Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Kelebihan Tabel Pivot Excel, Maksimalkan Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 15-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-08-2024-05-15-155114_x_Thumbnail800.jpg

Tabel Pivot Excel adalah salah satu fitur yang paling kuat dan serbaguna dalam perangkat lunak spreadsheet. Tabel Pivot menjadi tool analisis data yang bersifat interaktif dan memungkinkan pengguna untuk menyusun, memfilter, menggabungkan, serta menghitung data dari berbagai sumber. Keberadaan Tabel Pivot di Excel dapat mempermudah pengguna untuk mengolah data dengan cepat. Selain itu, Tabel Pivot juga bisa menyajikan informasi dengan cara yang lebih dinamis dan mudah dimengerti. 


Para praktisi data tentu seringkali berhadapan dengan data untuk memecahkan permasalahan yang sedang terjadi. Adanya fitur Tabel Pivot di Excel akan mempermudah pengguna untuk mengidentifikasi pola, tren, dan perbandingan yang tidak terlihat dengan jelas dalam data mentah. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kelebihan dari penggunaan Tabel Pivot untuk memaksimalkan proses analisis data. Yuk, simak pembahasannya!


1. Kemampuan untuk Menganalisis Data dengan Cepat dan Mudah

Excel

Salah satu kelebihan utama dari Tabel Pivot adalah kemampuannya untuk menganalisis data dengan cepat dan mudah. Pengguna dapat mengubah data mentah menjadi ringkasan garis besar isi data yang bermakna dan informatif hanya dengan beberapa klik. Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi pola, tren, dan perbandingan dalam data mereka tanpa harus membuat rumus atau skrip yang rumit.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fleksibilitas dalam Menyajikan Data

Excel

Tabel Pivot memberikan fleksibilitas yang besar dalam menyajikan data. Pengguna dapat dengan mudah mengubah tata letak dan perspektif data dengan “drag and drop” kolom data ke dalam berbagai bagian Tabel Pivot. Tidak hanya itu, para pengguna juga bisa menerapkan filter, menggabungkan dan mengelompokkan data, serta menghitung nilai-nilai berdasarkan kriteria tertentu. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan Tabel Pivot sesuai dengan kebutuhan dan preferensi analisis data mereka.


3. Kemampuan untuk Menampilkan Detail dan Ringkasan secara Bersamaan

Excel

Dalam proses analisis data, selain membutuhkan summary data, para praktisi data juga terkadang membutuhkan data detail untuk disajikan. Tabel Pivot memungkinkan pengguna untuk mengambil detail dan summary data secara bersamaan. Dengan Tabel Pivot, pengguna dapat melihat gambaran besar dari data mereka sambil tetap dapat melihat detailnya dengan mudah.


Mereka dapat dengan cepat melihat jumlah total, rata-rata, dan perbandingan antara kategori atau periode waktu tertentu, sambil menjelajahi data detail lebih lanjut untuk menemukan informasi yang lebih spesifik.


4. Kemampuan untuk Membuat Laporan dan Grafik yang Dinamis

Excel

Tabel Pivot Excel memungkinkan pengguna untuk membuat laporan dan grafik yang dinamis berdasarkan data mereka. Setelah Tabel Pivot dibuat, pengguna dapat dengan mudah membuat visual dari data mereka dalam bentuk bar chart, line chart, pie chart, dan lain-lain. Mereka juga dapat menggunakan Tabel Pivot sebagai bagian dari laporan Excel atau mengintegrasikannya dengan presentasi PowerPoint untuk menyajikan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login