[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 54 Menit 13 Detik 

4 Bocoran Materi Kursus Data Science di Tahun 2022

Belajar Data Science di Rumah 20-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/07d88308da60144b6251b32e0a9f4b43_x_Thumbnail800.jpg

Kursus Data Science merupakan salah satu cara yang paling banyak pilih untuk mempelajari data science tanpa mengenyam bangku pendidikan formal. Hal ini karena kursus data science dirasa lebih dinamis dan fleksibel. Sebagian besar kursus data science, khususnya kursus online menyediakan waktu belajar 24 jam sehingga kita bisa menyesuaikan waktu luang kita untuk mengakses materi pada kursus data science. Selain itu, pada kursus data science kita tidak hanya belajar materi dengan membaca modul saja, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai latihan dan challenge sehingga di akhir pembelajaran kita bisa langsung mengaplikasikan materi yang baru saja dipelajari. Dengan begitu, pemahaman kita mengenai materi tersebut akan lebih dalam.

Saat ini kursus data science sudah sangat menjamur. Mereka menawarkan berbagai program belajar menarik dengan fasilitas beragam. Bahkan beberapa kursus data science menyediakan program belajar gratis untuk pemula sebagai pengenalan sebelum terjun ke dunia data science. Setiap kursus data science memiliki silabus masing-masing sesuai fokus dan tujuan dari program belajar. Namun, secara umum ada silabus data science yang pasti ada dalam setiap kursus data science. Materi yang ada pada silabus ini merupakan materi dasar yang harus dikuasai jika kita ingin berkarir di bidang data science. Penasaran apa saja materi tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Big Data

Big data merupakan subject yang tidak akan lepas dari data science. Kursus data science akan lebih berfokus untuk mengenalkan metode dan strategi analisis big data sehingga kita bisa mentransformasi data yang tidak terstruktur menjadi data yang terorganisir dan siap dianalisis. Sebagian besar big data merupakan data tidak terstruktur yang dikumpulkan dalam bentuk gambar, video, review, tweet, dan data-data lain yang tidak bisa dikelola menggunakan tabel atau spreadsheet. Beberapa kursus data science akan mengenalkan beberapa metode untuk analisis big data, mulai dari metode sederhana hingga metode yang sangat kompleks. Namun, ada juga kursus yang hanya mengenalkan dasar-dasar dari big data. Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih kursus, kamu harus pastikan apa saja yang akan kamu pelajari nantinya ya!


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Machine Learning

Machine learning terdiri dari model matematika dan algoritma yang diaplikasikan pada bahasa pemrograman agar dapat mempelajari, memproses, dan beradaptasi dengan berbagai data. Machine learning dapat diaplikasikan di berbagai sektor industri. Beberapa algoritma machine learning yang banyak diajarkan di kursus data science adalah algoritma analisis prediktif, time series, clustering, dan klasifikasi. Secara umum algoritma machine learning dibagi menjadi dua, yaitu algoritma supervised dan unsupervised learning. Kedua jenis algoritma ini akan dipelajari hampir di semua kursus data science.


3. Business Intelligence

Selain mempelajari teori data science, kita juga perlu mengaplikasikan teori tersebut untuk memecahkan suatu permasalahan di industri. Untuk itu, kita perlu memiliki sense of business karena sebagian besar data science digunakan pada dunia bisnis. Business intelligence lebih berfokus pada bagaimana cara mendapatkan insights dari kumpulan data untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis. Dalam silabus ini, kita tidak hanya menggunakan bahasa pemrograman, tetapi juga menggunakan tools visualisasi data untuk merepresentasikan hasil analisis dalam bentuk grafik atau diagram.


4. Tools Data Science

Tools data science merupakan alat yang digunakan sebagai media untuk menjalankan algoritma data science. Ada berbagai tools data science yang akan kita pelajari di kursus, misalnya R, Python, SQL, dan beberapa tools visualisasi data seperti Tableau dan PowerBI. Setiap kursus menyediakan tools yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih tools mana yang ingin kamu pelajari sesuai minat dan tujuan karirmu.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Data Science Asik Bersama DQLab

Apakah semua poin di atas bisa kita dapatkan di satu kursus data science saja? Jawabannya adalah ya! Di DQLab kita bisa mempelajari silabus-silabus di atas dengan berbagai modul, tools, dan challenge menarik. Tugas dan challenge yang digunakan merupakan ilustrasi dari suatu masalah yang terjadi di dunia industri sehingga kita bisa mengasah sense of business kita agar lebih jeli melihat suatu permasalahan. Yuk bergabung dengan DQLab! Klik button di bawah ini untuk mengakses modul gratis ‘Introduce to Data Science’ dan nikmati sensasi belajar menyenangkan dan anti ribet karena tidak perlu menginstall software tambahan. Selamat mencoba!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita 

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!