Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Aspek Python Penting dalam Persiapan Karir

Belajar Data Science di Rumah 26-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cfbcf06dc31bb2abc4df34449d515562_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan di industri. Tidak hanya digunakan di bidang Data Science saja, namun Python juga dimanfaatkan dalam bidang lainnya, misalnya saja di bidang keuangan untuk menganalisis pasar saham, bidang game development yang menggunakan Python untuk menambahkan fitur AI ke dalam game, bidang software engineering yang membutuhkan Python membuat script dan otomatisasi, atau di bidang geologi yang menggunakan Python untuk plotting struktur geologi.


Penjabaran di atas merupakan bukti bahwa Python merupakan bahasa pemrograman yang sifatnya fleksibel dan bisa mengerjakan banyak pekerjaan. Sehingga tidak heran, jika orang yang bergelut dengan data akan menganggap Python sebagai salah satu persiapan untuk mendapatkan karir yang lebih cemerlang. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa alasan mengapa Python memegang peranan penting dalam menyiapkan karir, khususnya untuk praktisi data. Yuk, simak pembahasannya!


1. Banyaknya Library yang Dimiliki

Python

Python memiliki ekosistem yang luas dan kuat dalam hal library dan tools tambahan yang berhubungan dengan data science dan analisis data. Salah satu hal yang membuat Python bisa fleksibel mengerjakan banyak pekerjaan adalah karena beragamnya library yang dimiliki. Beberapa library yang cukup populer digunakan di berbagai kalangan seperti NumPy, Pandas, Matplotlib, dan scikit-learn memberikan fungsionalitas yang kaya untuk memanipulasi data, analisis statistik, visualisasi, dan machine learning.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Analisis Data & Visualisasi yang Menarik

Python

Python memiliki kemampuan yang kuat dalam analisis data. Tentu saja dengan memanfaatkan library seperti Pandas, kita bisa dengan mudah mengimpor, membersihkan, dan menganalisis data dalam berbagai format, seperti CSV, Excel, SQL, dan lainnya. Tidak hanya proses analisis data, visualisasi data juga memegang peranan penting dalam proses pengambilan keputusan. Python menyediakan library yang memungkinkan kita untuk membuat visualisasi yang menarik dan informatif dari data yang ada, misalnya seperti Matplotlib, Seaborn, dan Plotly.


3. Machine Learning & Artificial Intelligence

Python

Machine Learning adalah salah satu bagian dari Artificial Intelligence. Kedua teknologi ini menjadi teknologi yang banyak digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, karena mesin dapat mengambil keputusan dengan mengikuti cara pikir manusia. Python memiliki dukungan yang kuat untuk Machine Learning dan Artificial Intelligence. Ini dibuktikan dengan banyaknya library yang menyediakan algoritma dan framework yang powerfull untuk mengembangkan model pembelajaran mesin yang kompleks. Misalnya seperti library scikit-learn, TensorFlow, dan PyTorch, dan lainnya.


4. Kemampuan Integrasi dengan Teknologi Lain 

Python

Pekerjaan seorang praktisi data akan membutuhkan lebih dari satu teknologi. Menariknya, Python dapat dengan mudah diintegrasikan dengan teknologi dan alat lain yang umum digunakan dalam pekerjaan yang berhubungan dengan data seperti basis data, Hadoop, Spark, dan cloud computing platforms. Ini memungkinkan kita untuk bekerja dengan berbagai sumber data dan memanfaatkan kekuatan komputasi yang besar.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab. Ada banyak sekali pembahasan yang dituang dalam berbagai modul dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Tidak hanya itu, begitu Sahabat DQ berlangganan modul premium, maka kalian juga bisa menikmati modul pembelajaran dengan menggunakan bahasa pemrograman lainnya, seperti R dan SQL.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.

 

Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman https://dqlab.id/live-class untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login