data science akan memeriksa dan mengeksplorasi data-data tersebut, setelah itu mereka akan melakukan rekomendasi dan menentukan tindakan tertentu yang akan membantu meningkatkan kinerja divisi, melibatkan pelanggan dengan lebih baik, yang pada akhirnya akan meningkatkan profit perusahaan dan akan membantu dalam menentukan tujuan bisnismu.


Data ScienceData Science

Sahabat DQ ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 

Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :