3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 33 Menit 3 Detik

4 Contoh Ragam Fungsi Excel

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-08-2023-11-30-171208_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel sudah dikenal oleh banyak orang sebagai tools yang memiliki rumus yang beragam dan bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Excel juga adalah salah satu aplikasi yang dikenal sebagai spreadsheet yang bisa membantu penggunanya untuk menghitung, menganalisis, dan juga memvisualisasikan data. Excel memiliki beragam jenis fitur yang bisa pengguna gunakan. 


Dengan adanya banyak fitur yang ada pada excel membuat kita menjadi lebih mudah dalam mengolah data yang jumlahnya cukup banyak dan juga proses analisis datanya menjadi lebih mudah. Proses analisis data ini penting karena dapat menghasilkan informasi yang berguna bagi perusahaan. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas rumus apa saja yang sering digunakan dalam excel ini untuk mempermudah pekerjaan kita.


Yuk kita simak pembahasannya!


1. Fungsi SUM

Fungsi pertama adalah SUM. SUM adalah formula yang digunakan untuk menghitung jumlah data pada beberapa cell atau range yang kalian pilih. Formula dari fungsi SUM ini adalah =SUM(cell range). Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat contoh di bawah ini:

Excel


Dengan menggunakan rumus SUM ini kalian bisa mengetahui jumlah data yang ada pada baris jumlah pengeluaran untuk beberapa tahun terakhir ini. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi AVERAGE

Fungsi kedua adalah AVERAGE. Rumus AVERAGE adalah rumus yang digunakan untuk mencari rata-rata dari data yang ada pada range cells yang kalian tentukan. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat contoh di bawah ini:

Excel


Dari data yang terlihat di atas, diketahui dalam 1 bulan kalian mengeluarkan uang di setiap minggunya. Dengan menggunakan rumus AVERAGE kalian bisa menghitung berapa rata-rata pengeluaran kalian selama 1 bulan penuh.


3. Fungsi COUNTIF

Fungsi selanjutnya adalah COUNTIF. Rumus COUNTIF ini digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria tertentu. Kriteria ini bisa kalian sesuaikan dengan informasi yang kalian butuhkan ataupun kalian temui.


Untuk contoh penggunaannya kalian bisa melihat contoh di bawah ini:

Excel


Dari contoh diatas, bisa kalian lihat bahwa jumlah siswa yang lulus dengan nilai lebih dari 70 sekitar empat orang siswa. Jika kalian ingin mengetahui atau ingin mendapatkan nilai kurang dari 70 kalian hanya perlu mengganti simbol “>” menjadi “<”.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Fungsi MIN dan MAX

Fungsi selanjutnya adalah MIN dan MAX. Fungsi MIN dan MAX ini adalah rumus yang mirip dan cukup sederhana. Untuk fungsi MIN digunakan untuk menampilkan nilai data yang paling kecil dalam range data yang dipilih, sedangkan untuk fungsi MAX digunakan untuk menampilkan nilai data paling besar dalam range data yang dipilih.


Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat contoh di bawah ini:

Excel


Yuk, nikmati modul Excel lainnya dan bergaabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :