Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Cara Menuliskan Fungsi di Excel

Belajar Data Science di Rumah 14-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-08-2023-10-15-170715_x_Thumbnail800.jpg

Fungsi excel merupakan salah satu fitur powerful yang dimiliki oleh microsoft excel untuk mengidentifikasi hubungan antara nilai dalam cell spreadsheet, melakukan perhitungan matematis menggunakan nilai-nilai yang ada pada cell, dan menampilkan nilai yang dihasilkan dalam cell yang telah kita pilih.


Uniknya, fitur yang satu ini sangat beginner friendly, bahkan anak-anak sekolah dasar dapat dengan mudah menggunakannya terutama untuk fungsi dasar seperti penambahan, pengurangan, persentase, pembagian, rata-rata, perkalian, dan lain sebagainya. Selain itu, excel juga dapat mempercepat berbagai pekerjaan seperti untuk pelaporan dan analisis data.


Ada berbagai jenis fungsi excel yang bisa kita gunakan. Mulai dari fungsi dasar, fungsi statistika, fungsi keuangan, hingga fungsi-fungsi untuk mendukung analisis data. Semua fungsi ini terletak di menu tab ‘Formula’.


Excel terbilang tools yang cukup powerful, bahkan developernya memikirkan beberapa cara untuk menginput fungsi excel. Apa saja cara-cara tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Menuliskan Di Cell Secara Langsung

Cara paling mudah untuk menuliskan fungsi excel adalah dengan mengetikkan langsung pada cell. Penulisannya dimulai dengan mengetikkan tanda sama dengan dan diikuti dengan nama rumus excel.


Jika kita tidak hafal keseluruhan nama rumus, jangan khawatir! Excel cukup pintar kok! Kita perlu menuliskan beberapa huruf depan dan excel akan menampilkan semua rumus yang mengandung huruf-huruf tersebut.


Excel


Coba perhatikan gambar di atas, setelah kita menuliskan beberapa huruf, akan muncul list fungsi yang mengandung huruf-huruf yang kita tulis plus penjelasan dari rumus tersebut. Keren ya!


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Insert Formula pada Function Tab

Cara kedua untuk menuliskan fungsi excel adalah dengan menggunakan fitur insert formula. Apa bedanya? Dengan menggunakan fitur ini kita memiliki kontrol penuh terhadap fungsi yang kita insert.


Cara menggunakan fitur ini cukup mudah, kita tinggal pilih menu formula di menu bar, lalu pilih insert function pada menu bar. Setelah itu akan muncul list berbagai fungsi dan kamu bisa pilih fungsi yang kamu butuhkan. Simple, bukan?


Excel


3. Formula Tab

Jika diperhatikan, selain ada fitur insert function, di menu bar formulas juga ada fungsi-fungsi lain yang sudah dikelompokkan berdasarkan kategorinya. Fitur pengelompokan rumus ini digunakan untuk mempercepat pemilihan fungsi sesuai tujuan kita.


Setiap kelompok berisi beberapa fungsi, kamu bisa coba satu persatu untuk mengeksplor fungsi ini. Tapi, bagaimana jika fungsi yang kita cari tidak ada? Tenang, kita bisa klik fitur more function dan akan ada kotak dialog yang berisi semua fungsi.


Excel


4. Fitur AutoSum

Tahukah kamu jika fungsi operasi dasar matematika disimpan secara otomatis oleh excel? Yap! Fitur AutoSum merupakan fitur excel yang membantu kita untuk menemukan fungsi operasi dasar matematika, seperti menghitung total, rata-rata, nilai minimum dan maksimum, dan lain sebagainya. Fitur ini terletak di menu home dan lokasinya berada di sisi kanan.


Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Excel merupakan salah satu tools yang banyak digunakan untuk mengolah data. Salah satu alasannya adalah karena tools ini memiliki fitur yang yang lengkap dan powerful. Namun, karena banyaknya fitur-fitur yang ada pada excel, terkadang sulit untuk mempelajari semua rumus olah data secara otodidak. Yuk belajar berbagai rumus olah data yang banyak digunakan di dunia industri bersama DQLab! 


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikutiBootcamp Data Analyst with Excel berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login