SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 15 Jam 18 Menit 45 Detik

4 Alur Materi Bootcamp Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 22-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-03-2024-05-23-220600_x_Thumbnail800.jpg

Skill data analyst sangatlah penting agar mampu bersaing di era digital seperti saat ini. Skill data ini banyak sekali dicari dan dilirik oleh perusahaan, karena perkembangan dan pertumbuhan data yang semakin meningkat. Sehingga membuat perusahaan harus memiliki seseorang yang mampu mengolah data tersebut.


Untuk menjadi seorang data analyst dibutuhkan persiapan yang matang karena dasar kemampuannya harus kuat. Diantaranya seperti kemampuan berpikir kritis, komunikasi, dan juga bisa untuk berkolaborasi dengan tim yang lain. Tidak hanya itu, hard skill juga harus dimiliki oleh seorang data analyst. Hard skill ini meliputi penggunaan bahasa pemrograman seperti R, Python, dan juga SQL, serta penggunaan aplikasi Excel.


Bootcamp adalah salah satu cara untuk membantu para pemula yang ingin menjadi seorang data analyst profesional. Bootcamp data analyst adalah program yang dirancang khusus untuk mengajarkan materi dan dasar-dasar analisis data, serta menggali lebih dalam mengenai subjek tertentu seperti metode pengumpulan data atau model studi tertentu. Namun, seberapa penting bootcamp ini dan juga benefit apa saja yang akan di dapat disana? DQLab sudah merangkumnya pada artikel di bawah ini, jadi tunggu apalagi mari kita simak bersama-sama!


1. Pengenalan Konsep Data dari Dasar

Untuk kalian yang masih asing dengan konsep data, kalian tidak perlu khawatirkan hal tersebut karena di dalam bootcamp ini kalian akan mendapatkan bekal yaitu konsep dasar dari data, mulai dari level dasar sampai dengan tingkat mahir. Bootcamp data analyst ini sudah dibuat khusus untuk bisa memberikan bimbingan penuh kepada para pesertanya yang masih awam dalam konsep data.


Para mentor dan juga materi yang diajarkan sudah dirancang dengan cermat untuk memastikan bahwa materi tersebut bisa diakses oleh para pesertanya. Materi yang diajarkan dari pemahaman dasar konsep data ini adalah memberikan wawasan mendalam tentang elemen yang penting dalam analisis data, seperti pengumpulan, pengolahan, dan juga interpretasi data. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Belajar Menjadi Lebih Fleksibel dengan Kelas Online

Kelas online adalah salah satu metode pembelajaran yang cocok bagi kamu yang memiliki keterbatasan waktu. Dengan mengikuti kelas online, kamu dapat menyisihkan sebagian waktu untuk mempelajari keterampilan sebagai Data Analyst. Dalam kelas online nanti, kamu akan mempelajari berbagai hal baru yang disusun per bab. Pembelajaran dimulai dari materi dasar dan diakhiri dengan studi kasus yang bertujuan untuk menguji kemampuan peserta berdasarkan keterampilan tertentu.

Data Analyst


3. Membuat Proyek Berbasis Industri

Selama pembelajaran bootcamp, peserta akan mendapatkan salinan proyek yang berdasarkan kasus nyata dari industri. Ini bukan sekadar materi tambahan, melainkan peluang berharga yang bisa dimanfaatkan peserta untuk membangun portofolio sebagai data analyst. Proyek-proyek ini dibuat berdasarkan tantangan dan situasi nyata yang sering ditemukan dalam industri, memungkinkan peserta untuk langsung menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari selama bootcamp.

Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Mendapatkan Sertifikat Penyelesaian

Selain kalian akan mendapatkan ilmu, pada akhir bootcamp kalian akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda jika kalian sudah menyelesaikan semua kelasnya dan juga menyelesaikan semua proyek yang diberikan. Kalian juga akan mendapatkan akses materi dan recording yang dapat diakses selamanya dan juga group diskusi bersama mentor selama periode program tersebut sehingga kalian bisa bertanya kapan pun dan dimanapun ketika kalian mengalami kesulitan dalam belajar. 


Belajar menjadi seorang data analyst adalah langkah yang cerdas dan strategis di era digital ini. Profesi ini tidak hanya menawarkan peluang karir yang luas, tetapi juga peran yang krusial dalam pengambilan keputusan bisnis. Sebagai data analyst, Anda akan memiliki kemampuan untuk mengolah data menjadi informasi yang berharga, yang dapat mengarahkan perusahaan ke arah kesuksesan.


Selain itu, belajar analisis data membuka pintu bagi Anda untuk mengembangkan kemampuan teknis seperti penggunaan SQL, Python, dan alat visualisasi data seperti Tableau dan Power BI. Ini adalah keterampilan yang tidak hanya meningkatkan daya saing Anda di pasar kerja, tetapi juga memberikan kepuasan profesional karena Anda dapat melihat langsung dampak dari pekerjaan Anda. Jadi, jangan ragu untuk memulai perjalanan Anda menjadi data analyst.


Investasikan waktu dan usaha Anda untuk belajar, baik melalui kursus online, pelatihan, maupun sertifikasi. Masa depan cerah menanti Anda dengan keterampilan yang kuat di bidang analisis data. Mulailah sekarang, dan jadilah bagian dari revolusi data! Cukup sign up di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData.


Dapatkan sertifikat dan hadiah menarik setelah menyelesaikan modulnya, serta akses semua modul premium dengan berlangganan di DQLab.id atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login