Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Cara Lindungi Databasemu dengan SQL Injection

Belajar Data Science di Rumah 29-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-06-2024-04-29-164716_x_Thumbnail800.jpg

Kejahatan di dunia maya belakangan ini semakin meningkat sejalan dengan adanya hacker Bjorka yang sempat menggemparkan jagad media sosial. SQL Injection adalah salah satu jenis ancaman kejahatan dalam dunia digital atau sering kita sebut dengan istilah cybercrime. Tak dapat dipungkiri, fenomena cybercrime kini semakin marak seiring dengan perkembangan teknologi.


SQL Injection adalah bentuk serangan terhadap keamanan sebuah aplikasi web yang sering ditemui. Serangan ini sudah masuk ke peringkat ketiga dengan serangan paling besar. Penyerangan ini mencakup jenis pencurian data dan juga manipulasi database, termasuk email, password, data pribadi, sampai-sampai bisa mencuri aset finansial dari para user.


Banyaknya layanan bisnis yang mulai bermunculan berupa toko online berbasis web membuat keamanan menjadi ancaman yang perlu diwaspadai. Bayangkan jika database yang dibobol adalah database dari aplikasi finansial yang kita gunakan. Sangat berbahaya bukan?


Apa sebenarnya SQL Injection itu? Apakah Sahabat DQ bisa mencegahnya melihat betapa berbahayanya hal ini? Nah, pada artikel ini akan dibahas lebih detail SQL Injection. Sekaligus juga akan diberikan tips untuk mencegahnya

 

1. SQL Injection

SQL injection adalah serangan keamanan pada aplikasi web yang memanfaatkan celah keamanan dalam inputan yang diterima oleh database SQL. Pada dasarnya, SQL injection terjadi ketika seorang penyerang menyisipkan kode SQL berbahaya atau manipulatif ke dalam inputan yang dimaksudkan untuk dieksekusi oleh database.


Dalam situasi normal, aplikasi web menerima input dari pengguna, seperti formulir atau parameter URL, dan menggunakan input tersebut untuk membangun dan mengeksekusi pernyataan SQL. Namun, jika aplikasi tidak memvalidasi atau memfilter input dengan benar, penyerang dapat menyisipkan kode SQL tambahan yang tidak diinginkan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python 


2. Kenapa Kita Harus Hati-Hati dengan SQL Injection?

SQL

Kita harus hati-hati dengan SQL injection karena serangan ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi keamanan aplikasi web dan data yang disimpan dalam database. Berikut adalah alasan mengapa kita perlu waspada terhadap SQL injection:

  • Pengambilalihan Data Sensitif

    Melalui serangan SQL injection, penyerang dapat mengakses dan mencuri data sensitif dari database, seperti informasi pengguna, detail kartu kredit, kata sandi yang tidak dihash, atau data bisnis rahasia. Hal ini dapat mengakibatkan pelanggaran privasi yang serius dan kerugian finansial.

  • Modifikasi atau Penghapusan Data

    Penyerang dapat menggunakan SQL injection untuk memodifikasi atau menghapus data dalam database. Ini dapat mengganggu integritas data dan mengakibatkan kerugian bagi bisnis, seperti kehilangan informasi pelanggan, perubahan data transaksi, atau penghancuran data yang penting.


 3. Mencegah SQL Injection

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah serangan SQL injection:

  • Parameterized Queries/Prepared Statements

    Gunakan parameterized queries atau prepared statements dalam pernyataan SQL. Ini memungkinkan pemisahan antara kode SQL dan data pengguna, sehingga menghindari penyisipan kode SQL berbahaya. Parameterized queries mengikat nilai input pengguna ke dalam pernyataan SQL menggunakan placeholder, sementara prepared statements mengirimkan pernyataan SQL terlebih dahulu dan kemudian mengikat nilai input pengguna.

    Kedua pendekatan ini melindungi terhadap serangan SQL injection dengan secara otomatis melarang interpretasi input sebagai bagian dari pernyataan SQL.

  • Validasi Input

    Lakukan validasi input dengan cermat untuk memastikan hanya nilai yang valid dan diharapkan yang diterima. Periksa tipe data, panjang, dan karakter yang diperbolehkan untuk setiap input pengguna. Validasi ini akan membantu memastikan bahwa input pengguna tidak berisi karakter khusus atau kode SQL yang tidak diinginkan.


4. Jenis Serangan SQL Injection

SQL

Berikut adalah beberapa jenis serangan SQL injection yang umum:

  • Union-based SQL Injection

    Serangan ini melibatkan penggunaan pernyataan UNION SQL untuk menggabungkan hasil dari dua atau lebih pernyataan SQL menjadi satu hasil. Penyerang menggunakan UNION untuk memasukkan hasil dari pernyataan SQL tambahan yang tidak diinginkan ke dalam hasil permintaan asli.

  • Error-based SQL Injection

    Serangan ini memanfaatkan kesalahan atau pesan error yang dihasilkan oleh sistem basis data untuk mendapatkan informasi sensitif. Penyerang mengirim input yang dirancang untuk memicu kesalahan dan mendapatkan detail struktur tabel, nama kolom, atau informasi sensitif lainnya dari pesan error yang ditampilkan.

  • Blind SQL Injection

    Pada serangan ini, penyerang tidak menerima respons langsung dari database, tetapi menggunakan kondisi logika untuk menguji dan mendapatkan informasi dari database. Penyerang menggunakan pernyataan IF atau WHERE untuk menguji kondisi tertentu dan mendapatkan respons berdasarkan hasil evaluasi kondisi tersebut.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Yuk persiapkan diri sebelum mengikuti pelatihan employee SQL bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python.


Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan DQLab.id untuk informasi lebih lengkapnya dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login