SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 15 Menit 23 Detik

4 Alasan Pentingnya Kenapa Harus Miliki Skill Python

Belajar Data Science di Rumah 27-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-01-2024-05-28-193715_x_Thumbnail800.jpg

Python telah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan serbaguna di dunia. Seiring perkembangan teknologi, khususnya di bidang digital, membuat manusia harus beradaptasi kembali agar bisa bertahan dan tidak tergerus zaman. Kita bisa melihat sendiri, saat ini ada banyak pekerjaan manusia yang bisa digantikan oleh mesin, biasanya berupa pekerjaan yang tidak membutuhkan skill tinggi. Tentu saja perusahaan akan lebih memilih penggunaan mesin yang jauh lebih efektif.


Kemampuan dalam menggunakan Python merupakan salah satu skill yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi era ini. Banyak profesional di berbagai bidang teknologi menggunakannya untuk menyelesaikan berbagai tugas dan project. Sehingga dengan menguasai Python, kita telah mengantongi salah satu senjata untuk bisa mempersiapkan karir sebagai praktisi data. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa alasan utama mengapa mempelajari Python sangat penting dalam persiapan karir kita. Yuk, simak pembahasannya!


1. Fleksibilitas dan Kegunaan yang Luas

Python

Python cukup terkenal dengan fleksibilitas dan kemampuannya yang luas sehingga bisa digunakan di berbagai industri. Beberapa contoh bidang yang sangat memanfaatkan keberadaan Python seperti:

  • Web Development: Framework seperti Django dan Flask memungkinkan pengembangan aplikasi web menjadi lebih cepat dan efisien.

  • Data Science dan Data Analytic: Library seperti Pandas, NumPy, serta Matplotlib akan memudahkan analisis dan visualisasi data. 

  • Machine Learning dan Artificial Intelligence: Framework seperti TensorFlow dan Scikit-learn yang dimiliki Python bisa memfasilitasi pembuatan model Machine Learning.

  • Automasi: Python dapat digunakan untuk mengotomatisasi tugas-tugas berulang dengan skrip yang dapat meningkatkan produktivitas.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Dukungan Komunitas yang Kuat dan Sumber Daya Belajar

Python

Alasan lain mengapa bahasa pemrograman ini bisa digunakan untuk mempersiapkan karir adalah karena Python memiliki komunitas yang besar dan aktif, sehingga dapat menyediakan banyak sumber daya belajar dan dukungan. Manfaat ini mencakup:

  • Forum dan Grup Diskusi: Situs seperti Stack Overflow dan Reddit memiliki komunitas besar di mana kita dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban dari pengguna yang telah berpengalaman menghadapi case yang sama.

  • Tutorial dan Dokumentasi: Dokumentasi resmi Python dan berbagai tutorial online dapat memudahkan pemula untuk mulai belajar.

  • Project Open Source: Ada banyak project open source yang ditulis dalam Python, sehingga bisa memberikan peluang untuk berkontribusi dan belajar dari kode yang ada.

Dengan dukungan komunitas yang kuat, mempelajari Python menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selain itu, kita juga dapat terus mengembangkan keterampilan yang dimiliki dengan bantuan komunitas global.


3. Permintaan Pasar yang Tinggi

Python

Banyak perusahaan teknologi besar seperti Google, Facebook, Amazon, dan Microsoft menggunakan Python dalam produk dan layanan mereka. Hal ini kemudian menciptakan permintaan pasar yang tinggi untuk profesional yang menguasai Python. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa permintaan untuk orang yang bisa menguasai Python menjadi lebih tinggi, yaitu:

  • Efisiensi dan Produktivitas: Python memungkinkan pengembangan yang cepat dengan menggunakan kode yang mudah dipahami.

  • Versatility: Kemampuan Python dapat digunakan dalam berbagai aplikasi sehingga membuatnya menjadi sangat berharga bagi banyak perusahaan.

  • Integrasi yang Mudah: Python juga dapat dengan mudah diintegrasikan dengan berbagai teknologi dan bahasa pemrograman lain.

Permintaan pasar yang tinggi menunjukkan bahwa skill Python sangat dicari, sehingga dapat meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang kompetitif.


4. Karir yang Stabil dan Berkembang

Python

Dengan menguasai bahasa Python, kita dapat memilih berbagai jalur karir yang stabil dan terus berkembang. Adapun posisi pekerjaan yang umumnya membutuhkan skill Python meliputi:

  • Software Developer: Mereka bertugas untuk engembangkan aplikasi dan software dengan menggunakan Python.

  • Data Scientist: Posisi ini akan menganalisis data dan membangun model prediktif dengan memanfaatkan berbagai library Python.

  • Machine Learning Engineer: Profesi ini akan menggunakan Python untuk mengembangkan dan menerapkan algoritma Machine Learning.

  • Web Developer: Mereka akan memanfaatkan Python untuk membuat aplikasi web yang dinamis dan scalable.

Selain itu, memiliki skill Python juga memungkinkan kita untuk beradaptasi dengan tren teknologi baru sehingga tetap relevan di pasar kerja yang selalu berubah.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Mempelajari Python adalah investasi yang sangat berharga untuk masa depan karir kita. Dengan menguasai bahasa Python, maka kita bisa membuka pintu untuk berbagai peluang dan mengatur diri untuk sukses dalam karir teknologi yang dinamis dan terus berkembang.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login