PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 5 Menit 52 Detik

4 Langkah Meraih Karir Melalui Bootcamp Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 02-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-03-2024-02-03-100606_x_Thumbnail800.jpg

Bootcamp Data Analyst merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk bisa menempati posisi Data Analyst. Jika dibandingkan dengan pendidikan formal, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan bootcamp jauh lebih singkat. Pendidikan yang didapatkan melalui bootcamp terasa lebih intens dan lebih banyak mengutamakan praktek dibandingkan penjelasan teori, namun bukan berarti tidak ada materi yang berkaitan dengan teori sama sekali. Bootcamp ini biasanya dijadikan pilihan oleh mereka yang tertarik untuk switch career dari posisi non data ke posisi yang berkaitan dengan data.


Data Analyst adalah posisi yang cukup penting dalam perusahaan dan lebih mudah untuk ditempati oleh mereka yang tidak memiliki background pendidikan STEM. Hal ini dilihat sebagai peluang oleh berbagai lembaga kursus yang ada, misalnya saja DQLab. Bootcamp Data Analyst with SQL and Python yang diselenggarakan oleh DQLab akan dimulai dari 25 Maret sampai dengan 10 Juni 2024. 


Bagi banyak individu yang ingin memulai atau memajukan karir mereka dalam analisis data, mengikuti bootcamp Data Analyst dapat menjadi langkah yang tepat. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa langkah untuk meraih kesuksesan melalui bootcamp Data Analyst. Check this out!


1. Menelusuri Dasar Analisis Data

Data Analyst

Dalam materi bootcamp, peserta akan dikenalkan dari hal yang paling fundamental dari analisis data, misalnya saja konsep dasar analisis data serta bahasa pemrograman yang akan digunakan. Untuk materi konsep dasar analisis data, mentor akan membimbing peserta agar bisa memahami bagaimana proses utama dalam analisis data, misalnya proses cleaning data, eksplorasi data, serta teknik dalam mengolah data.


Sementara untuk materi bahasa pemrograman, peserta akan dikenalkan dengan bahasa pemrograman yang biasanya digunakan oleh praktisi data untuk melakukan analisis data dan pembuatan model, misalnya R dan Python.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Project Data untuk Menerapkan Ilmu dalam Dunia Nyata

Data Analyst

Dalam sebuah bootcamp Data Analyst, peserta juga akan diminta untuk menyelesaikan project-project data yang mirip dengan case yang ada di dunia nyata. Project-project ini dibuat menarik dan menantang sehingga peserta tertarik untuk menerapkan skill yang telah dipelajari dari bootcamp untuk menyelesaikan kasus tersebut. Dari hasil project data yang dikerjakan, peserta dapat membangun portfolio nya masing-masing, dimana hal ini adalah modal awal untuk mencari pekerjaan sebagai praktisi data.


3. Pemahaman Alat dan Teknologi Terkini: Cloud dan Visualisasi Data

Data Analyst

Teknologi yang digunakan oleh praktisi data terus berubah dan berkembang. Salah satu keuntungan yang didapatkan dari mengikuti bootcamp ini adalah peserta akan diajarkan untuk menggunakan teknologi terkini sesuai dengan kebutuhan industri. Misalnya saja penggunaan teknologi cloud seperti AWS atau Google Cloud untuk pengolahan dan penyimpanan data.


Selain itu, bootcamp Data Analyst juga akan mengajarkan dasar-dasar SQL dan konsep manajemen database agar para peserta bisa memahami bagaimana data disimpan dan diakses. Visualisasi data juga akan menjadi salah satu materi wajib dalam bootcamp Data Analyst, dimana peserta akan diajarkan untuk menggunakan tools visualisasi data seperti Tableau untuk menyajikan temuannya secara efektif.


4. Dukungan Karir dan Networking

Data Analyst

Bootcamp Data Analyst biasanya akan menyediakan kelas tambahan untuk mendukung para peserta dalam membangun resume, profil LinkedIn, dan persiapan wawancara. Selain itu, para peserta juga akan mendapatkan wawasan tambahan mengenai industri dan tuntutan yang akan dihadapi di dunia kerja saat ini.


Dalam bootcamp, interaksi dua arah dengan instruktur, profesional industri, serta sesama peserta bootcamp dapat dilakukan dengan mudah. Kegiatan jaringan dan forum dapat memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan peluang kerja.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Mengikuti bootcamp Data Analyst adalah langkah besar dalam mengembangkan karir di dunia analisis data. Dengan pendekatan praktis, pemahaman mendalam terhadap alat dan teknologi, serta dukungan karir yang berkelanjutan, bootcamp menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin memasuki atau meningkatkan posisi mereka dalam dunia analisis data.


Kamu bisa mulai perjalanan belajar sebagai Data Analyst dengan belajar Excel, SQL dan Python dasar dengan menggunakan modul yang disediakan oleh DQLab. Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan bootcamp Data Analyst with Excel dan bootcamp Data Analyst with SQL and Python. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT. 


Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login