3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 52 Menit 49 Detik

4 Hal Wajib Dilakukan Saat Ikut Bootcamp Python

Belajar Data Science di Rumah 05-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-01-2023-12-05-132511_x_Thumbnail800.jpg

Dengan kemudahan yang diberikan saat ini, belajar Python tidak lagi harus dengan menempuh pendidikan tinggi. Kini ada banyak alternatif mulai dari belajar mandiri melalui platform online atau mengikuti bootcamp, kelas yang dibuat dengan interval waktu belajar yang relatif singkat. Karena keterbatasan waktu tersebut, maka sebaiknya SahabatDQ memanfaatkan bootcamp dengan maksimal.


Ada beberapa hal wajib yang perlu kalian perhatikan ketika telah memutuskan untuk belajar melalui bootcamp Python. Dengan menerapkan tips-tips berikut, kalian tidak hanya mampu menguasai penggunaan Python, tapi juga akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan. Apa saja tips tersebut? Langsung simak pada pembahasan berikut!


1. Proaktif dalam Aktifitas Kelas

Python

Peserta perlu aktif dalam kelas selama mengikuti bootcamp Python karena dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi secara signifikan. Karena bootcamp Python memiliki waktu pembelajaran yang terbatas, keaktifan kaliana dapat memaksimalkan peluang untuk bertanya, berdiskusi, dan berkolaborasi dengan instruktur maupun sesama peserta. 


Partisipasi aktif juga dapat membantu peserta dalam mengatasi hambatan atau kesulitan yang ada saat memahami konsep atau menyelesaikan tugas-tugas praktis. Melalui interaksi aktif, kalian dapat menggali lebih dalam pengetahuan, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, dan memperluas pemahaman tentang bahasa pemrograman Python serta penerapannya dalam berbagai konteks.


2. Praktik Secara Rutin

Python

Praktik secara rutin sangat penting karena memberikan pengalaman langsung dalam menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari. Dengan melakukan latihan secara teratur, kalian dapat mengukur pemahaman kalian terhadap suatu materi, mengidentifikasi konsep atau teori yang perlu didalami ulang, dan untuk mengasah keterampilan pemrograman Python.


Praktik juga membantu kalian mengatasi tantangan nyata yang mungkin akan kalian hadapi dalam dunia kerja nantinya. Praktik juga membantu kalian untuk membangun portofolio proyek yang kuat, yang dapat menjadi modal dalam mencari pekerjaan atau memulai karir di dunia data science.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


3. Terlibat Proyek yang Diberikan

Python

Peserta perlu terlibat dalam berbagai proyek yang diberikan selama mengikuti bootcamp Python karena proyek tersebut memberikan konteks dunia nyata untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama pembelajaran. Dengan berpartisipasi dalam proyek ini, kalian dapat menghadapi tantangan yang mencerminkan masalah-masalah yang akan ditemui selama berkarir.


Selain itu, proyek-proyek ini memberikan SahabatDQ kesempatan untuk bekerja dalam tim, meningkatkan keterampilan kolaboratif, dan belajar bagaimana berkontribusi secara efektif dalam berbagai situasi. Dengan demikian, melalui keterlibatan aktif dalam proyek-proyek, kalian dapat menghubungkan teori dengan praktik, membangun keterampilan yang dapat diaplikasikan, dan mempersiapkan diri untuk sukses dalam berkarir.


4. Bangun Networking yang Luas

Python

Peserta perlu membangun jaringan yang luas selama mengikuti bootcamp Python karena networking berperan penting dalam pengembangan karir. Membangun hubungan baik dengan instruktur, sesama peserta, dan profesional industri memberikan akses ke sumber daya tambahan, informasi perkembangan, dan peluang kolaborasi.


Melalui jaringan yang luas, kalian juga bisa mendapatkan dukungan, mendiskusikan ide, dan bertukar pengalaman dengan orang lain yang memiliki latar belakang dan pengalaman yang beragam, yang dapat memperkaya pemahaman kalian tentang penggunaan Python dan aplikasinya di berbagai konteks atau proyek.


Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, memiliki networking yang kuat dapat menjadi faktor kunci dalam membangun karir yang sukses dan berkelanjutan. Oleh karena itu, peserta bootcamp Python yang proaktif dalam membangun networking luas dapat meraih manfaat jangka panjang dalam pengembangan karir mereka.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Sudah siap untuk mengikuti bootcamp dan menerapkan tips di atas? Yuk langsung ikut program Bootcamp Live Class yang disediakan DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python. Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang data science.


Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Selain bootcamp di atas, kalian juga bisa loh meningkatkan pemahaman kalian dalam menerapkan Python untuk sejumlah studi kasus yang ada di perusahaan. DQLab juga memilki modul belajar online yang akan membantu kalian menerapkan kemampuan tersebut secara bervariasi. Apa keunggulan modul belajar online DQLab?

  • Terintegrasi dengan Chat GPT yang membantu menjelaskan konsep serta coding yang tepat jika ada error

  • Dapat diakses kapanpun dan dimanapun

  • Dilengkapi Live Code Editor sehingga praktis tanpa perlu aplikasi tambahan


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian untuk ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dan nikmati semua manfaat di atas!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :