FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 50 Menit 45 Detik 

4 Alasan Python Penting untuk Karir Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 25-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e07f3e409dfd460ba3be572198cab2c8_x_Thumbnail800.jpeg

Python semakin populer namanya dan semakin diminati oleh semua kalangan untuk dipelajari. Bahkan pemula yang tidak memiliki background IT pun mulai belajar baik dengan kursus atau otodidak agar dapat memiliki kompetensi di bahasa pemrograman Python. Ini sangat wajar karena adanya perubahan teknologi yang semakin pesat, tentunya membawa dampak pada karir yang berorientasi pada digitalisasi. Apakah kalian juga memiliki ketertarikan untuk mempelajari Python?


Jika kalian memiliki kemampuan menggunakan Python, sudah pasti jenjang karir kalian akan cemerlang. Karena banyak jenis pekerjaan yang bisa kalian lakukan dengan kemampuan tersebut. Diantaranya web developer, data analyst, data engineer, data scientist, cyber security, dan masih banyak lagi. Masih ragu belajar Python? Yuk kenali alasan berikut untuk meyakinkanmu belajar Python mulai sekarang! 


1. Python Cocok Untuk Pemula

Python

Python tergolong bahasa pemrograman tingkat tinggi. Maksudnya, sintaks Python didesain semirip mungkin dengan bahasa manusia. Sehingga, proses belajar Python pemula jadi lebih mudah, cepat, dan menyenangkan. Di samping itu, bahasa pemrograman Python memakai paradigma pemrograman berorientasi objek (object oriented programming). Artinya, perintah pada coding Python tersusun dari objek-objek kecil. Nah, objek tadi memiliki karakteristik atau atributnya tersendiri. Selain itu sebagai salah satu bahasa terpopuler, Python punya komunitas yang luas dan suportif. Mereka bisa menjadi sarana diskusi atau solusi ketika kalian kesulitan belajar Python. Dari beragam alasan di atas, tentu tidak heran jika Python sangat cocok digunakan oleh pemula. Sintaks mudah dipahami dan adanya komunitas membantu proses belajar lebih cepat.


Alasan lainnya karena Python dapat digunakan secara gratis. Semua library, modul, maupun tools untuk menjalankan Python dapat dimanfaatkan tanpa perlu membayar sepeserpun. Selain itu, bahasa pemrograman Python juga open source. Artinya, kalian bebas menggunakan Python, baik untuk tujuan pribadi maupun komersial, tanpa harus membayar royalti ke pengembang Python. Bagi kalian yang pemula dan minim sumber belajar tentu aplikasi bersifat gratis membantu kalian, bukan?


Baca juga : Tips Coding Python Sederhana untuk Pemula


2. Python Bersifat Multiplatform dan Multifungsi

Python

Python adalah bahasa pemrograman multiplatform. Maksudnya, kalian bisa leluasa menulis coding Python, lalu menjalankannya di berbagai sistem operasi populer. Sebut saja Windows, Linux, ataupun MacOS. Kalian bisa segera mulai belajar Python, tanpa perlu mengganti atau membeli perangkat baru yang kompatibel dengan Python. Selain multiplatform, bahasa pemrograman Python juga multifungsi. Nah, berikut beberapa fungsi Python yang sudah diketahui:

  • Aplikasi desktop, mobile, dan web. 

  • Data science. Fungsi Python selanjutnya adalah mengolah hal-hal berkaitan dengan data (Data Science). Dengan Python, kalian bisa mengekstraksi, membersihkan, bahkan memvisualisasikan data dengan mudah.

  • Data analysis. Python memungkinkan kalian menganalisis data yang sudah diekstrak menjadi informasi yang lebih berguna.

  • Machine learning. Fungsi Python sendiri sangat cocok untuk Machine Learning. Alasannya, perintah Python cenderung pendek dan mudah ditulis. Sehingga, programmer bisa lebih fokus pada alur pemecahan masalah yang diterapkan di sistem tersebut

  • Artificial intelligence. Beberapa contoh implementasi AI dengan bahasa pemrograman Python antara lain teknologi Face Unlock dan Object Recognition.

  • Robotics. Fungsi Python yang terakhir adalah untuk membangun teknologi robotika. Saat ini, sudah banyak robot yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman Python. Salah satunya adalah Trash Collector.


3. Dibutuhkan Oleh Semua Sektor Perusahaan

Python

Seperti yang diketahui, perkembangan teknologi berdampak pada perubahan cara perusahaan mengambil keputusan. Terutama dengan adanya perkembangan tersebut, seluruh hal berkaitan dengan data. Ini menjadikan semua sektor perlu merekrut orang yang mampu bekerja di bidang data. Nah, data analyst, data engineer, data scientist bekerja dengan Python sebagai salah satu tools menganalisis data. Inilah mengapa banyak sektor perusahaan yang membutuhkan praktisi data yang kompeten menggunakan Python.


Ada banyak sekali aplikasi yang dibuat menggunakan Python. Angkanya juga akan terus bertambah mengingat sampai kini Python masih menjadi favorit. Dalam dunia web development, frameworks terkenal seperti Flask, Pyramid, dan Django dibuat dengan andil peran Python. Sementara di industri gaming, Python juga cukup dikenal. 


Game seperti Vega Strike, Battlefield 2, Eve Online, dan Flappy Bird yang dibuat menggunakan Python. Selain itu, aplikasi sejuta umat seperti Spotify, Pinterest, dan Uber juga menggunakan Python. Ketiga perusahaan ini mengandalkan Python untuk mengirimkan push notifications, menyusun algoritma untuk rekomendasi konten, dan juga framework website. Aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Reddit juga tidak ketinggalan menggunakan Python.


Baca juga : Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


4. Menjanjikan Jenjang Karir yang Cemerlang

Python

Bagi kalian yang memiliki kemampuan coding menggunakan Python, tak perlu khawatir dengan jenjang karir. Hal ini karena Python sangat bermanfaat untuk berbagai aspek bisnis terutama di bidang teknologi. Berikut sejumlah karir menjanjikan yang membutuhkan kemampuan bahasa pemrograman Python.

  • Python developer. Salah satu tanggung jawab utama dari profesi yang satu ini adalah menjaga program dan aplikasi yang sudah dimiliki oleh perusahaan. Selain itu memprogram ulang database yang sudah ada untuk meningkatkan kapasitas data dan fungsionalitasnya.

  • Data engineer. Bertugas membangun sistem atau infrastruktur yang berkaitan dengan volume data dalam jumlah besar. Infrastruktur ini bisa berupa database, pipeline, data warehouse, maupun sistem lainnya yang dirancang untuk memproses data berskala besar.

  • Data scientist. Bertugas menganalisis, mengatur, dan menafsirkan data. Data scientist bekerja mengolah data yang didapat dari data engineer. Kemudian, mencari adanya peluang baru yang bisa diwujudkan dari data tersebut.

  • Data analyst. Bekerja menafsirkan data menjadi informasi yang berguna. Data yang sudah dianalisis akan digunakan oleh perusahaan untuk menunjang perkembangan produk yang sedang dibuat.

  • Web developer. Bekerja untuk merancang, membuat, dan memelihara situs web dan aplikasi web. Jadi bisa diartikan pengembang web adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website.

Setelah mengetahui bahwa Python ramah bagi pemula, merupakan bahasa pemrograman yang general sehingga dapat digunakan di kebutuhan apa saja, dan sintaksnya sederhana, tentu kalian semakin tertarik untuk mempelajarinya. Apalagi bagi kalian yang menginginkan karir yang cemerlang di tengah perkembangan teknologi yang pesat ini. DQLab adalah jawaban terbaik untuk kalian memulai mempelajari Python. 


Saat ini, DQLab memberikan fasilitas Live Class yang membantu kalian untuk memahami penggunaan Python secara menyeluruh. Salah satunya adalah Bootcamp Data Analyst with Python & R. Pada kelas ini, kalian akan belajar skill Data Analyst secara intensif lewat materi fundamental Python & SQL untuk mengolah dan menganalisa data. Kalian bisa mengakses rekaman dan materi selamanya dengan satu kali daftar, loh!


Python


Tunggu apalagi, yuk segera Sign Up dan daftarkan diri kalian untuk mempersiapkan karir yang cemerlang bersama DQLab!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya  


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :