PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 2 Menit 57 Detik 

4 Alasan Mengapa Data Science Menjadi Skill Penting Tahun 2022

Belajar Data Science di Rumah 06-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ef24e57302e343d52d83a284da0163c5_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan salah satu ilmu yang berhubungan dengan data. Ilmu ini mulai marak diperbincangkan serta meningkat kebutuhan akan orang yang bisa menguasainya setelah perkembangan teknologi digital yang semakin pesat. Perkembangan teknologi ternyata seperti memiliki dua mata pisau. Di satu sisi, perkembangan teknologi ini menjadi hal bisa meringankan beberapa pekerjaan manusia, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.


Namun sayangnya, perkembangan teknologi ini juga membuat turunnya kebutuhan akan beberapa posisi pekerjaan atau bahkan tidak dibutuhkan lagi. Misalnya saja, yang dulunya pekerjaan Customer Service harus diisi oleh manusia, sekarang sudah bisa dibantu oleh robot. Sehingga kebanyakan perusahaan tentu saja akan memilih robot yang bisa bekerja non stop dan lebih efisien dibandingkan manusia. Hal ini tentu membuat kita harus terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar tidak kalah dengan hal tersebut.


Menguasai ilmu Data Science bisa kamu jadikan sebagai salah satu cara untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Ini adalah 4 alasan mengapa Data Science menjadi hal yang sangat penting di tahun ini. Simak pembahasannya di artikel berikut ini!


1. Kompetensi Wajib di Zaman Digital

Data Science

Perkembangan teknologi digital akan menghasilkan banyak sekali data dengan bentuk yang bermacam-macam. Banyak perusahaan yang mulai menyadari betapa pentingnya data untuk membuat keputusan. Dari data yang ada, kita bisa menemukan insight yang menarik dan bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat keputusan. Secara umum, data bisa dikelompokkan menjadi 3 kelompok besar, yaitu data terstruktur, data semi terstruktur, serta data yang tidak terstruktur. 


Selama ini, kita mungkin hanya bertemu dengan data yang terstruktur yang berbentuk tabular saja. Sayangnya, untuk data semi terstruktur dan data yang tidak terstruktur sama sekali tidak bisa diperlakukan dengan cara yang sama seperti memperlakukan data terstruktur. Data Science menjadi jawaban untuk permasalahan tersebut. Algoritma-algoritma yang tersedia di dalam nya bisa kita manfaatkan untuk mengolah data semi terstruktur dan data tidak terstruktur.


Baca juga: 4 Penerapan Data Science di Dunia Telekomunikasi


2. Dibutuhkan untuk Menempati Posisi Praktisi Data

Data Science

Praktisi data seperti Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, dan lainnya merupakan profesi yang banyak peminatnya. Bagaimana tidak, profesi ini menjadi profesi yang menawarkan gaji yang cukup tinggi serta prospek yang cukup cerah di masa depan. Bahkan posisi Data Scientist disebut sebagai posisi terseksi abad ini. Tentu tidak semua orang bisa menempati posisi tersebut, karena kualifikasi yang diberikan cukuplah sulit untuk ditembus. Agar bisa bekerja sebagai praktisi data, maka kamu harus menguasai Ilmu Data science terlebih dahulu.


3. Dibutuhkan Hampir Semua Sektor

Data Science

Ilmu Data Science merupakan ilmu yang cukup fleksibel karena bisa ditempatkan hampir di semua bidang, mulai dari e-commerce, perbankan, telekomunikasi, olahraga, dan masih banyak lagi. Tidak heran jika kebutuhan akan orang yang ahli di ilmu Data Science menjadi sangat dibutuhkan. Hal ini terbukti dengan banyaknya lowongan yang terbuka untuk berbagai posisi praktisi data. 


Berdasarkan data dari Tech in Asia Jobs, di akhir Desember 2018 terdapat 209 lowongan di bidang data science yang terdapat di Indonesia saja. Sementara di situs Kalibrr, di akhir 2018 lowongan dengan kata kunci data science ada sebanyak 1535 lowongan sementara dengan kata kunci data analyst terdapat 2471 lowongan yang ada di Indonesia dan Singapura.


4. Merupakan Bentuk Adaptasi dengan Perkembangan Teknologi

Data Science

Menguasai ilmu Data Science bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Menguasai ilmu Data Science tidak semata-mata dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang baru saja. Namun begitu kamu menguasai ilmu Data Science, maka hal ini akan turut mengasah kemampuanmu dalam problem solving. Tidak hanya itu, kita juga akan langsung berinisiatif untuk menganalisis data untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan.


Baca juga: 4 Penerapan Data Science di Dunia Telekomunikasi


Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab. Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis œIntroduction to Data Science with Python atau œIntroduction to Data Science with R. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2022.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :