PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 8 Menit 46 Detik 

4 Fungsi Teknik Analisis Data dalam Scale Up Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 17-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/db626d59232ac036db246a7a9b66b0f3_x_Thumbnail800.jpg

Di era digital ini hampir seluruh lini bisnis dan perusahaan sudah menerapkan data-driven untuk bisa mengoptimalkan serta memberikan peluang yang sangat positif bagi mereka. Pada data-driven sendiri penggunaannya akan berdampak pada volume jumlah yang didapatkan, mengingat data hampir setiap harinya berproduksi maka dibutuhkan teknik analisis data yang tepat agar data dapat digunakan dengan tepat.


Teknik analisis data adalah cara yang diterapkan untuk mengolah suatu kumpulan data yang disesuaikan dengan karakteristiknya. Jika kita memiliki data kuantitatif, maka gunakanlah teknik analisis data kuantitatif, begitu juga dengan tipe data lainnya. Penggunaan teknik analisis data yang tepat akan menghasilkan informasi yang impactful dalam bisnis. 


Jika kamu perhatikan, praktisi data seperti Data Scientist, Data Analyst, hingga Data Engineer saat ini banyak dicari oleh perusahaan yang bergerak di berbagai lini bisnis. Dengan kemampuan yang dimiliki praktisi data, data di perusahaan akan diolah lebih efisien dan perusahaan dapat segera memperoleh informasi yang berguna bagi bisnisnya.


Nah pada artikel kali ini kita akan membahas seperti apa fungsi teknik analisis data dalam perkembangan bisnis? Yuk simak artikel dibawah ini!


1. Sebagai Solusi dari Masalah

Fungsi teknik analisis data yang pertama adalah digunakan untuk memberikan solusi terhadap suatu masalah yang terjadi selama bisnis berjalan. Teknik analisis data adalah salah satu cara yang digunakan untuk mengolah data penelitian menjadi informasi. Hasil dari analisis data itu dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat keputusan, untuk menemukan insight baru, hingga alat bantu dalam menemukan solusi dari suatu permasalahan di perusahaan.


Teknik Analisis Data


Proses menganalisis akan membuat perusahaan bekerja lebih cerdas dalam mencari informasi baru dan hal-hal penting pada periode tertentu. Teknik analisis data memungkinkan perusahaan menjadi lebih efektif dalam memaksimalkan strategi pemasaran dan efisien dalam mengeluarkan biaya pemasaran.


Baca juga : Teknik Analisis Data Systematic Literature Review


2. Sebagai Bahan Menentukan Sebuah Keputusan 

Fungsi teknik analisis data yang kedua yaitu bisa dijadikan sebagai bahan untuk menentukan sebuah keputusan yang berkaitan dengan bisnis. Peran dan arti analisis data bagi suatu perusahaan yaitu menjadi alat bantu dalam melaksanakan fungsi manajemen seperti planning, organizing, actuating dan controlling. Fungsi dan peran analisis data bagi perusahaan ini sama halnya dengan peran akuntansi yaitu sebagai sebuah informasi yang akan sangat membantu pimpinan perusahaan dalam membuat keputusan.


Teknik Analisis Data


Dari segi dan pendekatannya, analisis data sendiri memiliki beragam teknik yang digunakan dalam domain bisnis, sains, dan ilmu sosial yang berbeda. Dalam dunia bisnis saat ini, analisis data berperan dalam membuat keputusan yang lebih ilmiah dan membantu bisnis beroperasi lebih efektif karena data yang lebih akurat dan real-time.


3. Sebagai Bahan Evaluasi Bisnis

Fungsi teknik analisis data yang ketiga adalah sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas bisnis, baik pada produk maupun pelayanan konsumen. Contoh kasusnya dapat dilihat di bidang consumer insight.


Teknik Analisis Data


Dengan analisis data kita bisa mendapat 360 derajat point of view dari semua aspek mengenai konsumen dan dengan demikian, kita bisa memahami bagaimana karakteristik konsumen, platform apa yang paling banyak digunakan oleh konsumen untuk mendapatkan produk atau layanan yang kita tawarkan, bagaimana gambaran demografi konsumen, serta bagaimana ketertarikan, kebiasaan, dan ciri-ciri lain dari konsumen.


Pada jangka panjang, hasil analisis ini akan mendorong kesuksesan strategi marketing, membantu kita mengidentifikasi konsumen potensial yang baru, mencegah sumber daya yang terbuang baik dari SDM maupun resource yang lain, dan masih banyak kegiatan lainnya.


4. Sebagai Acuan dalam Kegiatan Bisnis

Fungsi teknik analisis data yang keempat yaitu menjadi bahan acuan terhadap berbagai kegiatan dalam bisnis. Analisis data digunakan di berbagai bidang industri untuk mengefisiensikan suatu pekerjaan. Contohnya dapat kita lihat pada sektor keuangan.


Teknik analisis data memiliki peran penting dalam industri perbankan dan keuangan yang dapat digunakan untuk memprediksi tren pasar dan menilai risiko. Skor kredit adalah contoh analisis data yang memengaruhi semua orang.


Skor ini menggunakan banyak titik data untuk menentukan risiko pinjaman. Analisis data juga digunakan untuk mendeteksi dan mencegah penipuan guna meningkatkan efisiensi dan mengurangi risiko bagi lembaga keuangan.


5. Sebagai Alat dalam Membuat Perencanaan Bisnis

Tanpa analisis data yang akurat, pengambilan keputusan yang tepat tidak dapat dilakukan. Selanjutnya, fungsi kelima dari teknik analisis data adalah untuk membantu dalam membuat prediksi yang akurat untuk proses perencanaan.


Teknik analisis data membantu tahapan perencanaan dan memberikan informasi yang tepat untuk membuat prediksi berdasarkan trend masa lalu dan kondisi saat ini. Hal-hal yang telah terjadi di masa lalu jika tersimpan dengan rapi di dalam database dapat dijadikan sebagai sumber data untuk dianalisis.


Pembelajaran dari masa lampau tentu dapat membantu untuk mempermudah perencanaan yang akan dijalankan di masa sekarang maupun di masa depan. Karena sejatinya hal-hal tersebut pasti akan memiliki polanya tersendiri dan akan terus berulang.


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Setelah mengetahui 4 fungsi teknik analisis data di atas, apakah kamu tertarik untuk mempelajari lebih dalam serta mempelajari bagaimana cara menggunakan tools analisis data yang banyak digunakan di dunia bisnis? Yuk belajar dengan modul DQLab


Modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa praktik langsung menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri tanpa harus menginstall aplikasi tambahan.


Yuk buruan klik button di bawah ini atau Sign Up melalui DQLab.id untuk mengakses modul dan ebook gratis yang bisa diakses 24 Jam! Selamat belajar!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :