PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 29 Menit 25 Detik 

4 Benefit Microsoft Excel Dalam Menganalisis Data

Belajar Data Science di Rumah 22-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a64ef9e5cc5533288edc4cda475ca396_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel adalah tools pengolah data yang digunakan untuk manajemen data, termasuk untuk membersihkan data, menambahkan variabel baru berdasarkan variabel yang telah ada, hingga melakukan analisis sederhana. Microsoft Excel merupakan software berbentuk spreadsheet yang dibuat serta didistribusikan oleh Microsoft Corporation agar dapat digunakan untuk sistem operasi Windows dan juga Mac OS. Menariknya, Excel telah berhasil menjadi software spreadsheet yang populer dan diakui sejak pada tahun 1998. 


Microsoft Excel, saking populernya hampir seluruh persyaratan pekerjaan, apalagi dibidang data mewajibkan pelamar kerja mengetahui penggunaan excel. Banyak rutinitas pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan cukup menggunakan excel saja. Untuk itu, mempelajari excel menjadi tuntutan bagi siapa saja. Jika dieksplor lebih jauh, ternyata Excel tidak kalah powerfull dibandingkan tools pengolahan data lainnya.


Jika sedang mencari tahu tentang Microsoft Excel, kamu berada di artikel yang tepat. Karena artikel ini akan mengenalkan kamu tentang kelebihan Microsoft Excel. Untuk itu, simak artikel ini hingga selesai ya.


1. Tampilan Sederhana Ramah Pemula

Excel


Sebagai bentuk kemudahan dalam pengoprasian, Microsoft Excel dibuat dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami. Memang dalam kurun waktu tertentu Microsoft selalu mengeluarkan versi terbaru. Setiap versi Microsoft Excel muncul dengan tampilan yang berbeda. Namun mulai dari Excel 2007 hingga versi saat ini, tampilannya masih tidak jauh berbeda. 


Setidaknya tampilan Microsoft Excel terdiri dari beberapa bagian berikut:

  • Name box, bagian Microsoft Excel yang terletak di sebelah kiri atas di bawah ribbon yang memberi informasi tentang sel yang sedang aktif. Fungsi name box pada microsoft excel adalah untuk menunjukkan posisi sel yang aktif sehingga pengguna dapat mengetahui posisi baris dan kolom sel tersebut.

  • Formula bar, adalah bagian MS Excel yang berada di sebelah Name Box yang berfungsi untuk memasukkan, mengedit dan menampilkan isi dari sel yang aktif. Isi yang dimaksud dapat berupa berbagai hal mulai dari teks, angka dan juga rumus atau fungsi.

  • Worksheet area, sebenarnya sama dengan MS Word, Worksheet adalah lembar kerja tempat kita memasukkan konten di dalam aplikasi MS Excel. Hal yang membedakan adalah pada Microsoft Excel wordsheet berupa tabel.


2. Memiliki Rumus & Formula yang Sangat Beragam

Excel

Photo by Antoine Dautry on Unsplash


Rumus Excel adalah persamaan matematika yang umumnya melibatkan fungsi excel, operator excel, konstanta dan atau referensi sel atau range. Rumus tersebut diperuntukkan guna menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan mendapatkan hasil yang diharapkan pada aplikasi microsoft excel. Bisa dibilang rumus-rumus ini hal identik dari microsoft Excel. Rumus-rumus yang tersedia, bisa dibagi menjadi beberapa bagian, seperti:


  • Rumus Aritmatika, rumus ini terdiri penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lain sebagianya

  • Rumus Statistik, rumus statistik yang dimaksud seperti mencari nilai tertinggi, menghitung nilai rata-rata, menghitung banyak data, menentukan peringkat atau rangking data dan sebagainya

  • Rumus Lookup, membahas tentang rumus-rumus lookup atau rumus mencari dan menemukan data pada microsoft excel. Rumus-rumus excel ini wajib anda kuasai sebab hal-hal yang tersebut akan sering kamu temukan dalam pekerjaan sehari-hari



Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


3. Dapat Digunakan membuat Grafik Visualisasi Data

Excel

Photo by Morgan Housel on Unsplash


Grafik atau bagan merupakan salah satu bentuk penyajian dari data-data tabel, seperti laporan keuangan, statistik pengunjung, dan lain-lain. Excel memiliki beberapa jenis grafik yang berbeda, memungkinkan Anda untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan data Anda.  Berikut beberapa jenis grafik yang sering dibuat menggunakan microsoft Excel:


  • Grafik lingkaran, biasanya digunakan untuk menampilkan data sebagai persentase. Batasan grafik ini dalam penyajian data biasanya hanya disajikan dalam bentuk tabel satu arah.

  • Grafik Garis, diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data berupa informasi tren atau perkembangan dari waktu ke waktu.

  • Grafik Radar, bagan ini dapat digunakan untuk melihat distribusi data, dan biasanya disebut bagan laba-laba. Terkadang bergantung pada penyebaran data atau yang disebut peta lapisan luar, yang sangat cocok untuk digunakan. Penerapan grafik ini biasanya digunakan untuk melihat perkembangan kinerja atau kualitas manusia, seperti kinerja karyawan, pemain sepak bola dan lain-lain.


4. Sebagai Wadah Penyimpanan Data

Excel

Photo by Lars Kienle on Unsplash


Pernahkah kamu bertanya-tanya berapa jumlah data yang bisa ditampung oleh satu sheet microsoft excel. Pertanyaan ini sebenarnya sangat mudah untuk dijawab. Kamu bisa buka microsoft excel, lalu tekan ctrl + arah kiri untuk melihat batas kolom dan ctrl + arah bawah untuk melihat jumlah baris. 


Yap, microsoft excel mampu menyimpan 1.048.576 baris kali 16.384 kolom data. Belum lagi ditambah dengan jumlah sheet yang bisa kita manfaatkan. Oleh karena itu, untuk pengolahan sederhana data yang jumlah kecil, kadang excel lebih praktis dibanding tools seperti R atau Python.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Tertarik meningkatkan skill excel? Tidak perlu ragu lagi untuk belajar Microsoft Excel bersama DQLab. Terdapat banyak modul yang siap meningkatkan kapasitas mu dalam penggunaan Microsoft Excel. Beberapa modul yang tersedia:

  • Modul Excel Dasar

  • Modul Excel: Data Cleaning


Jika kamu masih ragu, atau mau trial terlebih dahulu, DQLab memfasilitasi modul Microsoft Excel yang bisa diakses secara gratis loh. Penasaran? Yuk cari jawabannya dengan Sign up di DQLab.id, sekarang!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :