3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 2 Menit 23 Detik

4 Contoh Coding Python Simpel untuk Beginner

Belajar Data Science di Rumah 06-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-01-2024-02-06-160328_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman merupakan salah satu alat penting yang harus dikuasai oleh para programmer. Ini adalah salah satu media yang digunakan oleh para developer untuk berkomunikasi dengan komputer dan menyampaikan instruksi-instruksi yang diperlukan agar komputer dapat menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Di industri yang mengadopsi coding, ada berbagai bahasa pemrograman yang populer baik berbayar maupun gratis, salah satunya adalah Python.


Python adalah bahasa pemrograman yang populer dan serbaguna yang digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari pengembangan web hingga analisis data. Salah satu keunggulan Python adalah sintaksisnya yang mudah dipahami. Karena sifatnya yang serba guna dan mudah digunakan, tools yang satu ini menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan, terutama untuk mereka yang masih pemula.


Di dunia IT dan data science, Python termasuk bahasa pemrograman yang akan banyak dimanfaatkan karena memiliki banyak fitur yang powerfull baik untuk pekerjaan basic maupun pekerjaan yang lebih kompleks.


Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas empat contoh coding Python sederhana untuk pemula yang bisa kamu adopsi untuk membangun project data kamu. Penasaran? Yuk simak artikelnya sampai selesai!


1. Menghitung Luas Lingkaran

Artificial Intelligence


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Python dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai project, tak terkecuali project di bidang matematika. Script code di atas adalah code yang digunakan untuk memasukkan jari-jari lingkaran dan kemudian menghitung luasnya menggunakan rumus πr^2.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Konversi Suhu


Artificial Intelligence


Di beberapa industri, suhu merupakan hal krusial dan harus dijaga nilainya. Dengan bantuan Python, kita bisa melakukan konversi suhu untuk melihat suhu suatu ruangan di beberapa satuan suhu yang berbeda. Contoh di atas adalah script code yang digunakan untuk mengkonversi suhu dari Celcius ke Fahrenheit dengan rumus sederhana.


3. Menentukan Bilangan Prima


Artificial Intelligence


Membedakan bilangan prima adalah hal mudah apabila jumlah angkanya tidak terlalu banyak. Namun, apabila kita memiliki 100.000 angka dan harus memfilter angka mana yang merupakan bilangan prima, maka hal ini akan cukup melelahkan. Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan python untuk memeriksa apakah suatu angka adalah bilangan prima atau tidak dengan script code di atas.


4. Menghitung Faktorial


Artificial Intelligence


Bagi orang-orang yang bekerja di bidang matematika, faktorial dari suatu angka bukanlah hal yang sulit untuk dihitung. Namun, bagi beberapa orang yang masih awam, script code di atas akan sangat berguna untuk menghitung faktorial dari suatu bilangan menggunakan rekursi.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Dengan contoh-contoh sederhana di atas, kamu dapat mulai memahami dasar-dasar pemrograman Python dan mengembangkan keterampilan yang kamu miliki secara bertahap. Semakin banyak latihan yang dilakukan, kamu akan semakin mahir menggunakan Python untuk menyelesaikan berbagai tugas pemrograman.


Yuk pelajari scirpt code python yang lain dengan modul pembelajaran DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :