TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 50 Menit 14 Detik

4 Contoh Source Code Sederhana SQL Join Table

Belajar Data Science di Rumah 27-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2c99d3ebcbd50b3e615c2ce21342c401_x_Thumbnail800.jpeg

Data pada akhir-akhir ini menjadi sebuah sumber kekuatan yang cukup berarti. Karena setiap harinya, kegiatan yang kita lakukan pasti sudah berdekatan dengan data dan juga volume data yang bertambah besar. Pengolahan database ini menjadi salah satu bagian yang cukup krusial di berbagai sektor. Salah satu tools yang cukup sering digunakan untuk mengolah database adalah SQL (Structured Query Language).


SQL ini adalah bahasa pemrograman standar query yang dirancang khusus untuk bisa mengelola database relasional. Pada penggunaannya memungkin untuk bisa membuat, memelihara, memodifikasi, menghapus, memodifikasi, dan bisa melakukan perintah sederhana lainnya. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang perintah-perintah yang ada di SQL yaitu perintah JOIN. Fungsi JOIN ini terdiri dari beberapa jenis perintah seperti LEFT JOIN, RIGHT JOIN, INNER JOIN, dan OUTER JOIN.


1. INNER JOIN

Inner Join adalah penggabungan yang cukup umum digunakan yang dimana pada fungsi join ini, SQL ini hanya akan mengambil data yang beririsan saja untuk masing-masing tabel. Sementara itu untuk data yang tidak sama kedua tabel ini akan diabaikan. Untuk syntaxnya sendiri bisa dituliskan seperti dibawah ini.


SELECT column_name( s )

FROM table1

INNER JOIN table2

ON table1.column_name = table2.column_name;


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. LEFT JOIN

Jenis fungsi join selanjutnya yang cukup sering digunakan adalah fungsi LEFT JOIN. Umumnya, konsep join yang digunakan masih sama, yaitu menggabungkan dua tabel atau lebih. Untuk left join ini, SQL akan menampilkan hasil semua isi dari tabel pertama yang kemudian data di tabel kedua akan menyesuaikan dengan kolom yang ada di tabel kedua. 


SELECT column_name( s )

FROM table1

LEFT JOIN table2

ON table1.column_name = table2.column_name;


3. RIGHT JOIN

Selanjutnya ada right join. Sebenarnya untuk konsep fungsi yang satu ini hampir mirip dengan konsep yang digunakan di dalam fungsi left join. Jika di dalam konsep fungsi left join akan menggabungkan data dengan mengikuti tabel pertama yang dianggap berada di sebelah kiri, sedangkan untuk right join akan digabungkan sesuai dengan kolom yang ada pada tabel kedua. 


SELECT column_name( s )

FROM tabel1

RIGHT JOIN table2

ON table1.column_name = table2.column_name;


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. OUTER JOIN

Fungsi join selanjutnya yang bisa kita pakai adalah Outer Join atau bisa dibilang dengan fungsi Full Join. Dalam outer join ini, semua data yang ada di tabel sebelah kiri ataupun tabel yang ada di sebalah kanan akan dimasukkan semuanya ke dalam fungsi ini. Kemudian untuk data yang kosong di dalam masing-masing tabel ini akan diberikan nilai Null.


SELECT column_name( s )

FROM table1

FULL OUTER JOIN table2

ON table1.column_name = table2.column_name

WHERE condition;


Yuk, nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium




Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :