PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 40 Menit 13 Detik 

4 Basic Penting Belajar Data Science untuk menjadi Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 07-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cc25779b04688ab40f28aa5b0d0b21b8_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menerjemahkan data agar dapat dikelola dan dijadikan laporan untuk kebutuhan bisnis. Biasanya Data Analyst menganalisis dan menentukan cara yang tepat untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dengan ilmu data science. Contohnya seperti œApakah promosi dengan model X cocok dengan konsumen setia? atau œApakah promosi dengan model Y dapat mencangkup lebih banyak konsumen baru? 


Selain keterampilan Business Intelligence, dalam menganalisis data dibutuhkan pemikiran yang kritis, kemampuan memecahkan masalah, ilmu matematika dan pengetahuan tools yang digunakan. Menjadi Data Analyst diperlukan orang yang konsisten dan mau terus mengembangkan diri untuk belajar data science. Data science adalah ilmu mengolah dan menganalisis data dengan menggabungkan kemampuan programming, statistika, dan pemahaman bisnis. Setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi Data Analyst, meski tidak memiliki background IT, karena sekarang data science dapat dipelajari dari mana saja. 



Kesempatan menarik untuk kamu yang mau belajar data science untuk jadi Data Analyst. Berikut ada 4 tips dasar yang bisa kamu pelajari!


1. Basic Data Science : Microsoft Excel 

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki Data Analyst adalah Excel. Dalam bentuk yang sederhana, Excel dapat membantu dalam perhitungan Big Data dengan menyimpan data di setiap cell dalam spreadsheet. Lalu, spreadsheet akan mengolah data mentah yang diterjemahkan ke format yang mudah dibaca dan mengekstraknya untuk tahap lanjut. Dengan menggunakan Excel kamu bisa melakukan data cleansing, data manipulation, dan data clustering. Kemampuan yang perlu dipelajari untuk menjadi Data Analyst adalah pivot, LOOKUP, dan filtering.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Bahasa Pemograman Data Science

Seorang Data Analyst harus memahami SQL yang akan membantu kamu menangani Big Data yang tidak bisa di olah Excel. SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk mengakses dan mengolah data yang tersedia. SQL ini menjadi salah satu kemampuan yang banyak dicari di dunia industri. Kelebihannya bagi pemula adalah mudah dipahami karena mirip dengan kalimat bahasa inggris. Aplikasi yang populer adalah MySQL, Oracle Database, dan PostgreSQL. 

Selain itu, ada bahasa pemograman R dan Python yang populer dikalangan praktisi data. Keduanya berfungsi untuk mengolah dan menganalisis data statistik. Sahabat Data bisa mulai mempelajari semua bahasa pemograman melalui youtube dan kursus data science.


3. Matematika dan Statistika

Ilmu matematika dan statistika dibutuhkan untuk menjadi Data Analyst, karena keduanya dapat membantu Sahabat Data dalam mempresentasikan hasil analisis dengan tepat. Bisa dimulai dengan belajar aljabar linear, probabilitas dan statistik, serta dasar pengoptimalan. Selain itu, kamu juga perlu keterampilan dalam mengolah angka ke dalam grafik, tabel, dan elemen grafis lainnya.


4. Visualisasi Data dan Story Telling

Dalam belajar data science, Data Analyst wajib memiliki kemampuan menampilkan dan menceritakan visualisasi data. Visualisasi data adalah teknik yang digunakan untuk mengkomunikasikan data informasi melalui bentuk grafis. User akan mudah mengerti bila data yang disajikan menarik secara visual, menampilkan informasi yang akurat, dan scalable atau dapat diakses dan dimodifikasi. Sahabat Data dapat memvisualisasikan data dalam bentuk chart, graph, atau summary table.  


Selain visualisasi data, keterampilan story telling terhadap data juga penting. Sahabat data perlu menjelaskan pola dari data yang kamu visualkan. Misalnya, apabila Sahabat data ingin menunjukkan korelasi anatar 2 variabel maka kamu bisa menceritakan data menggunakan line chart. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Menjadi Data Analyst dengan Belajar Data Science Bersama DQLab!

Yuk mulai belajar data science untuk barkarir menjadi Data Analyst! DQLab.id akan membantumu belajar dari basic dengan module GRATIS œIntroduction to Data Science. Cocok nih buat pemula yang mau kenalan sama Data Science, cara aksesnya seperti ini :


  1. Klik signup di DQLab.id/signup

  2. Lalu, klik Learn - All Modules untuk mengakeses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya dan dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab.id

  4. Selamat mengerjakan Sahabat Data DQLab!


Penulis : Lathifa Lisa

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :