FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 9 Menit 53 Detik 

4 Jurus Jitu Menjadi Data Scientist yang Profesional

Belajar Data Science di Rumah 23-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d4aa56d9b84f0da0839fbda12e9982f5_x_Thumbnail800.jpg

Menjadi Data Scientist merupakan cita-cita banyak orang yang tertarik di bidang data. Tidak bisa dipungkiri, pentingnya data dalam pengambilan keputusan membuat kebutuhan akan profesi Data Scientist terus meningkat dan berkembang secara signifikan. 


Berdasarkan riset yang dilakukan pada tahun 2018 oleh McKinsey & Company, kebutuhan akan Data Scientist yang harus dipenuhi diperkirakan ada di angka 140 ribu-190 ribu. Sementara itu, berdasarkan catatan LinkedIn pada 2017, profesi Data Scientist mengalami peningkatan sebesar 6.5 kali lipat dibandingkan 5 tahun sebelumnya.


Di era teknologi modern, ada berbagai cara untuk menjadi Data Scientist. Saat ini untuk mempelajari sesuatu kita tidak harus belajar secara formal seperti mendaftar pada satuan pendidikan formal. Salah satu contohnya dengan mengambil kursus, mengikuti bootcamp ataupun belajar secara otodidak.


Pada artikel ini kita akan bahas khusus terkait tips jitu atau hal apa saja sih yang kira-kira perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang Data Scientist. Kali ini DQLab akan bagikan khusus untuk kamu! Yuk simak terus artikel ini untuk mempersiapkan dirimu berkarir menjadi Data Scientist!


1. Memahami Perbedaan Profesi di Bidang Data

data scientist

Berbagai jenis profesi di bidang data seperti Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, Business Analyst, Developer, atau Developer Operations merupakan profesi yang berbeda namun memiliki hubungan satu sama lain yaitu dalam hal data. Beberapa orang mengira Data Scientist dan Data Analyst itu sama. Padahal jika dilihat dari deskripsi pekerjaan dan dilapangan itu berbeda. 


Jika Data Analyst, pekerjaannya hanya menganalisis data yang tersedia. Lain hal dengan Data Scientist yang menganalisis data hingga melakukan pembuktian kesimpulan. Dan ada banyak tahapan yang dilakukan oleh Data Scientist, hal ini bertujuan untuk menghasilkan kesimpulan yang dapat dipertanggung jawabkan.


Sementara peran dan tanggung jawab Developer adalah melakukan kolaborasi dengan Business Analyst dan Data Analyst, menganalisis apa yang mereka inginkan dalam bentuk coding.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Manfaatkan Banyak Sumber untuk Belajar Ilmu Dasar Data Science

data scientist

Untuk bisa menjadi seorang Data Scientist, hal pertama yang harus dikuasai adalah hal-hal fundamental dari ilmu Data Science. Jika dilihat berdasarkan ilmu yang mendasari lahirnya ilmu Data Science, maka kita harus menguasai ketiga ilmu tersebut, yaitu Matematika/Statistika, Ilmu Komputer, dan Domain Bisnis. Ketiga ilmu ini akan sangat berperan penting dalam pekerjaan seorang Data Scientist. 


Matematika atau Statistika akan sangat berguna dalam membentuk logika pembuatan model dari data. Ilmu komputer akan dibutuhkan untuk membuat program yang bisa mengolah data yang berukuran besar dan sulit untuk diolah secara manual. Sementara domain bisnis akan membuat Data Scientist memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dijalankan.


3. Mengikuti Pelatihan/ Workshop yang Berhubungan dengan Data

data scientist

Alternatif lain yang bisa kamu pelajari mengenai Data Science adalah dengan rajin mengikuti webinar, workshop, bootcamp hingga kursus Data Science. Dengan begitu, bukan hanya pengetahuan yang berharga yang akan Sahabat DQ dapatkan. Tapi, Sahabat DQ juga bisa memperluas relasi, menambah wawasan seputar Data Science dari sudut pandang praktisi data yang berkompeten di bidangnya.


Mengikuti kursus Data Science juga dapat mencegah overdosis informasi, apabila kamu ingin memulai belajar Data Science melalui jalur otodidak. Karena dengan kursus Data Science tentunya cara belajar kamu akan lebih terarah dan terstruktur.


Adapun rekomendasi kursus online Data Science yang bisa kamu coba ikuti adalah DQLab. DQLab menyediakan ratusan modul dan studi kasus nyata yang bisa kamu gunakan sebagai bahan untuk portfolio kamu.


4. Mencari Pengalaman Kerja dari Magang Hingga Profesional

data scientist

Setelah kamu menguasai teori serta fundamental untuk menjadi seorang Data Scientist, aplikasi terbaik yang bisa kamu terapkan sebagai pemula adalah dengan terjun langsung ke industri dengan melakukan internship atau magang di perusahaan. Dengan belajar ilmu Data Science secara langsung di perusahaan kamu akan dapat menghadapi real case nya di lapangan sehingga tentu akan lebih mudah untuk paham.


Pengalaman yang kamu dapatkan penting terutama bagi kamu yang masih Fresh Graduate atau pemula yang belum memiliki pengalaman terkait bidang Data Scientist. Selain berguna untuk meningkatkan keterampilan kamu dan memantapkan pemahamanmu. Kamu pun bisa melampirkan pengalaman itu di CV (Curriculum Vitae) sebagai bahan pertimbangan yang baik nantinya.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Nah setelah mengetahui bocoran cara menjadi Data Scientist, tertarik untuk mencobanya? Segera asah kemampuan Data Scientist kamu sekarang!


Untuk bisa menjadi seorang Data Scientist, kamu bisa memanfaatkan banyak sumber untuk memperkaya wawasan akan ilmu Data Science. Selain belajar secara otodidak, sahabat DQ juga bisa nih mencari kursus Data Science sehingga dapat belajar sesuai kurikulum. 


Sahabat DQ bisa mulai belajar ilmu Data Science di DQLab. Ada 3 bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari di DQLab saat ini, yaitu bahasa R, Python, dan juga SQL. Selain modul yang berbayar, kamu juga bisa menikmati Free Module dari DQLab loh. Caranya gampang banget, kamu cukup Sign Up menjadi member dan akan bisa menikmati modul-modul yang ada.


Yuk, tunggu apa lagi?


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :