GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 17 Menit 3 Detik 

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Belajar Data Science Secara Otodidak

Belajar Data Science di Rumah 21-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/58939048f7f5bb16214d98041f61c76c_x_Thumbnail800.png

Saat ini sudah banyak orang yang tertarik untuk belajar Data Science tanpa membutuhkan latar belakang tertentu, meskipun pendidikan yang biasanya belajar dan berkarir di bidang data berasal dari Ilmu Komputer, Statistik, Matematika atau Aktuaria.


Perkembangan teknologi yang pesat menghasilkan jumlah data yang sangat besar di setiap waktu. Hal tersebut mendorong perusahaan untuk bisa mengelola data dengan menerapkan Data Science agar hasil data menjadi maksimal dan pertumbuhan perusahaan juga menjadi lebih cepat. Kebutuhan dalam mengelola data tentunya juga mendorong peningkatan praktisi data yang berkaitan dengan Data Science tersebut seperti Data Scientist, Data Engineer, Data Analyst dan lain sebagainya.


Nyatanya, belajar Data Science tidak harus ditempuh dengan pendidikan formal seperti kuliah dengan jurusan yang berkaitan. Sahabat data juga bisa belajar Data Science secara otodidak. Kali ini, DQLab akan memberikan informasi seputar hal yang perlu sahabat data ketahui sebelum belajar Data Science secara otodidak. Yuk, langsung simak informasi dibawah ini ya!


1. Pilih Sumber Belajar yang Terpercaya

Sebelum mulai belajar Data Science secara otodidak, sahabat data tentu harus memilih sumber belajar atau platform kursus Data Science yang terpercaya dan berkualitas. Hal ini akan berpengaruh pada jenis materi serta sistem pembelajaran yang akan kamu lakukan. Carilah situs atau kursus yang sudah memiliki testimoni baik dalam penggunaannya dan banyak diminati. Salah satu sumber belajar terpercaya untuk belajar Data Science adalah kursus data online DQLab.


Pada kursus DQLab, sahabat data akan mendapatkan materi lengkap seputar Data Science yang menggunakan rill case dataset, materi berbasis project hingga bedah kasus industri. Jika kamu merupakan pemula dalam bidang Data Science, terdapat berbagai modul dasar atau fundamental Data Science yang bisa kamu pelajari. Setelah menyelesaikan modul dan pembelajaran yang telah dipilih, sahabat data bisa mendapatkan sertifikat yang pastinya bisa membuat kalian semakin dilirik oleh rekruiter.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Fokus Pada Tujuan yang Ingin Diraih

Ketika mempelajari sesuatu, tentu ada tujuan yang ingin kita raih. Sama halnya dengan belajar Data Science, sahabat data harus menentukan tujuan apa yang ingin diraih setelah belajar Data Science secara otodidak ini. Misalnya, sahabat data ingin memahami lebih dalam mengenai hard skill salah satu profesi Data Science, yaitu Data Scientist atau ingin menguasai bahasa pemrograman python untuk diaplikasikan saat kerja nanti dan sebagainya. Dengan begitu, proses belajar akan lebih terarah dan fokus dalam belajar.


Yuk, tentukan “goals” kamu sebelum mulai belajar Data Science secara otodidak, biar semangat belajarmu semakin bertambah!


3. Pahami Perbedaan Peran Setiap Profesi Data Science

Sebagai multidisiplin ilmu, Data Science memiliki prospek pekerjaan yang luas seperti Data Scientist, Data Engineer, Data Analyst dan sebagainya. Jika kamu tertarik untuk memulai karir di profesi-profesi dengan latar belakang ilmu Data Science, tentu harus ada pemahaman yang baik tentang profesi tersebut. Mengapa hal tersebut diperlukan? Meskipun latar belakang Data Science dimiliki oleh ketiga profesi itu, tugas dan tanggung jawabnya tetap berbeda. Selain itu, hard skill yang diperlukan juga berbeda loh sahabat data!


Oleh karena itu, perlu untuk memahami perbedaan setiap profesi Data Science agar proses belajar dan tujuanmu lebih terarah ya sahabat data!


4. Kelola Waktu Dengan Baik!

Gak kalah penting dengan 3 hal sebelumnya, kemampuan dalam mengelola waktu dengan baik harus sahabat data terapkan saat belajar Data Science secara otodidak. Mengapa? Karena sahabat data punya profesi atau kesibukan lain yang dijalani, entah itu sebagai pekerja profesional atau bahkan masih di bangku pelajar. Hal ini juga akan membantu sahabat data membuat rencana belajar serta timeline untuk meraih goals yang kalian inginkan.


Jangan sampai waktu belajar dan aktivitas lainnya bertabrakan ya sahabat data! Takutnya, proses belajar kamu jadi kurang kondusif!


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Data Science dengan Mudah dan Praktis Bersama DQLab!

Internet memang menyediakan informasi yang luas, cepat dan mudah didapatkan untuk menambah pengetahuan mengenai Data Science. Meskipun begitu, masih banyak materi dan studi kasus yang bisa kamu dapatkan di DQLab. Ada modul GRATIS seperti “Introduction to Data Science” atau “Introduction Data Science With Python or R” yang bisa kamu akses secara GRATIS dengan cara sign up di DQLab.id

Selain itu kamu juga bisa akses Module Platinum dan mendapatkan berbagai penawaran eksklusif yang tentunya membantu kamu untuk siap menghadapi dunia digital. Yuk, belajar Data Science bersama DQLab!




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!