2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 17 Menit 39 Detik

4 Cara Coding Python Gampang & Sederhana

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-01-2024-05-08-205848_x_Thumbnail800.jpg

Dalam era dimana teknologi mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia, Python telah muncul sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling diminati. Dari software developer yang berpengalaman hingga pemula yang baru memasuki dunia pemrograman, popularitas Python terus meningkat berkat kelebihannya yang unik. Python, dengan kemudahan dan kesederhanaannya, telah ‘menggoda’ para software developer dari berbagai tingkat keahlian. 


Dari pengembangan web hingga kecerdasan buatan, Python telah menemukan tempatnya di berbagai proyek teknologi. Dengan sintaksis yang bersahabat dan beragamnya pustaka yang tersedia, Python membantu para developer dan scientist untuk mengimplementasikan ide-ide kreatif mereka dengan efektif dan efisien. Bagi pemula yang baru memasuki dunia pemrograman, memulai perjalanan dengan Python bisa menjadi pengalaman yang mengesankan dan memuaskan. 


Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk ‘berkenalan’ dengan Python. Pada artikel kali ini, DQLab akan menjelaskan empat cara sederhana untuk mulai coding Python.


1. Memahami Dasar-dasar Python

Python

Sebelum memulai coding Python, penting untuk memahami dasar-dasarnya. Ini termasuk:

  • Variabel dan tipe data: Belajar cara mendefinisikan variabel dan tipe data seperti integer, float, string, dan boolean.

  • Struktur kontrol: Memahami konsep pernyataan kondisional (if-elif-else) dan pengulangan (for dan while).

  • Fungsi: Mengetahui cara mendefinisikan dan menggunakan fungsi untuk mengelompokkan kode yang berulang.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menggunakan IDE (Integrated Development Environment) yang Bersahabat

Pilih IDE yang nyaman seperti PyCharm, Visual Studio Code, atau Jupyter Notebook menyediakan lingkungan yang ramah pengguna untuk menulis dan menjalankan kode Python. Software ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti penyorotan sintaks, penyusunan ulang kode, dan debugging yang membantu mempercepat proses pengembangan.

Python



3. Menerapkan Proyek Sederhana

Cara terbaik untuk belajar adalah dengan mencoba dan menerapkan apa yang telah kita pelajari. Mulailah dengan proyek-proyek sederhana seperti:

  • Kalkulator sederhana: Buat program Python yang dapat melakukan operasi aritmatika dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

  • Konversi suhu: Tulislah program yang mengkonversi suhu dari Celcius ke Fahrenheit atau sebaliknya.

  • Pencatat Catatan: Buat aplikasi sederhana yang memungkinkan pengguna untuk menambah, menghapus, dan melihat catatan.


4. Belajar dari Sumber Online

Ada banyak sumber daya online yang tersedia secara gratis untuk belajar Python. Situs web seperti Codecademy, FreeCodeCamp, dan DQLab menawarkan kursus interaktif yang memandu kita melalui langkah-langkah pembelajaran Python dari dasar hingga lanjutan. Selain itu, forum-forum seperti Stack Overflow dan subreddit juga merupakan tempat yang bagus untuk mendapatkan bantuan dan dukungan dari komunitas Python.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Mempelajari Python secara sederhana tidaklah sulit. Dengan memahami dasar-dasar, menggunakan IDE yang sesuai, menerapkan proyek-proyek sederhana, dan memanfaatkan sumber daya online, kita dapat dengan cepat menjadi terampil dalam pemrograman Python. Kemudahan dalam memahami konsep dasar pemrograman, bersama dengan dukungan komunitas yang luas, membuat belajar Python menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selamat belajar!


Yuk pelajari basic Python bersama DQLab dan mulai perjalanan kamu untuk menjadi scientist profesional! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login