PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 19 Jam 1 Menit 34 Detik 

4 Library untuk Membuat Aplikasi dengan Python, Rekomendasi untuk Project Datamu

Belajar Data Science di Rumah 06-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/96cbcf1678c409e9e951722c696cb696_x_Thumbnail800.png

Bagi para sahabat data yang telah berkecimpung dalam dunia Data Science, pasti pernah mendengar apa itu bahasa pemrograman Python. Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dan dapat dikontribusikan untuk banyak tujuan, yang membuatnya menjadi kandidat yang cocok untuk berbagai domain di industri. Hal ini disebabkan karena bahasa Python dapat dipelajari dengan mudah dengan yang menggunakan semantik dinamis untuk meningkatkan keterbacaan sintaksnya.


Bersama Python, kamu dapat membuat aplikasi tidak hanya untuk web, melainkan juga untuk desktop dan baris perintah. Python cocok untuk programmer dengan berbagai tingkat keahlian, mulai dari pemula hingga pengembang menengah, hingga ahli dan profesional. Tetapi setiap bahasa pemrograman membutuhkan pembelajaran yang konstan, dan kasusnya sama dengan Python.


Python mempunyai banyak framework dan toolkits untuk membuatnya. Mulai dari yang tradisional seperti Tkinter sampai yang cross-platform. Dalam pembahasan kali ini, DQLab akan berbagi tentang beberapa contoh library terpopuler yang bisa digunakan dengan Python. Beberapa library ini dapat kamu coba untuk meningkatkan kemampuan serta kepercayaan diri apabila kamu dapat menyelesaikannya. Apa saja ya library tersebut? Yuk simak penjelasan berikut.


1. Tkinter

Tkinter adalah library standar yang dimiliki oleh Python. Kombinasi Python dan Tkinter ini menghasilkan sebuah tampilan grafik yang menarik sekaligus mudah untuk membuatnya. Tkinter menyediakan berbagai komponen grafis diantaranya tombol, label, kotak teks, yang mana komponen-komponen ini sering digunakan dalam membuat aplikasi GUI (alat penghubung pemakai grafis) atau desktop. Komponen Tkinter ini sering kita sebut widget. Tkinter sebenarnya berbentuk OOP dari Tcl/Tk. Tcl (Tool Command Language) adalah sebuah bahasa pemrograman dan TK adalah library yang digunakan oleh Tcl untuk membuat aplikasi GUI. Tkinter biasanya secara langsung di ‘bundle’ di dalam Python dan bekerja berdasarkan toolkit yang terdapat pada Python itu sendiri. 

Untuk menguji apakah di komputer kamu sudah terinstal Tkinter atau belum, cobalah ketik perintah berikut di interpreter Python:

>>> import _tkinter

Jika kamu mendapatkan error No module named _tkinter, itu artinya Tkinter belum terinstal di komputermu. Sehingga kamu perlu menginstalnya dengan menggunakan command berikut:

sudo apt install python-tk #untuk python 2

sudo apt install python3-tk # untuk python 3


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. PySide

Library PySide merupakan library tambahan dalam Python. PySide adalah library Python yang memungkinkan kita untuk membangun aplikasi GUI dengan memanfaatkan Qt Framework (Framework Desktop GUI yang ditulis dengan bahasa C++). Jadi, dengan PySide, kita bisa membuat aplikasi berbasis Qt dengan menggunakan bahasa Python, bukan bahasa C++. Sebelum menggunakannya, kamu perlu menginstall library ini terlebih dahulu disini. Contoh-contoh aplikasi yang menggunakan library PySide yaitu, Browser, Video Player, Slide show, Screenshoot, pencari file, aplikasi pembuka foto dan aplikasi menggambar.


3. PyGame

PyGame adalah modul Python yang berisi fungsi dan class yang kita butuhkan untuk membuat game. Walaupun sesuai dengan namanya untuk membuat sebuah game, namun beberapa fitur dari library ini bisa dimanfaatkan untuk membuat bermacam aplikasi seperti, aplikasi pemutar music, kamera, jam digital dan alarm. Dengan library PyGame kita dapat membuat aplikasi yang open source, gratis, freeware, shareware, dan game yang komersial. Sama seperti library PySide, untuk menjalankan modul PyGame kita perlu menginstall nya terlebih dahulu disini.


4. PyQt 

PyQt adalah modul Python untuk membuat aplikasi GUI dengan library Qt. Qt Sendiri merupakan library untuk membuat aplikasi GUI pada bahasa C++. PyQt tersedia dalam dua versi, yakni ada PyQt4 untuk Qt versi 4 dan PyQt 5 untuk Qt versi 5. Fitur yang menarik dari Qt adalah kemampuannya membuat user interface yang menarik. Karena kita dapat menggunakan Style Sheet di sana. Library ini hampir sama seperti PySide, dengan menggunakannya kita dapat membuat aplikasi seperti aplikasi downloader, dokumen editor, dan lain sebagainya. Sebelum menggunakan library yang satu ini, kamu perlu menginstalnya disini.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Perdalam Ilmu Python dengan Membuat Aplikasi Bersama DQLab!

Nah, itu dia beberapa library dan contoh aplikasi yang dapat menjadi ide dalam membuat project datamu. Python merupakan salah bahasa pemrograman yang cocok bagi kamu yang baru mempelajari pengolahan data hingga membuat berbagai macam aplikasi. Untuk menghasilkan output yang baik tersebut tentu membutuhkan pemahaman dalam penggunaan bahasa pemrograman Python. Kini, DQLab menghadirkan module baru dan bersifat GRATIS untuk meningkatkan kompetensi Python mu. Untuk kamu yang ingin mulai belajar, yuk sign up di DQLab.id untuk mulai mengikuti kelas GRATIS "Introduction to Data Science with Python". Dengan mempelajari module ini, kamu akan memahami dunia Data Science dan juga akan memahami bahasa Python, bahasa yang digunakan secara luas di dunia Data Science.



Penulis: Salsabila Miftah Rezkia

Editor: Annisa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!