Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Cara Join Table pada First Row Menggunakan SQL

Belajar Data Science di Rumah 04-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-06-2024-04-06-201027_x_Thumbnail800.jpg

Dalam SQL, operasi JOIN table adalah operasi yang terbilang umum digunakan dalam pengolahan data terutama ketika kita memiliki beberapa tabel yang berhubungan dan kita ingin menggabungkan informasi dari tabel-tabel tersebut. Operasi JOIN SQL memungkinkan kita untuk menggabungkan data dari dua atau lebih tabel berdasarkan kriteria tertentu, seperti kunci primer atau kunci asing. Dengan menggunakan JOIN, kita dapat membuat koneksi antara data yang tersebar di berbagai tabel, sehingga memungkinkan kita untuk melakukan analisis yang lebih mendalam dan kompleks terhadap data tersebut.


Namun dalam situasi tertentu, terutama saat melakukan analisis atau pengolahan data yang memerlukan hanya informasi dari baris pertama atau "first row" dari tabel yang di-join, menggunakan pendekatan ini bisa menjadi solusi yang efisien. Misalnya, saat kita ingin melihat struktur atau contoh data dari hasil join tersebut, atau mungkin saat kita ingin memeriksa kualitas data yang mungkin terletak pada baris pertama.


Dengan cara ini, kita dapat menghindari mengambil seluruh hasil join yang mungkin memakan waktu dan sumber daya komputasi yang tidak perlu. Pada artikel kali ini, DQLab akan menjelaskan 4 cara melakukan JOIN Table yang berfokus pada first row menggunakan SQL. Penasaran kan seperti apa langkah-langkahnya? Simak penjelasannya yuk sahabat DQLab!


1. Menggunakan Subquery dengan LIMIT

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan baris pertama dari hasil join adalah dengan menggunakan subquery bersama dengan perintah LIMIT. Berikut adalah contohnya:


SQL


Perintah di atas akan menghasilkan join antara table1 dan table2, dan kemudian hanya mengambil baris pertama dari hasil join tersebut.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menggunakan Subquery dengan ROW_NUMBER()

Kita juga bisa menggunakan fungsi ROW_NUMBER() untuk memberi nomor urut pada setiap baris dan kemudian memilih hanya baris dengan nomor urut pertama. Berikut adalah contohnya:


SQL


Dalam contoh ini, kita memberi nomor urut pada setiap baris berdasarkan kolom id, dan kemudian memilih baris dengan nomor urut pertama.


3. Menggunakan CROSS JOIN dengan Subquery

Cara lain untuk mendapatkan baris pertama adalah dengan melakukan CROSS JOIN antara tabel yang ingin di-join dan subquery yang mengembalikan hanya baris pertama dari tabel kedua. Berikut adalah contohnya:


SQL


Dalam contoh ini, subquery hanya mengembalikan baris pertama dari table2, dan kemudian dilakukan CROSS JOIN dengan table1.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Menggunakan Common Table Expressions (CTE) dengan ROW_NUMBER()

Terakhir, kita juga bisa menggunakan Common Table Expressions (CTE) bersama dengan ROW_NUMBER() untuk mendapatkan baris pertama dari hasil join. Berikut adalah contohnya:


SQL


Dalam contoh ini, kita menggunakan CTE untuk memberi nomor urut pada setiap baris hasil join, dan kemudian memilih baris dengan nomor urut pertama.


Dengan menggunakan salah satu dari empat cara di atas, kita dapat dengan mudah mendapatkan data dari baris pertama dari hasil join antara dua tabel menggunakan SQL. Pilihan cara tergantung pada preferensi dan kebutuhan spesifik dari proyek yang sedang dijalankan. Belajar konsep fundamental SQL menarik  DQLab.


Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login