DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 41 Menit 16 Detik 

4 Langkah Metode Statistik yang Penting dalam Penelitian

Belajar Data Science di Rumah 18-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c5980b3b7a1fc4f163a323b1e57bfe47_x_Thumbnail800.png

Di era digitalisasi seperti saat ini, informasi dan data tidak lagi langka karena hanya bermodalkan koneksi internet kita sangat mudah untuk mendapatkan informasi dan data dengan cepat. Melimpahnya informasi dan data tersebut sering disebut sebagai fenomena big data. Big data memiliki dampak negatif apabila kita tidak bisa memanfaatkan volume data tersebut. Oleh karena itu, diperlukan penyaringan informasi melalui volume data yang luar biasa tersebut agar bisa lebih bermanfaat khususnya bagi lini bisnis dengan baik dan benar. Tetapi untuk memilah-milah semua informasi ini, kamu memerlukan metode statistik untuk analisis data yang tepat. Dengan metode statistik memudahkan kamu mendapatkan gambaran mengenai suatu fenomena tertentu dengan lebih sederhana melalui ukuran-ukuran statistik, mampu mengambil kesimpulan dengan tingkat kepercayaan tertentu berdasarkan sampel dari populasi, dan dapat melakukan efisiensi biaya melalui sampling.


Dengan obsesi saat ini atas “big data”, para analis telah menghasilkan banyak tools dan teknik mewah yang tersedia untuk organisasi besar. Namun, ada beberapa tools analisis data dasar yang tidak digunakan sebagian besar organisasi karena dapat merugikan mereka. Artikel ini akan membahas fundamental tentang 4 langkah penting dalam penelitian dengan metode statistik sebelum kamu menggunakan metode-metode statistik yang lebih canggih. Yuk, simak artikelnya bersama-sama!


1. Pengorganisasian Data

Data merupakan sekumpulan informasi yang dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan. Umumnya informasi ini diperoleh diperoleh melalui observasi yang dilakukan terhadap sekumpulan individu (orang, barang, jasa, dan sebagainya). Data sangat berguna sebagai dasar pembuatan keputusan, terutama pada kondisi ketidakpastian. Biasanya kualitas keputusan yang dibuat bergantung pada kualitas data sebagai input maupun proses pengolahan data untuk mendukung keputusan. Untuk itu langkah pertama sebelum menerapkan metode statistik adalah melakukan pengorganisasian data. Dengan melakukan pengorganisasian data kamu bisa mengelompokkan data yang dapat disajikan melalui tabel ataupun grafik. Sehingga mempermudah pemahaman mengenai data, dan memudahkan dalam perhitungan data juga dapat meminimalkan dalam penggunaan ruang yang dipakai.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Teknik Sampling

Teknik sampling merupakan bagian dari metode statistik yang penting karena didalamnya akan membahas tentang cara pengambilan sampel yang representatif.  Dalam statistika maupun penelitian sampel sangat memegang peranan penting karena banyak membantu pengambilan kesimpulan untuk banyak kasus jika tidak cukup waktu tersedia untuk mengambil semua data yang ada di populasi. Secara garis besar teknik sampel dapat dibagi menjadi dua, yaitu pemilihan sampel dari populasi acak dan pemilihan sampel dari populasi. Dimana pada sampling acak semua elemen populasi mempunyai peluang tertentu untuk terpilih. Sedangkan pada non random sampling, pengetahuan pengetahuan pribadi dan opini digunakan sebagai dasar pemilihan sampel sehingga tidak semua elemen populasi mempunyai peluang terpilih. 


3. Angka Indeks

Menggunakan angka indeks merupakan suatu konsep yang dapat memberikan tentang perubahan-perubahan variabel dari suatu periode ke periode berikutnya. Dengan demikian angka indeks dapat diartikan sebagai angka perbandingan yang perubahan relatifnya dalam bentuk persentase. Dalam membuat angka indeks diperlukan dua tipe waktu antara lain, waktu dasar yaitu waktu dimana kegiatan digunakan sebagai dasar perbandingan, dan waktu yang sedang berjalan yaitu suatu kegiatan digunakan sebagai dasar perbandingan terhadap kegiatan pada waktu dasar. Dengan angka indeks kamu dapat mengetahui terjadinya perubahan kegiatan secara terukur dalam waktu yang berbeda, serta dapat mengetahui maju mundurnya suatu kegiatan.


4. Pendugaan Parameter

Pendugaan parameter adalah tentang bagaimana cara menduga atau menguji hipotesis tentang parameter populasi yang belum diketahui, dengan contoh acak dan perhitungan peluang. Umumnya dugaan terhadap parameter populasi dapat berupa titik atau selang. Data dari sampel dianalisis, dihitung dan diperoleh nilai-nilai statistik ini kita simpulkan bagaimana parameter bertingkah laku. Sehingga harga parameter sebenarnya akan ditaksir berdasarkan statistik sampel yang diambil dari populasi yang bersangkutan. Parameter populasi yang akan di taksir dan akan diuraikan ini terutama adalah rata-rata, simpangan baku dan proporsi.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Metode Statistik dengan Python dan R Bersama DQLab, Yuk!

Belajar metode statistik merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang data scientist. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar dasar statistik dengan pemrograman python atau R tetapi bingung harus mulai belajar dari mana. Sudah coba belajar otodidak, malah overdosis informasi?Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!