PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

2 Hari 0 Jam 18 Menit 55 Detik

4 Cara Tutorial Jenis-Jenis SQL Group By

Belajar Data Science di Rumah 05-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-06-2024-03-07-195001_x_Thumbnail800.jpg

SQL Group By adalah salah satu fitur powerful dalam SQL yang digunakan untuk mengelompokkan baris data berdasarkan nilai tertentu dari satu atau lebih kolom. Ketika menggunakan Group By, baris-baris data yang memiliki nilai yang sama dalam kolom atau kolom-kolom yang ditentukan akan digabungkan menjadi satu grup. Cara ini digunakan untuk melihat ringkasan data yang dihasilkan berdasarkan kriteria tertentu.


Dengan menggunakan Group By, users SQL dapat mengelompokkan baris data berdasarkan nilai tertentu dari satu atau lebih kolom. Setelah itu, users dapat menerapkan fungsi agregat seperti SUM, COUNT, AVG, MIN, dan MAX ke setiap grup. Dengan demikian, users dapat membuat ringkasan data yang bermakna dan menganalisis trend atau pola dalam data mereka dengan lebih efektif.


Clause Group By dapat digunakan dengan berbagai cara dan dapat dikombinasikan dengan clause SQL yang lain. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai empat cara menggunakan Group By SQL. penasaran? Yuk kita simak bersama!


1. Mengelompokkan Berdasarkan Satu Kolom

Cara paling sederhana untuk menggunakan Group By adalah dengan mengelompokkan baris data berdasarkan nilai dari satu kolom tertentu. Misalnya, untuk menghitung jumlah pesanan yang ditempatkan oleh setiap pelanggan, kita bisa menggunakan script code SQL seperti gambar di bawah.

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Mengelompokkan Berdasarkan Beberapa Kolom

Clause Group By tidak hanya terbatas untuk satu kolom juga, namun juga bisa digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan kombinasi nilai dari beberapa kolom. Misalnya, untuk menghitung jumlah pesanan yang ditempatkan oleh setiap pelanggan pada tahun tertentu. Kita bisa menggunakan script code SQL seperti berikut.


SQL


3. Menggunakan Fungsi Agregat Lebih dari Satu

Selain COUNT, SQL Group By juga dapat digunakan dengan fungsi agregat lain seperti SUM, AVG, MIN, dan MAX. Misalnya, untuk menghitung total nilai pesanan yang ditempatkan oleh setiap pelanggan, kita bisa mengkombinasikan Group By dengan SUM seperti gambar di bawah.


SQL


4.  Menggunakan Kondisi dalam Group By

Selain tiga cara di atas, kita juga bisa menggunakan clause having  untuk menampilkan data tertentu. Having memiliki fungsi seperti where clause. Dengan menggabungkan clause ini, kita bisa membatasi hasil pengelompokan. Misalnya, untuk mengelompokkan pesanan yang ditempatkan oleh setiap pelanggan hanya jika jumlah pesanan lebih dari satu. Kita bisa menggunakan clause berikut ini.


SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


SQL Group By adalah tools powerful untuk menganalisis data dalam basis data relasional. Dengan menggunakan Group By, users dapat mengelompokkan data berdasarkan nilai tertentu dari satu atau lebih kolom, dan kemudian menerapkan fungsi agregat untuk melakukan perhitungan seperti jumlah, rata-rata, atau total. Dengan pemahaman yang baik tentang cara menggunakan Group By, users dapat menghasilkan laporan yang berguna dan insight yang berharga dari data mereka.


Selain Group By, ada ratusan clause yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kita dalam menampilkan data pada SQL. Yuk pelajari clause penting di dunia data science bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. 


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K

 

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login