3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 2 Jam 5 Menit 5 Detik

4 Ide Project untuk Portfolio Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 27-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-03-2023-12-26-070947_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan data terus berkembang pesat. Fenomena ini menyebabkan peran data analyst sangat penting dalam mengekstraksi insights yang bermakna dari kumpulan data yang luas dan kompleks. Ketika perusahaan berusaha untuk tetap kompetitif dan mendapat informasi, permintaan data analyst yang terampil akan  terus meningkat. Oleh karena itu, seorang calon data analyst perlu mengembangkan project yang tidak hanya mengasah keterampilan analitis tetapi juga memberikan kontribusi insight berharga di bidangnya masing-masing. 


Salah satu peran penting seorang data analyst adalah mengekstrak insight yang dapat ditindaklanjuti dari raw data, sehingga dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat. Dengan mengembangkan project langsung tidak hanya mempertajam keterampilan analitis tetapi juga menawarkan solusi nyata untuk masalah yang kompleks.


Dalam artikel ini, kita mengeksplorasi empat ide proyek data analyst inovatif yang dirancang untuk menampilkan aplikasi analisis data yang beragam dan memberikan kontribusi nyata di berbagai industri. Catat poin pentingnya dan aplikasikan dalam portfolio data analyst kamu, ya!


1. Sentiment Analysis for Customer Feedback

Data Analyst

Dengan memanfaatkan natural programming language (NLP), seorang calon data analyst dapat memulai project analisis sentimen untuk menguraikan feedback dari pelanggan. Dengan menganalisis data teks dari review pelanggan, komentar media sosial, dan support tickets, kita dapat mengukur sentimen dan mengidentifikasi pola yang terbentuk.


Insight yang diperoleh dapat membantu organisasi memahami tingkat kepuasan pelanggan, menentukan area yang perlu ditingkatkan, dan menyesuaikan produk atau layanan agar dapat memenuhi harapan pelanggan dengan lebih baik. Project ini tidak hanya meningkatkan customer experience tetapi juga menunjukkan dampak analisis sentimen dalam membentuk pengambilan keputusan strategis.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Fraud Detection in Financial Transactions

Data Analyst

Sektor keuangan adalah salah satu sektor yang paling sering mengadopsi analisis data untuk memerangi aktivitas penipuan. Seorang data analyst dapat berkontribusi dalam upaya ini dengan mengembangkan model deteksi penipuan menggunakan algoritma machine learning. Dengan menganalisis pola transaksi, anomali, dan perilaku pengguna, model ini dapat mengidentifikasi potensi aktivitas penipuan secara real-time.


Proyek ini membantu lembaga keuangan dalam menjaga sistem mereka, melindungi aset pelanggan, dan menjaga kepercayaan. Project ini akan menunjukkan kemampuan analisis data kita untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan dan merespons dengan cepat terhadap ancaman yang berkembang di dunia digital.


3. Healthcare Predictive Analytics for Patient Outcomes

Data Analyst

Tahukah kamu jika seorang data analyst dapat memberikan dampak besar dalam pelayanan kesehatan dengan mempelajari analisis prediktif untuk hasil pasien? Dengan memanfaatkan catatan kesehatan elektronik dan sumber data relevan lainnya, seorang data analyst dapat mengembangkan model untuk memprediksi hasil pasien, risiko masuk kembali, dan perkembangan penyakit.


Cara ini akan membantu penyedia layanan kesehatan untuk secara proaktif mengelola perawatan pasien, mengalokasikan sumber daya secara efisien, dan meningkatkan hasil kesehatan secara keseluruhan. Project ini menyoroti potensi transformatif analisis data di sektor pelayanan kesehatan, menunjukkan bagaimana model prediktif dapat berkontribusi terhadap perawatan pasien yang lebih efektif dan personal.


Namun, untuk mengerjakan project ini, kita memerlukan data rekam medis yang bersifat rahasia sehingga untuk mendapatkan datanya kita perlu meminta izin ke lembaga terkait.


4. Employee Attrition Prediction and Retention Strategies

Data Analyst

Talent retention merupakan perhatian penting bagi organisasi di seluruh industri. Data analyst dapat mengatasi tantangan ini dengan mengerjakan project yang berfokus pada memprediksi pengurangan karyawan. Dengan menganalisis data historis SDM, metrik kinerja karyawan, dan survei keterlibatan, data analyst dapat mengembangkan model untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pengurangan karyawan.


Insight yang diperoleh dapat menjadi masukan bagi penerapan strategi retensi yang ditargetkan, seperti program pelatihan yang dipersonalisasi atau peningkatan budaya tempat kerja. Proyek ini menggambarkan penggunaan strategis analisis data dalam sumber daya manusia, membantu organisasi mempertahankan talenta yang berharga dan menumbuhkan lingkungan kerja yang positif.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Yuk kembangkan portfolio data analyst kamu dengan mengerjakan project yang mencerminkan project real di dunia industri bersama DQLab! 


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.


Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :