BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 4 Menit 19 Detik 

4 Cara Belajar Data Science Gratis yang Harus Kamu Coba!

Belajar Data Science di Rumah 13-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d7082569659a3d5d146fd8957d8178a2_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan ilmu yang berupa irisan dari beberapa ilmu lainnya, yaitu statistika/matematika, informatika, serta domain bisnis. Menguasai Data Science sama hal nya dengan kamu memutuskan untuk menguasai ketiga ilmu tersebut, setidaknya secara garis besarnya saja. Perkembangan Data Science di Indonesia terbilang cukup pesat, ini terbukti dari banyaknya kegiatan yang berhubungan dengan Data Science yang diadakan oleh lembaga kursus atau pemerintah sendiri.


Mempersiapkan sumber daya manusia yang benar-benar berkualitas memang harus dilakukan mengingat kebutuhan akan praktisi data yang bisa menguasai ilmu Data Science terus bertambah. Banyak orang yang berasal dari lulusan Statistika, Informatika, serta background pendidikan lainnya yang berhubungan dengan Data Science namun tidak berhasil memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan. Untuk memenuhi kualifikasi tersebut, kita memang harus terus mengupgrade diri, salah satunya dengan terus mempelajari Data Science. Nah, ternyata ada beberapa cara belajar Data Science yang gratis, loh. Simak informasinya, yuk! 


1. Mencari Beasiswa

data science

Beasiswa merupakan bantuan pembelajaran sehingga biaya yang dikeluarkan bisa lebih sedikit atau bahkan gratis. Mengingat mahalnya biaya yang dibutuhkan untuk belajar Data Science dari basic hingga advance, beasiswa mungkin bisa kamu manfaatkan untuk meringankan biaya. Ada banyak beasiswa untuk belajar Data Science yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari beasiswa yang diberikan oleh pemerintah hingga beasiswa yang berasal dari perusahaan swasta. Saat ini, DQLab yang bekerjasama dengan Kominfo juga sedang mengadakan program beasiswa untuk kamu yang tertarik belajar Data Science, yaitu œDigital Talent Scholarship Profesional Academy. Ada 3 program yang ditawarkan, yaitu Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, ketiganya masing-masing hanya tersedia untuk 1000 slot yang memenuhi kualifikasi.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Kursus Online Gratis

data science

Cara lain yang bisa kamu manfaatkan adalah dengan mencari tempat kursus online yang tersedia secara gratis. Tidak jarang beberapa lembaga kursus Data Science memberikan penawaran seperti belajar gratis dalam rentang waktu tertentu, memberikan modul gratis, dan cara lainnya. Salah satu tempat kursus Data Science yang memberikan kesempatan untuk belajar gratis adalah DQLab. DQLab memberikan kesempatan bagi kamu yang ingin belajar Data Science namun tidak ingin mengeluarkan uang lebih, dengan cara mengakses free modul yang telah disediakan. Untuk Excel berjudul œFree Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi, untuk bahasa pemrograman R dengan judul œIntroduction to Data Science with R, dan untuk Python dengan judul œIntroduction to Data Science with Python.


3. Belajar Otodidak Melalui Internet

data science

Selain mencari kursus gratis, kamu juga bisa memanfaatkan teknologi digital yang berkembang secara pesat. Saat ini, belajar bisa dilakukan melalui media apa saja, termasuk melalui video Youtube, podcast, artikel, dll. Hal ini bisa kamu memanfaatkan teknologi tersebut untuk mempermudah proses belajar Data Science secara otodidak. Memang, proses belajar yang tanpa mentor sama sekali akan terasa lebih liar karena tidak ada kurikulum yang mengikat, sehingga proses belajar otodidak bisa disarankan untuk kamu yang setidaknya sudah memiliki basic akan Data Science.


4. Ikuti Internship Jika Memungkinkan

Data Science

Cara yang paling ampuh untuk belajar hal baru adalah dengan terjun langsung menghadapi masalah tersebut. Begitupun untuk proses pembelajaran Data Science, kamu bisa memanfaatkan internship untuk bisa langsung terjun dengan studi kasus yang real terjadi di lapangan. Biasanya, studi kasus yang didapatkan saat proses pembelajaran terutama pembelajaran formal di pendidikan tinggi akan sangat berbeda dengan kondisi real nya. Saat ini, beberapa perusahaan memang aktif memberikan kesempatan bagi para mahasiswa yang tertarik untuk menjadi intern di bidang data dengan catatan telah memenuhi kualifikasi yang ada. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Tertarik untuk Belajar Data Gratis? Yuk, Daftar DTS PROA!

Nah, gimana? Setelah membaca penjelasan mengenai benefit yang akan kamu terima jika mengikuti program DTS PROA dari DQLab x Kominfo, apakah kamu akan tetap melewatkan kesempatan ini? Kuota yang tersedia cukup terbatas loh! Masing-masing program hanya tersedia untuk 1000 slot saja.

Agar tidak kelewatan, catat tanggalnya, yuk! kamu bisa mendaftarkan diri sampai tanggal 27 Februari 2022, dan proses Onboarding akan dimulai pada 9 Maret 2022. Yuk daftar sekarang! 

Penulis : Gifa Delyani Nursyafiri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :