3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 15 Menit 25 Detik

4 Hal Penting Sebelum Ikuti Bootcamp Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 25-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-03-2023-11-25-095947_x_Thumbnail800.jpg

Bootcamp Data Analyst bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pintu gerbang untuk bisa memasuki dunia data analis dengan mudah. Khususnya untuk orang-orang yang tidak memiliki background yang berkaitan dengan dunia data.


Bootcamp adalah jenis pembelajaran yang bersifat intensif dalam kurun waktu tertentu, memiliki target, dan peserta bisa melakukan komunikasi dua arah dengan para mentor. Tentu saja proses pembelajaran dengan boot camp dan kursus biasa akan sangat terasa perbedaannya.


Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat proses pembelajaran ikut berubah. Kini bootcamp Data Analyst tidak hanya bisa dilakukan secara offline, namun juga online. Pembelajaran yang bisa dilakukan secara online bersifat lebih fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja.


DQLab adalah salah satu lembaga kursus yang menyediakan bootcamp untuk Data Analyst. Saat ini ada dua bootcamp yang bertujuan untuk mempersiapkan pesertanya untuk terjun ke dunia data analisis, yaitu “ Bootcamp Data Analyst with SQL & Python” dan “Bootcamp Data Analyst with Excel”.


Namun sebelum memutuskan untuk mengikuti bootcamp, ada beberapa aspek kunci yang perlu diperhatikan dan akan dibahas dalam artikel berikut ini. Yuk, simak pembahasannya!


1. Durasi Bootcamp: Memahami Waktu yang Diperlukan

Data Analyst

Aspek pertama yang perlu diperhatikan dari suatu bootcamp adalah durasi dari program tersebut. Umumnya, bootcamp akan berlangsung lebih lama dibandingkan kursus biasa, bisa memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan sampai beberapa bulan. Kita bisa mempertimbangkan dengan waktu yang kita miliki, karena tentu saja setiap orang memiliki kepadatan aktivitas yang berbeda-beda. 


Jika kamu adalah tipe orang yang memiliki waktu terbatas, maka ada baiknya memilih bootcamp dengan durasi yang lebih singkat. Namun jika waktu yang bisa dialokasikan tidak terbatas, maka lebih baik memilih yang durasinya panjang. Biasanya bootcamp dengan durasi panjang akan dibahas secara detail di setiap bagiannya sehingga akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Kurikulum: Pastikan Memuat Hal-Hal Krusial dari Data Analyst

Data Analyst

Selain durasi pelaksanaan, kurikulum dari sebuah bootcamp tentu menjadi aspek yang sangat penting untuk diperhatikan. Dari kurikulum yang ada, kita bisa mengetahui garis besar dari materi yang akan diajarkan dari bootcamp tersebut.


Pastikan kurikulum dari bootcamp yang ingin kita pilih mencakup topik-topik kunci seperti fundamental analisis data, statistik, pemrograman dengan bahasa yang relevan (bisa dengan Python atau R, atau bahasa pemrograman lainnya), penggunaan alat analitik seperti SQL dan Excel, dan elemen-elemen penting lainnya. Selain itu, bootcamp yang baik akan mencakup praktek pengerjaan project data dan materi yang relevan dengan tuntutan industri.


3. Mentor dan Reputasi Bootcamp

Data Analyst

Sebuah bootcamp yang baik seharusnya tidak hanya menawarkan materi pembelajaran, tetapi juga bimbingan dan dukungan tambahan. Kita bisa mencari informasi lebih detail, apakah ada sesi mentorship dari instruktur berpengalaman atau tidak. Dukungan tambahan seperti sesi tanya jawab, forum komunitas, atau grup diskusi dapat menjadi aset berharga selama dan setelah bootcamp.


Selain itu, kita juga bisa mempertimbangkan reputasi bootcamp tersebut dengan cara membaca review dari alumni sebelumnya atau hubungi mereka langsung untuk mendapatkan pandangan langsung tentang pengalaman mereka. Reputasi penyelenggara adalah indikator penting untuk mengetahui kualitas dan efektivitas bootcamp.


4. Biaya dan Fleksibilitas: Transparansi dan Opsi Pembayaran

Data Analyst

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya bootcamp dan fleksibilitas pembayaran adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Biasanya, pihak penyelenggara akan memberikan iklan dengan harga yang murah namun di belakangnya akan ada banyak biaya tambahan. Maka kita perlu memastikan bahwa biaya yang dinyatakan mencakup semua biaya terkait dan periksa apakah ada opsi pembiayaan atau beasiswa yang dapat membantu.


Selain itu, pertimbangkan fleksibilitas waktu dan formatnya. Apakah bootcamp tersebut menyediakan opsi online atau kelas waktu paruh yang sesuai dengan jadwal yang kita miliki.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Mengikuti bootcamp Data Analyst adalah langkah besar dalam mengembangkan karir di dunia analisis data. Dengan memperhatikan beberapa aspek di atas, kita bisa membuat keputusan yang lebih terinformasi dan memastikan bahwa bootcamp yang kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan karir yang ingin dicapai. 


Kamu bisa mulai perjalanan belajar sebagai Data Analyst dengan belajar Excel dasar dengan menggunakan modul Excel yang disediakan olehi DQLab. Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan bootcamp Data Analyst with Excel akan dimulai dari tanggal 28 November 2023 hingga 2 Februari 2024.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :