PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 4 Menit 1 Detik

4 Kegunaan Python untuk Ragam Profesi

Belajar Data Science di Rumah 14-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-01-2024-02-12-163252_x_Thumbnail800.jpg

Beberapa tahun kebelakang, Python mendapat popularitas yang luar biasa di dunia pemrograman, terutama karena kemudahan penggunaannya dan fleksibilitasnya yang luar biasa. Bahasa pemrograman ini digunakan dalam berbagai bidang seperti web development, data science, artificial intelligence, pengembangan permainan, software development, dan banyak lagi. Kemampuan yang serbaguna membuat bahasa pemrograman yang satu ini menjadi pilihan yang sangat disukai oleh para developer di seluruh dunia.


Dengan Python, kita dapat membuat situs web dinamis, menganalisis data besar, mengembangkan aplikasi berbasis kecerdasan buatan, dan bahkan membuat software untuk keperluan industri. Fleksibilitasnya dalam berbagai konteks software development menjadikan Python menjadi tools yang sangat berharga bagi para profesional teknologi informasi dan software developer.


Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas empat kegunaan python yang luas dan beragam di berbagai industri.


1. Pengembangan Web

Python

Python digunakan secara luas dalam pengembangan web, baik untuk membangun situs web statis maupun dinamis. Framework web populer seperti Django dan Flask membantu developer untuk dengan mudah membuat aplikasi web yang scalable dan efisien menggunakan Python. Kemampuan Python untuk berintegrasi dengan database dan layanan web lainnya membuat tools ini menjadi pilihan yang populer untuk pengembangan web.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Ilmu Data dan Analisis

Python telah menjadi bahasa pemrograman yang dominan di bidang data science dan analisis data. Library seperti NumPy, Pandas, dan Matplotlib menyediakan tools yang powerful untuk manipulasi data, analisis statistik, dan visualisasi data. Selain itu, framework seperti TensorFlow dan PyTorch memungkinkan pengembangan model machine learning dan deep learning yang canggih.

Python


3. Automasi Tugas

Python sangat cocok untuk otomatisasi tugas-tugas rutin dan scripting. Dengan Python, kita dapat menulis skrip untuk melakukan berbagai tugas, mulai dari pengolahan file hingga pengiriman email otomatis. Kelebihan Python yang mudah dipahami dan dipelajari membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk mengotomatiskan pekerjaan sehari-hari.

Python


4. Pengembangan Permainan dan Aplikasi

Python tidak hanya digunakan dalam web development dan data science, tetapi juga dalam pembuatan permainan dan aplikasi. Library seperti Pygame membantu developer untuk membuat permainan komputer yang interaktif dan seru menggunakan Python. Selain itu, Python juga digunakan dalam pengembangan aplikasi desktop dan mobile dengan menggunakan framework seperti Kivy dan PyQt.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Python memiliki kegunaan yang sangat luas dan beragam mulai dari pengembangan web hingga data science, automasi tugas hingga pembuatan permainan. Kemudahan penggunaannya dan ekosistem library dan framework yang kaya membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk berbagai project dan aplikasi. Dengan menguasai Python, kita dapat membuka peluang yang tak terbatas dalam dunia pemrograman dan teknologi.


Yuk asah skill Python kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login