PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 45 Menit 13 Detik

4 Contoh Query Dasar SQL, Mudah & Sederhana

Belajar Data Science di Rumah 16-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-06-2024-06-16-145834_x_Thumbnail800.jpg

SQL yang merupakan singkatan dari Structured Query Language merupakan salah satu bahasa pemrograman yang umum digunakan dalam kalangan praktisi data. Penggunaan data dalam jumlah masif membuat data ini harus disimpan secara rapi dan dalam wadah tertentu. Hampir semua perusahaan yang memanfaatkan data dalam pengambilan keputusan akan menyimpannya dalam database, dimana setiap data akan dikelompokkan berdasarkan kebutuhannya di masing-masing tabel.


Query SQL adalah perintah yang digunakan oleh pengguna untuk memproses data, mulai dari menginputkan data yang dibutuhkan, menyeleksi data tertentu, hingga memanipulasi data agar bisa menjawab permasalahan yang ada. Query SQL menjadi hal wajib yang harus dikuasai agar bisa memproses data dengan baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa contoh query dasar SQL yang harus dipahami oleh pemula. Yuk, kita simak pembahasannya!


1. Seleksi Data (Dasar)

SQL

Seleksi data adalah dasar dari penggunaan SQL, dimana kita dapat memanggil data tertentu dari satu tabel atau lebih dengan menggunakan perintah SELECT. Berikut adalah contoh penggunaan SELECT yang sering digunakan:

- Memilih semua kolom dari tabel employees

SELECT * FROM employees;


Untuk memilih semua kolom dari tabel, maka kita cukup mengetikkan tanda bintang (*). Hasil dari query ini akan menampilkan semua baris dan kolom yang terdapat dalam tabel employee.

- Memilih kolom tertentu (name dan department) dari tabel employees

SELECT name, department FROM employees;

Dari query di atas, output yang akan ditampilkan adalah semua baris dari kolom name dan departemen yang ada di tabel employee.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Seleksi Data dengan Menggunakan WHERE

SQL

Perintah WHERE dalam statement SELECT akan berfungsi untuk memfilter data, sehingga yang ditampilkan hanya yang sesuai dengan kebutuhan.

- Memilih karyawan dengan department 'Marketing'

SELECT * FROM employees WHERE department = 'Marketing';


Query ini akan menampilkan semua kolom yang ada di tabel, sementara untuk baris yang ditampilkan hanyalah baris yang department nya berupa Marketing.

- Memilih karyawan dengan gaji lebih dari 50,000

SELECT * FROM employees WHERE salary > 50000;

WHERE tidak hanya bisa digunakan untuk memfilter data yang berupa string, namun juga bisa digunakan untuk memfilter data numerik. Misalnya seperti query di atas, dimana hasil yang akan ditampilkan adalah semua kolom yang ada di tabel employee, sementara untuk baris nya hanya akan menampilkan baris dengan nilai salary kebih dari 50,000.


3. Manipulasi Data

SQL

Query dasar SQL lain yang harus dikuasai adalah query untuk manipulasi data yang akan melibatkan penambahan, pengubahan, dan penghapusan data dalam tabel. Berikut adalah beberapa contoh query dasar dalam hal manipulasi data:

- Menambahkan karyawan baru ke dalam tabel employees

INSERT INTO employees (name, department, salary) 
VALUES ('John Doe', 'Sales', 60000);

Dalam beberapa keadaan, terkadang kita butuh untuk menambahkan data ke dalam tabel yang telah ada datanya, misalnya seperti query di atas kita ingin menambahkan karyawan baru ke dalam table employees.

- Memperbarui gaji karyawan dengan employee_id 3

UPDATE employees
SET salary = 65000
WHERE employee_id = 3;

Selain menambahkan data, manipulasi data juga bisa dilakukan dengan mengubah data yang telah ada sebelumnya. Misalnya pada query di atas, kita ingin mengubah data salary untuk employee yang memiliki employee_id = 3.

- Menghapus karyawan dengan employee_id 4

DELETE FROM employees
WHERE employee_id = 4;

Di beberapa keadaan, terkadang kita juga butuh untuk menghilangkan data yang tidak dibutuhkan lagi di dalam tabel agar tabel menjadi lebih ringan dan efisien. Kita bisa menggunakan perintah DELETE untuk menghapus data tertentu.


4. Pengelompokan dan Agregasi Data

SQL

Pengelompokan dan agregasi digunakan untuk menganalisis data dengan cara mengelompokkan baris yang memiliki nilai yang sama dan melakukan perhitungan agregat pada setiap grup dengan memanfaatkan GROUP BY. Berikut adalah contoh query dasar yang sering digunakan dalam kategori ini:


- Menghitung jumlah karyawan di setiap departemen

SELECT department, COUNT(*) as employee_count
FROM employees
GROUP BY department;

Mengetahui jumlah karyawan di setiap department bisa membantu pemilik usaha untuk melihat department mana yang memiliki banyak karyawan dan yang mana yang kekurangan karyawan. Hal ini bisa berdampak pada tugas yang diberikan atau jika memang dibutuhkan maka bisa menambah orang baru sesuai kebutuhan. Dari query di atas, kita akan menghitung semua employee yang dikelompokkan berdasarkan department nya.


- Menghitung gaji tertinggi di setiap departemen

SELECT department, MAX(salary) as highest_salary
FROM employees
GROUP BY department;

Selanjutnya, kita bisa menghitung gaji tertinggi ataupun terendah dari setiap department untuk melihat gap antara yang tertinggi ataupun terendah. Hal ini juga bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan untuk menaikkan gaji karyawan atau belum perlu.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Tertarik belajar fitur SQL lebih dalam? Kamu bisa memulainya dengan belajar SQL di DQLab karena mereka menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Selain itu, Bootcamp Data Analyst with SQL and Python juga termasuk kelas yang direkomendasikan bagi pemula yang ingin melakukan pembelajaran data untuk menjadi seorang Data Analyst. Tentunya nanti kita akan dihadapkan dengan study case yang bisa menambah portfolio data.


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login