Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Cara untuk Mengonversi String ke Integer di Python

Belajar Data Science di Rumah 21-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-01-2024-04-23-171020_x_Thumbnail800.jpg

Dalam pengembangan software atau pengolahan data dengan Python, seringkali kita dihadapkan pada kebutuhan untuk mengonversi data dari satu tipe ke tipe lain guna memproses informasi dengan lebih efisien. Salah satu konversi yang umum dilakukan adalah mengubah string menjadi bilangan bulat (integer). Proses ini menjadi krusial dalam pengolahan data karena memungkinkan developer dan scientist untuk melakukan operasi matematika, perbandingan, dan manipulasi data dengan lebih mudah dan akurat.


Python, dengan kemudahan sintaksisnya dan dukungan yang kuat terhadap operasi data, menyediakan cara yang intuitif untuk melakukan konversi tipe data ini. Dengan menggunakan fungsi-fungsi bawaan atau metode yang telah disediakan, users dapat dengan mudah mengubah string yang mewakili angka menjadi bilangan bulat, yang merupakan awal dari berbagai macam operasi yang lebih lanjut.


Ada banyak cara untuk mengubah tipe data ini. Pada artikel kali ini, DQLab akan menjelaskan empat cara mudah untuk melakukan konversi tersebut di Python.


1. Fungsi int() Bawaan Python

Cara termudah untuk mengkonversi string menjadi integer adalah dengan menggunakan fungsi bawaan Python int(). Contohnya:


Python



Fungsi int() akan mengkonversi string menjadi bilangan bulat. Namun, perlu diingat bahwa jika string tidak mewakili angka yang valid, maka akan menghasilkan ValueError.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Metode str.isdigit() dan int()

Jika kita ingin memastikan bahwa string hanya berisi digit sebelum mengkonversinya ke integer, kita dapat menggunakan metode str.isdigit() untuk memeriksa apakah string hanya berisi digit. Contohnya:


Python


Dengan cara ini, kita dapat memastikan bahwa konversi string ke integer hanya terjadi jika string hanya berisi digit.


3. Metode int() dengan Basis Bilangan

Fungsi int() juga dapat digunakan untuk mengonversi string yang mewakili bilangan dalam basis tertentu, seperti basis biner, oktal, atau heksadesimal. Contohnya:


Python



Dalam contoh ini, argumen kedua dari fungsi int() menentukan basis bilangan yang digunakan dalam string.


4. Pemrosesan Manual dengan Loop

Jika ingin lebih fleksibel dalam memproses setiap karakter string secara manual, kita dapat menggunakan loop untuk melakukan konversi. Contohnya:


Python




Dalam contoh ini, kami menggunakan fungsi ord() untuk mendapatkan nilai ASCII dari setiap karakter digit dan menggabungkannya menjadi bilangan bulat.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Dengan empat cara di atas, kita memiliki berbagai opsi untuk mengkonversi string menjadi bilangan bulat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi dalam pengembangan perangkat lunak menggunakan Python. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan situasi dan kebutuhan kita.


Selain konversi tipe data, ada berbagai hal yang bisa dilakukan dengan python. Yuk pelajari bermacam-macam project yang bisa dikerjakan dengan Python dengan modul dari DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login