SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 5 Jam 19 Menit 37 Detik

4 Contoh Ragam Fungsi Excel Terupdate!

Belajar Data Science di Rumah 02-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-08-2023-09-30-120320_x_Thumbnail800.jpg

Salah satu software microsoft yang cukup terkenal dan juga banyak sekali dipakai di berbagai industri yaitu Microsoft Excel. Microsoft Excel merupakan software microsoft yang biasa dikenal sebagai spreadsheet yang membantu para penggunanya dalam menghitung, menganalisis, dan juga memvisualisasikan data.


Adapun fungsi excel yang ada berbagai macam yaitu seperti perhitungan aritmatika, pengolahan data, visualisasi data, dan lain sebagainya.


Perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat dampak pada berbagai bidang industri. Salah satunya adalah bidang data, dengan adanya perkembangan teknologi ini membuat data tersedia begitu besar dan juga cepat.


Salah satu software yang dapat digunakan untuk memproses analisis data ini adalah Microsoft Excel. Dalam microsoft excel ini terdapat berbagai macam fungsi. Nah, apa sajakah itu? Pada artikel kali ini DQLab akan membahasnya.


1. Choose

Rumus pertama dalam fungsi excel adalah Choose. Choose ini adalah rumus excel yang digunakan untuk memilih dan menampilkan suatu nilai pada satu list nilai. Choose ini digunakan untuk memilih 1 sampai dengan 254 nilai sesuai dengan nomor yang ada pada indeks.


Contohnya, seperti nilai 1-7 yang merupakan nama hari dalam satu minggu. Rumus ini akan menempatkan nama salah satu hari jika menggunakan nomor indeks 1 sampai 7. Untuk rumusnya sendiri seperti berikut ini.


=CHOOSE(index_num,value1,[value2],...)

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. COUNT

Rumus kedua yang ada pada fungsi excel adalah COUNT. Nah, biasanya kita akan dihadapi dengan baris yang datanya tidak selalu terisi dengan angka. Untuk mengetahui ada berapa sel yang terisi dengan angka ini, diperlukan rumus count ini.


Rumus count ini adalah rumus dalam excel yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisikan angka. Maka dari itu kalian tidak perlu menghitungnya secara manual tetapi hanya dengan menggunakan rumus ini saja kalian bisa menghitung datanya. Untuk bentuk rumusnya sendiri yaitu seperti berikut ini:


=COUNT(value1:value2)


Excel



3. SUM

Selanjutnya ada fungsi SUM. Fungsi sum adalah fungsi excel yang biasa digunakan untuk melakukan penjumlahan data maupun menambahkan semua angka yang ingin kita tentukan sebagai argumen.


Singkatnya sum adalah fungsi untuk menjumlahkan data atau angka yang ada pada beberapa sel maupun range yang sudah ditentukan. Fungsi SUM pada microsoft digunakan untuk menjumlahkan angka. Cara menggunakan dan rumusnya seperti berikut ini:


=SUM(value1;[value2];...)


Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Fungsi IF

Selanjutnya ada fungsi IF. Fungsi IF adalah salah satu fungsi excel yang termasuk ke dalam kategori atau kelompok logical yang cukup sering digunakan untuk melakukan uji logika tertentu pada rumus excel.


Rumus IF ini akan menghasilkan sebuah nilai tertentu jika kondisi yang kita tentukan untuk dievaluasi sudah terpenuhi atau bernilai TRUE dan akan menghasilkan nilai lainnya apabila kondisi itu tidak terpenuhi atau bernilai FALSE. Untuk rumusnya sendiri seperti berikut ini:


=IF(TesLogika; TRUE; [FALSE])


Excel


Di era disruptif teknologi tidak memiliki background STEM bukanlah halangan yang berarti bagi kamu untuk belajar dan menambah skill baru khususnya seputar Data Science dan Data Analyst.


Karena skill yang mumpuni lebih dipertimbangkan daripada gelar, untuk itu mulai bangun skill dan portofolio data yang mengagumkan melalui Data Analyst Career Track bersama DQLab


Tidak hanya bahasa pemrograman saya lho yang penting dikuasai, ternyata tools Ms.Excel juga tak kalah penting untuk di kuasai terutama untuk kamu yang saat ini berprofesi sebagai Admin. Ingin ukur kompetensi excelmu? Yuk, coba mini quiz DQLab. Caranya mudah, signup sekarang di DQLab.id lalu pilih menu Quiz atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.


Nikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif untuk jago Excel bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Platinum Excel. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup atau isi form dibawah ini ya!

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login