SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 35 Menit 25 Detik

4 Aplikasi Utama dari Python, Wajib untuk Dikuasai!

Belajar Data Science di Rumah 27-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-01-2024-05-28-212014_x_Thumbnail800.jpg

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling serbaguna dan populer di dunia. Perkembangan teknologi digital membuat data menjadi sangat banyak jumlahnya dan terus bertambah sangat cepat, sesingkat kedipan mata. Perusahaan kemudian memanfaatkan hal ini untuk menjadikan data sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Selain berbagai algoritma canggih, bahasa pemrograman juga sangat dibutuhkan untuk mempermudah proses analisis pada big data. 


Python menjadi salah satu bahasa pilihan yang digunakan untuk memproses big data. Menariknya, bahasa ini dapat digunakan dalam berbagai bidang karena sintaksnya yang sederhana, tingginya fleksibilitas yang dimiliki, serta dukungan komunitas yang besar. Dalam artikel ini kita akan membahas apa saja contoh pengaplikasian bahasa pemrograman Python untuk menunjukkan bagaimana fleksibelnya bahasa ini. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pengembangan Web

Python

Pict by UltaHost


Python sangat populer dalam pengembangan web karena memiliki framework yang kuat dan mudah digunakan seperti Django dan Flask. Framework ini menyediakan berbagai tools dan library sehingga bisa memudahkan pengembangan aplikasi web yang kompleks dan scalable.

  • Django. Django adalah framework web tingkat tinggi yang mendorong pengembangan cepat serta memiliki desain yang clean. Dengan Django, kita bisa mengembangkan aplikasi web lengkap dengan cepat karena Django menyediakan banyak fitur built-in seperti ORM, autentikasi pengguna, serta admin interface.

  • Flask. Flask adalah framework micro yang memberikan fleksibilitas lebih besar untuk mengatur dan mengembangkan aplikasi web dari awal. Flask cocok untuk proyek-proyek yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Data Science dan Analisis Data

Python

Python adalah bahasa utama dalam ilmu Data Science dan Data Analytic. Berbagai library Python menyediakan tools yang kuat untuk manipulasi data, analisis statistik, dan visualisasi data. Berikut adalah beberapa library yang umum digunakan:

  • Pandas. Pandas adalah library yang sangat populer untuk manipulasi dan analisis data. Library ini berguna untuk membaca, mengolah, dan menganalisis data dengan mudah.

  • NumPy. NumPy memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengakses array dan matriks besar lengkap dengan berbagai fungsi matematika tingkat tinggi untuk operasi pada array ini.

  • Matplotlib dan Seaborn. Library ini digunakan untuk membuat visualisasi data. Matplotlib menyediakan kontrol penuh atas grafik, sementara Seaborn dibangun di atas Matplotlib, dimana library ini bisa membuat pembuatan grafik statistik menjadi lebih mudah.


3. Machine Learning dan Artificial Intelligence

Python

Python juga banyak digunakan dalam bidang pembelajaran mesin (Machine Learning) dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Beberapa library yang paling populer dalam bidang ini adalah Scikit-learn, TensorFlow, dan Keras.

  • Scikit-learn. Scikit-learn adalah library untuk Machine Learning yang menyediakan berbagai algoritma untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti klasifikasi, regresi, clustering, dan reduksi dimensi.

  • TensorFlow dan Keras. TensorFlow adalah library yang bersifat open-source dan dikembangkan oleh Google untuk Machine Learning dan Neural Networks. Sementara Keras adalah API tingkat tinggi yang berjalan di atas TensorFlow serta berguna untuk membuat pembangunan dan pelatihan model Neural Networks menjadi  lebih mudah.


4. Automasi dan Skrip

Python

Python adalah bahasa yang ideal untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang berulang dan menulis skrip kecil untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Dengan library seperti os, shutil, dan subprocess, pengguna dapat membuat skrip untuk mengotomatisasi berbagai tugas sistem.

  • Automasi file dan direktori: Kita dapat menggunakan Python untuk memindahkan, mengganti nama, atau menghapus file dan direktori secara otomatis.

  • Web scraping: Dengan memanfaatkan library seperti BeautifulSoup dan Scrapy, kita bisa mengotomatisasi pengumpulan data dari web.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Python adalah bahasa pemrograman yang serbaguna dengan aplikasi yang luas dalam berbagai bidang. Bahasa ini menawarkan tools dan library yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan berbagai tugas dan proyek. Dengan fleksibilitas dan kemudahan penggunaannya, Python terus menjadi pilihan utama bagi banyak profesional di berbagai industri.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login