TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

1 Hari 17 Jam 53 Menit 29 Detik

4 Contoh Coding Sederhana Python

Belajar Data Science di Rumah 14-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8b36c9884e6bae6736624c42a2a947a4_x_Thumbnail800.jpeg

Python adalah bahasa pemrograman yang bersifat high level programming language, dimana Python dapat dengan mudah untuk dipelajari dan diaplikasikan bahkan oleh orang awam sekalipun karena bahasa yang digunakan jauh lebih manusiawi dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Selain itu, Python juga bersifat general purpose, artinya Python bersifat fleksibel karena bisa mengerjakan banyak pekerjaan. Sehingga tidak heran jika yang menjadikan Python sebagai bahasa favorit berasal dari berbagai posisi, misalnya saja praktisi data, developer, dan masih banyak lagi.


Dalam Python, kita akan bertemu yang namanya coding yang berisikan instruksi yang ditulis sesuai dengan aturan yang berlaku. Pada dasarnya, coding ini digunakan untuk memberikan perintah kepada komputer agar bisa memproses apa yang kita butuhkan. Sebagai pemula, kita tidak perlu harus menguasai coding yang berat, karena pada dasarnya coding tersebut tidak dihafal melainkan dipahami. Sehingga akan lebih baik jika kita memulainya dari hal yang sederhana. Dalam artikel ini akan dibahas 4 contoh coding sederhana Python yang cocok untuk pemula, yuk simak pembahasannya!


1. Penggunaan Variabel

Penggunaan variabel adalah hal yang paling dasar dalam coding Python. Satu variabel bisa berisi banyak data. Tujuan dari penggunaannya adalah agar kita bisa mempersingkat proses pemanggilan coding, karena kita bisa menampilkan banyak data hanya dengan memanggil variabel. Berikut adalah contohnya:

Python

Kita bisa lihat, misalkan x adalah variabel yang menyimpan hasil penjumlahan 2 ditambah 3, sehingga begitu kita memanggil variabel x, akan langsung muncul hasil penjumlahannya. Kita bisa coba untuk melihat tipe dari variabel dengan cara berikut:

Python

Kita bisa lihat, bahwa tipe datanya adalah integer.


Baca juga : Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Operator Aritmatika

Operator aritmatika mungkin menjadi salah satu operator yang akan sering kita temui. Pada dasarnya kita sudah pernah menemui operator ini di dalam matematika. Fungsi dari penggunaan operator ini adalah untuk memproses operand untuk menghasilkan nilai tertentu. Berikut adalah contoh codingnya:

Python

Dari coding di atas, kita mendefinisikan angka 5 sebagai x dan angka 2 sebagai y. Beberapa contoh operator aritmatika yang dijalankan adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, serta modulus (melihat berapa sisa angka yang tidak habis terbagi).


3. Operator Logika

Operator logika merupakan operator yang digunakan untuk membandingkan dua nilai, yaitu nilai True jika logika nya benar dan nilai False jika logika nya salah. Berikut adalah contoh penggunaan operator “AND”:

Python

Dari coding ini, kita ingin melihat apakah nilai x kurang dari y dan y kurang dari z. Outputnya adalah True karena 5 yang merupakan x lebih kecil dari 10 yang merupakan y, dan 10 yang merupakan y lebih kecil dari 15 yang merupakan z. Selain penggunaan “AND”, kita juga bisa memanfaatkan operator lain seperti “OR”, dan “NOT”.


4.Conditional Statement

Conditional statement atau percabangan adalah sebuah statement yang digunakan untuk melihat apakah kondisi mana yang memenuhi kriteria yang sudah didefinisikan sebelumnya. Dalam conditional statement Python, kita akan bertemu dengan IF, IF…ELSE, dan IF…ELIF…ELSE. Nah, kita akan coba untuk coding yang paling sederhana dari conditional statement, yaitu yang menggunakan IF.

Python

Dari coding ini, kita hanya melihat apakah x kurang dari 10. Karena kebetulan x nya adalah 5, sehingga hasil “x is less than 10” bisa dimunculkan. Sementara jika nilai x nya adalah 10 atau lebih dari 10, maka coding ini tidak akan menghasilkan apapun karena kita tidak mendefinisikan nilai yang harus ditampilkan jika tidak memenuhi kriteria.


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab. Ada banyak sekali pembahasan yang dituang dalam berbagai modul dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Tidak hanya itu, begitu Sahabat DQ berlangganan modul premium, maka kalian juga bisa menikmati modul pembelajaran dengan menggunakan bahasa pemrograman lainnya, seperti R dan SQL.


Namun bagi kamu si pecinta gratisan, tenang saja. DQLab juga sudah menyediakan free modul yang bisa kamu jadikan dasar pembelajaran Python mu. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up di DQLab!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :