Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Ide Portfolio Data Scientist Agar Dilirik Recruiter

Belajar Data Science di Rumah 12-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-02-2023-11-10-185510_x_Thumbnail800.jpg

Artificial intelligence dan machine learning adalah dua turunan data science yang cukup banyak menyita perhatian publik. Dua bidang ini berkembang sangat pesat bahkan berperan cukup penting dalam berbagai bidang industri. Potensi dan peluang karir yang cukup menjanjikan membuat semua aspek di bidang data science mulai dilirik banyak orang.


Artificial intelligence dan machine learning bukanlah bidang yang bisa dipelajari hanya dengan membaca buku. Oleh karena itu, setelah belajar aspek teori, calon data scientist yang sedang belajar machine learning perlu mempraktikkan hasil belajarnya. 


Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mempraktekkan hasil belajar textbook seorang data scientist adalah dengan membuat project sederhana. Project ini memiliki banyak manfaat, seperti untuk mengukur pemahaman kita mengenai machine learning dan tools yang akan digunakan, untuk mengeksplorasi fungsi dan environment bahasa pemrograman yang dibutuhkan, dan melatih skill problem solving yang akan banyak digunakan di dunia kerja. Pertanyaannya, project seperti apa yang akan menarik bagi users saat proses recruitment? 


Pada artikel kali ini DQLab akan memberikan ide-ide inspiratif untuk membuat project machine learning yang cocok untuk kamu pamerkan saat akan melamar pekerjaan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Analisis Sentimen

Analisis sentimen merupakan salah satu ide project machine learning yang sangat menarik karena berhubungan dengan sosial media yang kita gunakan sehari-hari. Data yang diproduksi oleh satu platform social media sangat besar, coba hitung ada berapa platform social media yang digunakan oleh jutaan orang di dunia ini?


Saat ini sosial media berkembang sangat pesat dengan berbagai jenis konten yang diunggah oleh user. Dengan membuat sistem machine learning yang dapat menganalisis sentimen di balik teks atau postingan, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk memahami behavior dari pelanggannya dan berdampak pada meningkatkan layanan atau produk mereka. Hasilnya kepuasan pelanggan akan lebih optimal. 


Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pendeteksi Objek 

Deteksi objek merupakan ide project yang sangat menarik di berbagai bidang industri, terutama di bidang keamanan. Metode yang bisa kita gunakan untuk project deteksi objek ini adalah Deep Neural Network (DNN).


Fokus pada project ini adalah mengembangkan model yang dapat mengklasifikasikan objek secara akurat dan memetakan objek dari kelas yang berbeda. Project ini sangat terkenal, terutama setelah boomingnya drama korea ‘Start-Up’ beberapa tahun lalu.

Data Scientist


3. Deteksi Hoax

Deteksi berita palsu merupakan salah satu ide project machine learning yang baik untuk pemula mengingat banyaknya berita hoax, terutama menjelang Pemilihan Umum. Pada project ini kita akan menggunakan model Natural Language Processing ( NLP) untuk mendeteksi berita palsu yang berasal dari sumber yang tidak kredibel.


Selain menggunakan NLP kita juga bisa menggunakan metode Naive Bayes untuk mengklasifikasikan berita-berita yang telah kita kumpulkan.

Data Scientist


4. Prediksi Harga Saham

Salah satu ide terbaik untuk memulai project machine learning adalah dengan membuat prediksi harga saham. Di era digital, banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan software yang dapat memantau dan menganalisis kerja perusahaan, serta memprediksi harga berbagai saham di masa depan. Data pergerakan saham sangat melimpah namun belum dimanfaatkan secara optimal.


Padahal data ini adalah sumber ‘emas’ yang bisa dieksplorasi dan dikembangkan menjadi project yang sangat menarik. Namun demikian, sebelum mengerjakan project ini, kita harus memahami beberapa teori, antara lain analisis prediktif, analisis regresi, dan statistics modeling.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum mengerjakan project adalah mempelajari topik yang akan kita angkat. Agar proses belajar kita lebih terarah, kita bisa mengikuti kursus yang mengajarkan teoritik dan praktik dengan porsi yang tepat. Salah satu kursus yang banyak direkomendasikan oleh expert adalah DQLab. 


Platform belajar yang satu ini memiliki berbagai program belajar sesuai kebutuhan kita dengan dukungan modul dan live code editor untuk menulis script code langsung pada platform belajar sehingga proses belajar kita lebih terstruktur. 


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.


Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login